Sukses


BRI Liga 1: Cerita Penjaga Gawang PSIS yang Awal Kariernya Bukan Berposisi sebagai Kiper

Bola.com, Jakarta - Joko Ribowo adalah salah satu kiper yang cukup senior. Pemain kelahiran Demak, 15 Maret 1989 itu memperkuat PSIS Semarang sejak tahun 2018.

Di klub tersebut, Joko tak melulu berperan sebagai kiper utama. Di musim ini, Joko bisa dikatakan hanya sebagai pelapis bagi Jandia Eka Putra.

Rupanya posisi penjaga gawang bukanlah posisi pertama yang diperankan Joko. Di awal kariernya terutama saat masih di level junior, Joko pernah mencoba beberapa posisi.

Seperti penyerang, gelandang, bahkan juga pemain belakang. Joko baru mantap memilih posisi penjaga gawang setelah ia lulus SMA di tahun 2007 yang lalu.

"Saya baru serius milih jadi kiper itu di tahun 2007 sebelumnya kadang saya main di depan, tengah, belakang, nemu posisi. Setelah lulus SMA saya baru serius jadi kiper," ujar Joko Ribowo kepada Tiento Indonesia.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Pindah-pindah Klub

Joko Ribowo mengawali karir profesionalnya di Persema Malang pada tahun 2010. Ia bahkan harus bertarung dari level junior dulu di Persema sebelum bisa menembus tim utama.

"Saya di Persema U-21, alhamdulilah promosi ke senior saya di U-21 jadi kapten. Waktu itu Coach Aji Santoso tertarik sama saya naik ke senior sampai 2012," ujarnya.

Setelah memperkuat Persema, Joko berpetualang ke beberapa klub. Yakni, Persijap Jepara, Barito Putera, Mitra Kukar, Madura United, Arema FC dan sejak tahun 2018 ia memperkuat PSIS Semarang.

 

 

3 dari 4 halaman

Lama Tidak Main

Joko Ribowo adalah kiper pelapis di PSIS Semarang musim ini. Di ajang BRI Liga 1 2021-22, Joko baru memiliki enam catatan penampilan.

Dari enam laga itu, Joko kebobolan tiga kali. Selain itu ia juga memiliki catatan tiga kali clean sheets di BRI Liga 1 musim ini.

Joko sendiri sudah cukup lama tidak dimainkan oleh PSIS. Terakhir kali ia berlaga saat PSIS kalah 2-3 dari Persita Tangerang pada 7 Desember 2021 lalu.

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi PSIS Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer