Sukses


Heboh di Media Sosial Perkara PSSI Disebut Tidak Respons Undangan dari Turnamen Toulon, Begini Komentar Iwan Bule

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia kelompok usia sudah absen dari Turnamen Toulon sejak 2017. PSSI disebut tidak merespons undangan dari panitia untuk mengikuti kejuaraan itu lagi.

Turnamen Toulon atau Festival Internasional Espoirs-Tournoi Maurice Revello adalah turnamen level U-17 hingga U-23 yang rutin digelar setiap tahun di Prancis dan diikuti oleh negara raksasa sepak bola.

Timnas Indonesia lewat timnas U-19 pernah berkancah di Turnamen Toulon 2017 dan menghadapi lawan-lawan seperti Brasil hingga Republik Ceska.

Gelandang Timnas Indonesia U-19 kala itu, Egy Maulana Vikri bahkan mendapatkan penghargaan Jouer Revelation Trophee atau pemain paling berpengaruh di tim pada Turnamen Toulon 2017.

Akun Instagram Turnamen Toulon, @tournoimrevello mengunggah foto Egy bersama kompatriotnya di Timnas Indonesia U-19 saat itu, Witan Sulaeman pada Senin (24/1/2022).

"Bersama dalam turnamen 2017 dan bereuni lagi di FK Senica," tulis Turnamen Toulon merujuk dari perpanjangan kontrak Egy dan bergabungnya Witan di FK Senica.

Seorang netizen lalu meminta Timnas Indonesia untuk kembali diundang dalam Turnamen Toulon. "Kami ingin Timnas Indonesia berpartisipasi dalam edisi berikutnya dan kami mengundang mereka. Namun, sayangnya PSSI tidak merespons," balas akun Turnamen Toulon.

2 dari 4 halaman

Komentar Iwan Bule

Sejumlah akun fanbase sepak bola Indonesia di Instagram lantas menggunggah ulang potongan layar jawaban dari akun Turnamen Toulon, termasuk akun @football.noise.

Beberapa netizen menyarankan PSSI ambil bagian dalam Turnamen Toulon dan mengirimkan Timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan sebelum berkiprah di Piala Dunia U-20 2023.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan lewat akun Instagramnya, @mochamadiriawan84 turut mengomentari postingan @football.noise tentang klaim terhadap pihaknya dari Turnamen Toulon itu.

"Turnamen Toulon tidak berada dalam naungan FIFA atau individu asosiasi nasional. Oleh karena itu, turnamen ini dianggap sebagai turnamen tim muda paling bergengsi sebelum FIFA memperkenalkan Piala Dunia usia muda pada 1977," tulis Iriawan.

"Terlepas dari pembentukan Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia U-17, Turnamen Toulon tetap menjadi turnamen utama bagi timnas usia muda," demikian jawaban dari pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

Turnamen Toulon sedang vakum sejak 2019. Dua edisi kejuaraan yang paling banyak dimenangi oleh Prancis itu terpaksa dibatalkan akibat pandemi COVID-19.

Sejumlah mantan bintang sepak bola dunia pernah merasakan ketatnya Turnamen Toulon mulai dari Cristiano Ronaldo, Thierry Henry, Zinedine Zidane, hingga Juan Roman Riquelme.

3 dari 4 halaman

Unggahan Turnamen Toulon

4 dari 4 halaman

Penjelasan Iwan Bule

Video Populer

Foto Populer