Sukses


BRI Liga 1: Terjawab Sudah Misteri Bek Asing Persebaya Alie Sesay Tidak Bermain Saat Bersua Bhayangkara FC

Bola.com, Jakarta - Bek asing Alie Sesay sebenarnya bisa membela Persebaya Surabaya karena sudah menjalani karantina. Dia seharusnya tampil saat timnya menghadapi Bhayangkara di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Selasa (18/1/2022).

Sayang, hal itu tak terjadi. Bek berpaspor Sierra Leone itu memang masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) pertandingan pekan ke-20 BRI Liga 1 2021/2022 itu. Tapi, pelatih Aji Santoso tidak memberinya kesempatan bermain.

Pelatih asli Malang itu masih mengandalkan Rizky Ridho dan Arif Satria untuk mengawal jantung pertahanan Persebaya sejak menit pertama. Lalu, kenapa Aji Santoso tidak memberi menit bermain untuk Alie Sesay?

"Sederhana saja. Karena Rizky Ridho dan Arif Satria di dua pertandingan terakhir main bagus. Lalu, saya juga menunggu kondisinya Alie Sesay kembali seratus persen,” ucap pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

Menariknya, Persebaya membukukan clean sheet saat kali terakhir Alie Sesay tampil dengan menang 3-0 atas Persib Bandung (8/12/2021). Berikutnya, eks Arsenal itu absen dalam empat laga beruntun dan tim asal Kota Pahlawan itu selalu kebobolan.

Tapi, Aji mengaku membutuhkan waktu untuk menyiapkan Alie Sesay. Maklum, pemain berusia 27 tahun itu menjalani masa yang tak mudah berperjalanan dari negara asalnya. Dia juga menjalani karantina tanpa latihan secara reguler.

"Dia sebelumnya karantina lebih dari satu minggu dan tidak melakukan latihan. Kalau dimainkan, cukup riskan juga. Sekarang dia masih akan punya kesempatan. Ada waktu lebih dari satu minggu untuk menghadapi pertandingan berikutnya,” imbuh Aji.

 

2 dari 3 halaman

Perjudian Merugikan?

Keputusan tidak menurunkan Alie Sesay itu menjadi perjudian yang merugikan buat Persebaya. Tim Baju Ijo dipaksa takluk 1-2 dari Bhayangkara dalam laga panas pertemuan sesama tim papan atas itu.

Persebaya sempat unggul dulu lewat gol Taisei Marukawa di injury time babak pertama. Namun, Bhayangkara berhasil membalikkan kedudukan dengan dua gol babak kedua berkat Melvin Platje (72’) dan Ezechiel NDouassel (86’).

Hasil negatif ini telah menodai rekor Persebaya yang sebelumnya tak tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan beruntun. Rekor itu terhenti mengingat kali terakhir Bajul Ijo gagal mendulang poin terjadi saat kalah 2-3 dari PSIS Semarang (3/10/2021).

Kekalahan ini sekaligus membuat Persebaya gagal menuntaskan balas dendam. Sebab, mereka juga kalah, dengan skor 0-1, dari Bhayangkara dalam pertemuan di putaran pertama pada 24 September 2021 lalu.

Persebaya juga harus puas turun peringkat dengan berada posisi keempat klasemen sementara. Kekalahan ini membuat mereka masih mengoleksi 39 poin dari 20 pertandingan BRI Liga 1 musim ini.

3 dari 3 halaman

Di Mana Posisi Persebaya Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer