Sukses


4 Pemain Anyar Timnas Indonesia yang Berpotensi Menonjol Saat Hadapi 2 Partai Uji Coba Vs Timor Leste

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melakoni FIFA Matchday pada akhir Januari 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Pelatih Shin Tae-yong memanggil 27 pemain untuk memperkuat skuad Garuda melawan Timor Leste.

Para pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia akan mengikuti pemusatan latihan pada 19-28 Januari 2022. Dalam daftar tersebut, muncul nama bek yang berkarier di Inggris, Elkan Baggott, yang juga turut dipanggil.

Pemanggilan Elkan Baggott sangat menarik karena menjadi satu-satunya pemain klub luar negeri yang ada dalam daftar tersebut. Mayoritas pemain yang dipanggil Shin Tae-yong merupakan skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Para pemain Timnas Indonesia dan ofisial akan mulai berkumpul pada 19 Januari 2020 di Bali. Selama menjalani pemusatan latihan, Evan Dimas dkk tentu tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, terdapat delapan nama baru yang diminta bergabung dengan Timnas Indonesia. Mereka tercatat tidak masuk skuad Garuda yang berlaga di Piala AFF 2020.

Di antaranya adalah Muhammad Adi Satryo (Persik), Achmad Figo (Arema FC), Bayu Fiqri (Persib Bandung), Sani Rizki (Bhayangkara FC), Terens Puhiri (Borneo FC), Marselino Ferdinan (Persebaya), Muhammad Rafli (Arema FC) dan Ronaldo Kwateh (Madura United).

Dari delapan nama itu, terdapat empat pemain yang paling menonjol selama tampil di BRI Liga 1 2021/2022 bersama klub masing-masing. Siapa saja mereka? Simak ulasan Bola.com berikut ini:

 

 

 

2 dari 5 halaman

Adi Satryo

Kiper berusia 20 tahun ini sempat membela PSS Sleman selama putaran pertama BRI Liga. Sayang, Adi Satryo tidak mendapat kesempatan main sama sekali, kalah bersaing dengan Miswar Saputra dan Ega Rizky.

Adi kemudian memilih hijrah ke Persik Kediri mulai putaran kedua. Di klub berjulukan Macan Putih itu, Adi dua kali tampil penuh 90 menit pertandingan dan telah tiga kali kebobolan.

Kehadirannya di Timnas Indonesia menggantikan kiper Barito Putera, Muhammad Riyandi yang sebelumnya dipanggil untuk Piala AFF 2020. Sebagai kiper muda, ini tentu jadi kesempatannya untuk terus berkembang di level yang berbeda.

Sebelumnya Adi Satryo suda pernah mengisi skuad senior Timnas Indonesia. Dia mencatatkan debut saat melawan Oman pada Mei 2021 lalu.

 

 

3 dari 5 halaman

Marselino Ferdinan

Sosok satu ini merupakan pemain fenomenal di Indonesia. Di usia masih 17 tahun, Marselino Ferdinan sudah secara reguler menjadi pilihan utama dan konsisten menampilkan permainan apik bersama Persebaya.

Total sudah empat gol dan lima assist yang disumbang oleh Marselino itu dalam 15 penampilan BRI Liga 1. Kontribusi Marselino Ferdinan tidak sebatas pada pergerakannya yang membuat lawan kian waspada, tapi umpan dan tembakan akurat juga jadi andalannya.

Marselino Ferdinan biasanya menempati posisi gelandang serang, meski sejatinya bukan bertipe playmaker. Dia adalah pemain yang ditugaskan memberi kejutan dengan kemampuannya melepas tembakan jarak jauh dengan keras.

Bukan hal yang mengherankan melihat mantan pemain Persebaya U-16 itu mampu berkontribusi penting untuk Persebaya. Nama Marselino Ferdinan tercantum dalam daftar 60 wonderkid terbaik dunia yang dirilis oleh media Inggris, The Guardian, pada 6 Oktober 2021 lalu.

Kini, dia akan membantu Timnas Indonesia melawan Timor Leste. Kemampuannya akan sangat membantu untuk memenangi duel itu.

 

 

4 dari 5 halaman

Terens Puhiri

Winger satu ini juga sudah tidak asing bagi pecinta sepak bola nasional. Namanya bahkan sudah melambung dan dikenal secara luas di dunia internasional. Itu bermula lewat aksi fenomenalnya di Liga 1 2017 bersama Borneo FC.

Terens Puhiri pernah mencetak gol individu ke gawang Mitra Kukar pada 2017 lalu. Lewat kecepatannya Terens Puhiri membuat geger dunia. Saat itu Terens Puhiri menggiring bola dengan cepat dari tengah lapangan dan mengecoh kiper lawan sebelum mencetak gol.

Oleh sejumlah media asing, namanya dielu-elukan sebagai pemain tercepat sejajar dengan  beberapa pemain Eropa yang memiliki kecepatan dalam dribel dan menyelesaikan tembakan menjadi gol dengan rapi.

Terens Puhiri telah membukukan 20 penampilan untuk Borneo FC. Dia telah mencetak 4 gol di Liga 1 2021/2022. Artinya, dia selalu tampil dalam semua pertandingan Pesut Etam musim ini.

Kini, Timnas Indonesia membutuhkan jasanya. Kebetulan, dia belum pernah tampil di level senior dan ini menjadi kesempatan pembuktian. Terens Puhiri tercatat hanya pernah membela Timnas Indonesia U-16 dan U-19.

 

 

5 dari 5 halaman

Ronaldo Kwateh

Penyerang ini sebaya dengan Marselino Ferdinan. Masih berusia 17 tahun, Ronaldo juga mampu bersaing memperebutkan tempat di skuat Madura United. Dia bahkan pernah membukukan rekor sebagai pemain termuda yang pernah tampil di Liga 1.

Pemain berdarah Liberia ini agak berbeda dengan Marselino yang selalu tampil optimal dan menyumbang gol serta assist bersama klubnya. Ronaldo terlihat masih memerlukan waktu untuk semakin mematangkan kemampuannya

Ronaldo Kwateh sejauh ini sudah tampil sembilan laga bersama Madura United dan belum mencetak gol. Kendati demikian, dia diharapkan bisa menunjukkan penampilan terbaiknya pada laga melawan Timor Leste nanti.

Video Populer

Foto Populer