Sukses


5 Gelandang yang Berpotensi Jadi Andalan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Akhir Januari 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melakoni FIFA Matchday pada akhir Januari 2022 di Bali. Pelatih Shin Tae-yong memanggil 27 pemain untuk memperkuat skuad Garuda.

Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada dua laga FIFA Matchday yang digelar 24 dan 27 Januari 2022. Laga ini sangat penting buat skuad Garuda untuk memperbaiki ranking FIFA.

Itulah yang membuat mayoritas pemain merupakan eks skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Adapun pembedanya ada tambahan enam wajah baru yang makin menambah kualitas skuad Garuda.

Pelatih Shin Tae-yong menjadikan laga FIFA Matchday sebagai persiapan menuju tiga event penting yang akan diikuti sepanjang 2022. Pelatih asal Korea Selatan itu berharap para pemain bisa memberikan penampilan maksimal.

"Saya berharap pemain terus bekerja keras, fokus, dan disiplin pada pemusatan latihan FIFA Matchday kali ini," kata Shin Tae-yong.

"Laga ini sangat penting sebagai persiapan dan melihat perkembangan pemain jelang mengikuti Piala AFF U-23, SEA Games, dan Kualifikasi Piala Asia mendatang," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

Dalam daftar pemain yang dipanggil, terdapat delapan nama yang berperan sebagai gelandang. Area tersebut menang sangat sentral bagi Shin Tae-yong yang kerap mengandalkan skema 4-4-2 atau 4-2-3-1.

Bola.com memprediksi dari delapan nama ada lima yang bakal jadi andalan di Timnas Indonesia dalam dua pertandingan melawan Timor Leste nanti. Prediksi ini mengukur kepada kemampuan dan kualitas dari para pemain tersebut. Siapa saja?

 
2 dari 7 halaman

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan menjadi nama di luar skuad Piala AFF 2020 yang dipanggil ke Timnas Indonesia. Pemain berusia 17 tahun itu sebenarnya bukan wajah baru di skuad Timnas Indonesia.

Karier Marselino Ferdinan melejit ketika membela skuad U-16. Meskipun berperan sebagai gelandang, pemain Persebaya Surabaya itu juga mampu diandalkan mencetak gol.

Marselino Ferdinan juga menjadi andalan di Persebaya musim ini. Marselino telah membukukan 15 penampilan dan mencetak empat gol.

 
3 dari 7 halaman

Sani Rizki Fauzi

Sani Rizki Fauzi juga bukan nama asing di Timnas Indonesia. Pemain berusia 24 tahun itu pernah menjadi andalan di skuad U-23 dengan jumlah 14 kali penampilan dan mencetak dua gol.

Pelatih Shin Tae-yong sepertinya penasaran pada Sani Rizki yang tampil mengesankan di Bhayangkara FC musim ini. Pemain asal Sukabumi itu telah tampil 14 kali dan membantu Bhayangkara FC menjadi pemuncak klasemen sementara.

Sani Rizki adalah gelandang dengan kemampuan mumpuni dan punya kecepatan berlari. Pemanggilan ini menjadi yang pertama diterimanya di skuad senior Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

4 dari 7 halaman

Ramai Rumakiek

Ramai Rumakiek merupakan pemain penting di skuad Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Meskipun bukan pemain inti, namun perannya tak bisa dikesampingkan.

Ramai Rumakiek tercatat tampil sebanyak tujuh kali dan mencetak satu gol di Piala AFF 2020. Gelandang berusia 19 tahun itu bisa jadi andalan di Timnas Indonesia U-23.

Ramai Rumakiek merupakan pemain yang punya kelincahan dan kecepatan berlari. Selain menjadi motor serangan, kemampuan Ramai juga dinantikan untuk memecah kebuntuan di lini depan.

5 dari 7 halaman

Rachmat Irianto

Rachmat Irianto merupakan pemain penting di lini tengah Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Rachmat Irianto memastikan lini tengah skuad Garuda bebas dari ancaman lawan.

Sebagai gelandang bertahan, Rachmat Irianto tak segan melakukan segala cara untuk mematahkan serangan lawan. Rachmat Irianto juga andal sebagai pemecah kebuntuan dan mencetak dua gol dalam delapan laga di Piala AFF 2020.

Kehadiran Rachmat Irianto diyakini masih dibutuhkan Shin Tae-yong saat FIFA Matchday nanti. Pemain yang akrab disapa Rian itu memiliki gaya permainan yang tenang dan pasti.

6 dari 7 halaman

Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya menjadi pemain penting di Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Pemain Persebaya Surabaya itu menjadi motor serangan di lini tengah.

Ricky Kambuaya sering membantu serangan dengan kemampuan yang dimilikinya. Pemain berusia 25 tahun itu mampu mengalirkan bola dengan baik di lapangan tengah.

Selain itu, Ricky juga punya kualitas individu dalam mendribel dan melepas tembakan. Itulah yang jadi alasan Shin Tae-yong sering mengandalkannya dalam laga Tim Garuda.

7 dari 7 halaman

Daftar Lengkap Skuad Timnas Indonesia

Kiper: Nadeo Argawinata (Bali United), Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Syahrul Trisna (Persikabo 1973), Adi Satryo (Persik Kediri)

Bek: Fachruddin Aryanto (Madura United), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Elkan Baggott (Ipswich Town U-23), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Pratama Arhan (PSIS Semarang), Edo Febriansyah (Persita Tangerang), Rizky Dwi Febrianto (Arema FC), Bayu Fiqri (Persib Bandung), Achmad Figo (Arema FC)

Gelandang: Evan Dimas (Bhayangkara FC), Ricky Kambuaya (Persebaya Surabaya), Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya), Irfan Jaya (Bali United), Ramai Rumakiek (Persipura Jayapura), Yabes Roni (Bali United), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Sani Rizki (Bhayangkara FC), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Terens Puhiri (Borneo FC)

Penyerang: Dedik Setiawan (Arema FC), Hanis Saghara (Persikabo 1973), Muhammad Rafli (Arema FC), Ronaldo Kwateh (Madura United)

Video Populer

Foto Populer