Sukses


Shin Tae-yong Pelatih Super Detail! Turun Tangan Urus Pijat Hingga Sepatu Pemain Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Fakta mengejutkan terungkap dari pelatih Shin Tae-yong selama Piala AFF 2020. Pelatih asal Korea Selatan itu disebut sangat perhatian terhadap hal-hal kecil yang terkait dengan pemain Timnas Indonesia.

Fakta itu diungkapkan oleh Media Officer Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Bandung Saputra. Menurut Bandung, pelatih Shin Tae-yong merupakan sosok yang detail untuk menunjang kinerjanya di Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong disebut sering menanyakan apa yang dibutuhkan Bandung sebagai Media Officer di Piala AFF 2020. Bahkan, Shin Tae-yong juga kerap memantau apakah pemainnya sudah mendapatkan pelayanan yang diharapkan sesuai kebutuhan.

"Coach Shin merupakan sosok pelatih yang disiplin dan detail. Tidak hanya urusan teknik dan strategi saja, namun detail dalam hal segalanya," kata Bandung Saputra pada acara Warung Bola di Instagram Live Bola.com dan Bola.net, Senin (17/1/2022).

"Dia juga bertanya programnya apa saja untuk membantu kerja saya sebagai media officer. Selain itu,dia juga bertanya kepada masseur apakah sudah me-massage pemain yang diminta," ucap Bandung Saputra.

Tak berhenti sampai situ, Shin Tae-yong juga disebut sampai mengurusi pemilihan sepatu pemain. Shin Tae-yong kerap berbagi ilmu dengan pemain Timnas Indonesia mengenai pemilihan sepatu yang bukan berdasarkan merek, melainkan sesuai kenyamanan.

"Coach Shin juga memberikan wejangan atau info arahan agar memilih sepatu jangan asal merek. Yang penting harus nyaman dan menunjang permainan," ujar Bandung Saputra.

2 dari 3 halaman

Engga Ribet

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga ternyata tidak terlalu ribet mengurusi kegiatan luar lapangan pemainnya selama Piala AFF 2020. Shin Tae-yong memberi kebebasan kepada pemainnya untuk mencari cara agar mengurangi kejenuhan selama jadwal padat turnamen.

"Kalau hiburan biasanya ada yang bawa PS (PlayStation) dan video call. Main PS tidak apa-apa karena intinya begini, Timnas Indonesia senior itu kami tidak bisa melarang dan juga tidak bisa membebaskan," kata Bandung Saputra.

Kebebasan itu diberikan Shin Tae-yong karena sudah percaya kepada pemain-pemain Timnas Indonesia. Di usia yang sudah masuk kategori skuad senior, pemain Timnas disebut sudah tahu batasan terkait kegiatan di luar lapangan.

"Jadi, bijaksana aja termasuk sosmed. Pelatih juga memberi info kepada pemain untuk bijaklah bermain sosmed. Jadi, tidak dilarang dan tidak dibebaskan. Apalagi ini Timnas senior jadi mereka sudah tahu apa yang boleh dan dilarang," ucap Bandung Saputra.

3 dari 3 halaman

Latihan dan Latihan

Skuad Timnas Indonesia juga menjalani hari-hari yang berat selama Piala AFF 2020. Witan Sulaeman dkk disebut memiliki rutinitas harian berupa latihan dan bertanding.

Jadwal latihan dan pertandingan yang padat menjadi menu harian yang dilalui penggawa Timnas Indonesia. Kesibukan ini berlaku untuk semua pemain tanpa terkecuali.

"Pelatih Shin Tae-yong hampir setiap hari atau tiada hari tanpa latihan. Meskipun selesai bertanding, besoknya ada latihan recovery untuk pemain yang bertanding," kata Bandung Saputra.

"Bagi pemain yang tidak bertanding maka latihan normal seperti biasa. Menjelang final juga setiap hari ada latihan, meskipun intensitas tidak tinggi. Porsinya lebih ringan," ucap Bandung Saputra.

Video Populer

Foto Populer