Sukses


Undian Sepak Bola SEA Games Digelar April 2022, Bakal Ada Perubahan Usia

Bola.com, Hanoi - Vietnam bersiap menjadi tuan rumah SEA Games ke-31 yang akan digelar pada 12-23 Mei 2022. Untuk cabang olahraga sepak bola kabarnya terdapat perubahan aturan usia pemain.

Kabar itu diketahui setelah Vietnam menggelar Konferensi Delegasi SEA Games ke-31 pada Selasa (18/1/2022). Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Vietnam, Tran Van Manh, menyebut undian cabang olahraga sepak bola akan digelar pada April mendatang.

"Undian untuk sepak bola putra dan bebrapa olahraga beregu akan diadakan April mendatang atau sebulan sebelum upacara pembukaan," kata Tran Van Manh seperti dikutip An ninh Thi do.

Berbeda dengan SEA Games sebelumnya yang menggunakan skuad U-22, cabang olahraga sepak bola akan menggunakan skuad U-23. Nantinya, akan terjadi penambahan kuota untuk pemain senior dari 2 menjadi 3.

Sementara itu, babak penyisihan Grup SEA Games untuk sepak bola putra akan digelar di Stadion Thien Truong (Nam Dinh) dan Viet Tri (Phu Tho). Adapun untuk babak semifinal dan final berlangsung di Stadion My Dinh (Hanoi).

Sebagai tuan rumah, Vietnam diberi kebebasan untuk menentukan stadion tempat bermain. SEA Games edisi kali ini digelar di Hanoi dan 11 kota di seluruh Vietnam.

2 dari 3 halaman

Sistem Bubble

Penyelenggaraan SEA Games 2021 akan mengadopsi sistem bubble yang sukses diterapkan di Piala AFF 2020. Artinya, para pemain akan ditempatkan di hotel dan dilarang beraktivitas luar ruangan kecuali berlatih dan bertanding.

Seluruh pemain yang akan tampil di SEA Games 2021 juga diwajibkan untuk sudah mendapatkan vaksis COVID-19 dosis penuh. SEA Games kali ini seharusnya digelar pada Desember 2021.

Namun, pandemi COVID-19 yang melanda akhirnya membuat pesta olahraga Asia Tenggara itu ditunda ke Mei 2022. Sejauh ini, penyelenggaraan masih sesuai dengan jadwal dan belum ada tanda-tanda akan ditunda kembali.

3 dari 3 halaman

Momentum Timnas Indonesia

SEA Games 2021 jadi momentum untuk Timnas Indonesia meraih medali emas. Pada edisi sebelumnya, Timnas Indonesia harus puas mendapatkan perak setelah kalah 0-3 dari Vietnam di final.

Timnas Indonesia sudah lama tidak menyumbang medali emas dari cabang olahraga di SEA Games. Cabang olahraga sepak bola terakhir kali mempersembahkan medali emas pada edisi 1991.

Artinya sudah 31 tahun Indonesia belum lagi meraih medali emas SEA Games dari cabang olahraga sepak bola. Menarik untuk menyaksikan perjuangan pasukan Shin Tae-yong dalam mengakhiri puasa medali emas SEA Games nanti.

Video Populer

Foto Populer