Sukses


BRI Liga 1: Buruknya Performa Arsenio Valpoort Saat Persebaya Kalah dari Bhayangkara, Aji Santoso Angkat Bicara

Bola.com, Jakarta - Striker Persebaya Surabaya, Arsenio Valpoort, menjadi sorotan dengan performanya yang menurun kontra Bhayangkara FC. Dalam duel lanjutan BRI Liga 1 2021/2022, Persebaya terpaksa takluk 1-2 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Selasa (18/1/2022) malam.

Penyerang asal Belanda itu baru masuk di menit ke-54 mengganti Samsul Arif. Selama 36 menit di atas lapangan, Arsenio Valpoort tidak membukukan satu tembakan pun dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2021/2022 tersebut.

Satu-satunya peluang emas lahir di menit ke-60. Itu berawal dari Taisei Marukawa yang mengirim umpan silang yang mengarah kepada Arsenio Valpoort. Sayang, dia tidak menyambut gol matang yang dikirim Marukawa

Bola kemudian malah diterima bek kanan Ady Setiawan dan diteruskan dengan tendangan voli di dalam kotak penalti Bhayangkara. Sayang, sepakan kerasnya masih berhasil ditepis oleh kiper Awan Setho.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, angkat bicara melihat performa pemain asing yang didatangkannya untuk putaran kedua BRI Liga 1 itu. Aji berpendapat seharusnya peluang emas itu bisa dikonversi menjadi gol.

"Saya melihat Arsenio (Valpoort) memang tidak cepat menempatkan posisi saat bola dari samping. Terbukti, ada peluang dari Taisei dan Bruno yang seharusnya disentuh saja kalau posisinya pas akan masuk. Dia di depan gawang bebas, tetapi dia agak terlambat,” ucapnya.

 

2 dari 4 halaman

Sia-siakan Peluang

Mantan striker Timnas Belanda U-20 itu masih belum memberi kontribusi selama berseragam Persebaya. Dalam tiga laga, tak ada gol atau assist yang berhasil disumbang oleh Arsenio Valpoort untuk Persebaya.

Situasinya memang tidak mudah untuk Valpoort. Dalam tiga laga itu, dia selalu tampil sebagai pemain pengganti di babak kedua. Masalahanya, dia selalu menyia-nyiakan peluang emas mencetak gol di depan gawang lawan.

Hal ini mulai memantik reaksi dari suporter Persebaya yang mempertanyakan kemampuan Arsenio Valpoort. Aji Santoso memilih untuk bersabar melihat proses adaptasi sang pemain yang baru kali ini merumput di Indonesia.

"Pertandingan masih banyak, ada 14 kali lagi dan kami ada di jalurnya. Arsen (Valpoort) memang belum pernah main dari awal. Kami akan melihat ke depannya seperti apa. Saya meminta Arsen untuk segera menyesuaikan diri dengan situasi tim,” ujar Aji.

"Saya tidak akan menyalahkan pemain saya. Pemain saya sudah berjuang maksimal dalam 13 pertandingan tidak terkalahkan, bahkan lima pertandingan berturut-turut kami menang,” imbuh pelatih asli Malang itu.

 

3 dari 4 halaman

Rapor Persebaya Ternoda

Persebaya sempat unggul dulu lewat gol Taisei Marukawa di injury time babak pertama. Namun, Bhayangkara berhasil membalikkan kedudukan dengan dua gol babak kedua berkat Melvin Platje (72’) dan Ezechiel NDouassel (86’).

Kekalahan ini telah menodai rekor Persebaya yang sebelumnya tak tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan beruntun. Hasil ini membuat rekor itu terhenti lantaran kali terakhir Bajul Ijo gagal mendulang poin terjadi saat kalah 2-3 dari PSIS Semarang (3/10/2021).

Kekalahan ini sekaligus membuat Persebaya gagal menuntaskan balas dendam. Sebab, mereka juga kalah, dengan skor 0-1, dari Bhayangkara dalam pertemuan di putaran pertama pada 24 September 2021 lalu.

Persebaya juga harus puas turun peringkat dengan berada posisi keempat klasemen sementara. Kekalahan ini membuat mereka masih mengoleksi 39 poin dari 20 pertandingan.

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persebaya Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer