Sukses


Prediksi Pertandingan Uji Coba, Timnas Indonesia Vs Timor Leste: Momentum Jaga Rekor

Bola.com, Gianyar - Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada pertandingan pertama FIFA Matchday yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/1/2022) malam WIB. Laga ini jadi momentum skuad Garuda untuk mempertahankan rekor positif atas Timor Leste.

Laga FIFA Matchday ini dijadikan Timnas Indonesia untuk memperbaiki peringkat di ranking FIFA. Saat ini, Indonesia berada di urutan ke-164 dan Timor Leste di urutan ke-196.

Sejarah mencatat, Timnas Indonesia terlalu superior buat Timor Leste. Skuad Merah Putih tak pernah kalah dalam empat pertemuan dan sukses menyarangkan 14 gol ke gawang Timor Leste.

Adapun Timor Leste hanya mampu sekali mencetak gol ke gawang Tim Merah Putih. Namun, pelatih Shin Tae-yong tak ingin timnya lengah dengan Timor Leste.

Bagi Shin Tae-yong, ini adalah pertemuan pertama melawan Timor Leste. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut, Timor Leste mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir.

"Saya lihat ada progres yang baik. Ketika nonton pertandingan di Piala AFF, lihat ada progres di kecepatan dan penguasaan bola. Itu menjadi lebih baik dari sebelumnya," kata Shin Tae-yong.

Laga ini dijadikan pelatih Shin Tae-yong untuk persiapan event selanjutnya seperti Piala AFF U-23 2022, SEA Games 2022, dan Kualifikasi Piala Asia 2023. Jadi, Timnas Indonesia diharapkan bisa menunjukkan permainan seperti yang diharapkan.

"Kami tidak akan lengah. Kami akan persiapkan agar bisa menunjukkan permainan yang kita inginkan," tegas pelatih 52 tahun itu.

Pelatih Shin Tae-yong diyakini akan mengandalkan skema 4-1-4-1. Irfan Jaya, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, dan Ramai Rumakiek yang berada di lini tengah akan diplot untuk mendukung pergerakan Muhammad Rafli sebagai ujung tombak Timnas Indonesia.

 

2 dari 3 halaman

Menanti Dewi Fortuna

Pelatih Timor Leste, Fabio Magrao, sadar diri ada perbedaan kualitas yang mencolok antara timnya dengan Timnas Indonesia. Namun, pelatih asal Brasil itu memastikan timnya akan menyiapkan perlawanan dalam laga nanti.

"Dalam sepak bola apa pun bisa terjadi. Akan tetapi, saya berharap Timor Leste bisa bermain bagus. Meski, saya tahu Indonesia memiliki kualitas bagus, tetapi hasil besok belum bisa ditebak," kata Fabio Magrao.

Selain itu, Fabio Magrao juga menyebut Timnas Indonesia lebih difavoritkan dalam laga nanti. Namun, segalanya tak ada yang mungkin dalam sepak bola dan berharap Dewi Fortuna membawa keberuntungan buat Timor Leste.

"Kami tahu Indonesia favorit banyak orang, saya menyadari itu. Namun, saya akan lebih fokus ke performa. Mungkin saja besok Timor Leste menang lawan Indonesia meski bermain buruk. Mungkin kemenangan datang karena beruntung, misalnya kami menang berkat gol bunuh diri lawan," ucap Fabio Magrao.

Dalam laga nanti, Fabio Magrao diprediksi akan mengandalkan skema 4-3-3. Trio Cristevao Fernandes, dan Armindo, Paulo Gali yang ada di lini tengah akan mendukung pergerakan Jhon Frith, Mouzinho, serta Elias Mesquita di lini depan.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-1-4-1): Nadeo Argawinata (kiper),  Rizky Dwi, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan (belakang) Rachmat Irianto, Irfan Jaya, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek (tengah), Muhammad Rafli (depan)

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Timor Leste (4-3-3): Junildo Pereira (kiper), Yohanes Gusmao, Joao Panji, Filomeno, Nelson Sarmento Viegas (belakang), Cristevao Fernandes, Armindo, Paulo Gali (tengah), Jhon Frith, Mouzinho, Elias Mesquita (depan)

Pelatih: Fabio Magrao (Brasil)

Video Populer

Foto Populer