Sukses


Jelang Duel Timnas Indonesia Vs Timor Leste, 7 Pemain Ini Sempat Singgah di Klub Bumi Lorosae

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste dalam pertandingan uji coba internasional yang digelar pada Kamis (27/1/2022) dan Minggu (30/1/2022). Pertandingan ini akan sangat menarik karena sepak bola Timor Leste mulai berkembang.

Kiprah Timor Leste di Piala AFF 2020 memang tidak bagus. Mereka menjadi juru kunci Grup A Piala AFF 2020 dengan tanpa poin, tanpa gol, dan 13 kali kebobolan.

Dalam sejarah pertemuan di level A match, Timnas Indonesia dan Timor Leste sudah empat kali bertemu sejak kali pertama pada 2010.

Dalam empat pertemuan tersebut, tiga di antaranya berbentuk laga uji coba internasional yang selalu digelar pada November, yaitu pada 2010, 2012, dan 2014. Satu pertemuan lainnya terjadi di Piala AFF 2018 lalu, di mana Tim Garuda menang 3-1 atas Timor Leste.

Satu hal yang menarik, dalam beberapa tahun terakhir ada sejumlah pemain Indonesia yang mencoba untuk memeriahkan kompetisi sepak bola Timor Leste yang tengah berkembang.

Beberapa pemain Indonesia ada yang sempat membela klub Timor Leste, setidaknya selama satu musim. Namun, ada pula yang berada di klub tersebut dalam hitungan bulan, bahkan belum sempat bermain di pertandingan resmi. Siapa saja mereka?

2 dari 8 halaman

Boaz Solossa

Boaz Solossa pernah bermain di Timor Leste. Mantan kapten Persipura Jayapura yang kini bermain bersama Borneo FC itu itu membela Carsae FC di Liga Futebol Amadora itu pada awal 2016.

"Boaz datang ke Carsae FC dengan alasan masalah keuangan yang dialami Persipura. Secara fisik, mereka memang ada di Timor Leste, tapi hati dan pikiran mereka berada di Persipura," bunyi pernyataan Carsae FC di laman Facebook klub saat itu.

Boaz memilih berkiprah di Timor Leste saat itu karena kompetisi di Indonesia berhenti akibat sanksi FIFA pada 2015. Kala itu, Persipura juga sedang krisis keuangan sehingga terpaksa melepas sejumlah pemain kunci.

Namun, karier Boaz di Carsae FC tidak berlangsung lama. Eks pemain Timnas Indonesia ini pulang ke Persipura pada April 2016.

3 dari 8 halaman

Oktovianus Maniani

Ketika bergabung dengan Carsae FC, Boaz Solossa tidak sendirian. Dia ditemani oleh Oktovianus Maniani datang ke klub Timor Leste itu.

Okto lebih dulu bermain untuk Carsae FC. Dia datang bersama pemain Indonesia lainnya, Imanuel Wanggai.

Okto sebenarnya menandatangani kontrak selama setahun dengan Carsae FC. Namun, baru juga beberapa bulan, kesepakatan itu diputus oleh Carsae FC.

4 dari 8 halaman

Imanuel Wanggai

Imanuel Wanggai juga pernah berkancah di Timor Leste. Dia datang bersama Okto Maniani untuk bergabung dengan Carsae FC.

Ketika bermain di Carsae FC, Wanggai dan Okto main bareng dengan Boaz.

Nasib Wanggai di Carsae FC tidak ubahnya seperti Okto dan Wanggai. Dia dilepas bersamaan dengan diputusnya kontrak Boaz.

Dari Carsae FC, Wanggai kembali ke Persipura dan kemudian memenangkan trofi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

5 dari 8 halaman

Patrich Wanggai

Serbuan pemain Indonesia ke Timor Leste pasca-vakumnya kompetisi tidak berhenti sampai di situ. Patrich Wanggai juga mengikuti jejak rekannya bermain di sana.

Wanggai bergabung dengan Karketu Dili FC. Total sepuluh gol disumbangkan oleh eks penyerang Timnas Indonesia U-23 itu.

Setelah kontraknya selesai, Wanggai kembali ke Indonesia. Dia menerima tawaran dari Madura United untuk ISC 2016.

6 dari 8 halaman

Titus Bonai

Patrich Wanggai bukan satu-satunya pemain Indonesia di Karketu Dili pada saat itu. Dia ditemani oleh kompatriotnya, Titus Bonai.

Seperti kebanyakan pemain Indonesia lainnya, karier Tibo, karibnya disapa, tidak bertahan lama di Timor Leste. Kontraknya diputus pada pertengahan 2016.

Saat bermain di Timor Leste, Tibo mendapatkan fasilitas seperti pemain asing di Indonesia. Mantan bomber Persipura itu menerima rumah dan mobil.

Ketika kembali di Indonesia, Tibo membela PSM Makassar. Sejak saat itu, kariernya perlahan meredup.

7 dari 8 halaman

Abanda Rahman

Abanda Rahman pernah merapat ke Timor Leste. Dia dipinjamkan PSIS Semarang ke Lalenok United pada awal 2021.

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, menyebut kedua pihak telah mencapai kata sepakat mengenai peminjaman Abanda Rahman untuk kebutuhan di Piala AFC 2021.

“Sudah resmi, saat ini tinggal mengurus administrasi keberangkatan Abanda ke Timor Leste. Kedua belah pihak manajemen klub telah sepakat," kata Yoyok Sukawi pada awal 2021.

Lalenok United meminjam jasa Abanda Rahman untuk memperkuat lini pertahanan di Piala AFC 2021. Sayangnya Piala AFC 2021 tidak jadi berlangsung karena pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

Setelah kembali ke PSIS Semarang karena batal memperkuat Lalenok United, Abanda Rahman kini bermain bersama Bhayangkara FC di putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022.

 

8 dari 8 halaman

Ferdinand Sinaga

Ferdinand Sinaga pernah bergabung bersama klub Timor Leste ketika sepak bola Indonesia masih belum jelas akibat pandemi COVID-19. Ia bergabung bersama Boavista FC.

Kompetisi di Timor Leste pun tetap jalan ketika pandemi COVID-19. Memang, kejuaraan resminya tidak bisa digelar pada 2020. Namun, mereka menggantinya dengan menggulirkan turnamen bertajuk Copa FFTL dihelat pada Agustus 2020.

Copa FFTL 2020 diikuti oleh 20 tim yang dibagi dalam liga grup. Turnamen yang menganut sistem gugur ini telah berakhir pada 25 Oktober 2020.

Namun, belum sempat menjalani karier bersama Boavista lantaran kompetisi Timor Leste belum dimulai, Ferdinand bergabung bersama Persib Bandung untuk tampil di Piala Menpora 2021.

Video Populer

Foto Populer