Sukses


Lima Fakta Dangote, Calon Bos Baru Arsenal

Bola.com, London - Miliarder Aliko Dangote Nigeria mengatakan ia masih ingin membeli Arsenal meski gagal dalam upayanya pada 2010 untuk mengakuisisi saham klub tersebut.

Fans The Gunners penuh antusias ini tidak menyerah pada mimpinya untuk terlibat dengan klub London Utara. Ia mengatakan kepada Bloomberg, “Saya masih berharap, suatu hari dengan harga yang tepat, bahwa saya akan membeli Arsenal.”

“Saya mungkin membelinya, bukan pada harga konyol tapi harga yang tidak akan ditolak oleh pemilik. Saya tahu strategi saya, "lanjutnya.

Tapi siapa Dangote? Berikut adalah lima fakta kunci Dangote dikutip dari Metro:

1. Dia adalah orang terkaya di Afrika

Dangote adalah orang yang paling kaya di benua Afrika. Perkiraan baru-baru ini menempatkan kekayaanya berkisar $ 15 milyar. Angka tersebut menjadikannya orang terkaya ke-67 di dunia menurut Forbes.

Kekayaannya juga hampir delapan kali lebih banyak dari saat pertama kali ia mencoba untuk membeli The Gunners. Dan ia sudah menjadi terkaya sebelum devaluasi mata uang Nigeria.

2. Dia memulai usahanya pada usia 21 tahun

Setelah lulus, Dangote kembali ke Nigeria untuk memulai bisnis sendiri. Ia menerima pinjaman dari pamannya dan meluncurkan Dangote Group.

Dia mulai perdagangannya di beras dan minyak sayur, tapi segera melakukan diversifikasi ke bahan yang akan digunakan untuk proyek-proyek infrastruktur, ditambah gula dan produk lainnya.

3. Dia pemenang penghargaan

Pada tahun 2014, Dangote dinobatkan Forbes sebagai Afrika Person of the Year 2014, mengalahkan beberapa kandidat untuk kehormatan tersebut. Nominasi lainnya termasuk tokoh perlindungan publik Afrika Selatan Thuli Madonsela, penulis Nigeria Ngozi Chimamanda Adichie, Direktur Jenderal SEC Arunma Oteh dan Presiden Bank Pembangunan Afrika Domald Kaberuka.

Kembali pada bulan November 2011, Dangote dianugerahi Grand Komandan Orde Niger, kehormatan tertinggi kedua Nigeria, oleh presiden Goodluck Jonathan.

4. Dia mungkin bukan penggemar terbesar Arsene Wenger

Menariknya, Dangote telah secara publik menyatakan bahwa Arsene Wenger "perlu mengubah gaya sedikit," dan menyatakan tim "membutuhkan arahan baru".

Jika ia mengambil kendali di Emirates satu hari, mungkin memiliki konsekuensi pada eksistensi manajer Perancis tersebut di kursi manajemen.

5. Dia tidak populer secara universal

Keberhasilan urusan bisnisnya tidak selalu mendapat dukungan. Brian Browne, mantan konsul jenderal AS untuk Nigeria, mengkritik Dangote untuk menerima perlakuan istimewa dari pemerintah.

Beberapa orang berpendapat, ia mendapat perlakuan istimewa tersebut karena kesediaannya untuk mendukung finansial politisi. Dangote diyakini telah membuat kontribusi besar untuk kampanye pemilu mantan presiden Nigeria Olusegum Obasanjo, sementara ia juga membuat sumbangan lain untuk kelompok-kelompok kepentingan utama di negaranya.

Baca Juga:

Juventus vs Real Madrid: Rintangan Terjal Tim Tamu

Gara-gara Mayweather, Eks Pemain Arsenal Dapat Rp 1,5 Miliar

Van Gaal Tidak Menyesal Lego Welbeck ke Arsenal

Video Populer

Foto Populer