Valdes Debut, MU Ditahan Imbang Arsenal

Oleh Arie Nugroho pada 18 Mei 2015, 00:02 WIB
Diperbarui 18 Mei 2015, 00:02 WIB
Valdes
Victor Valdes menjalani debut saat MU berhadapan melawan Arsenal. (Reuters / Jason Cairnduff )

Bola.com, Manchester - Pertarungan antara Manchester United melawan Arsenal berakhir sama kuat 1-1. Partai ini juga menandai debut kompetitif Victor Valdes sejak 26 Maret 2014.

Manchester United unggul di babak pertama berkat gol Ander Herrera. Arsenal menyamakan kedudukan melalui bunuh diri Tyler Blackett pada menit ke-82. Hasil ini tak merubah posisi kedua tim di papan klasemen. Arsenal tetap di posisi ketiga dengan 71 poin dan MU menghuni posisi keempat dengan 69 angka.

Bigmatch tersaji di pekan ke-37 Liga Premier Inggris. Manchester United menjamu Arsenal di markas kebesarannya, Stadion Old Trafford, Minggu (17/5/2015) malam WIB.

Manchester United tak bisa menurunkan kapten Wayne Rooney akibat cedera. Sebagai gantinya, pelatih Louis van Gaal memasang Radamel Falcao sebagai bomber solo dalam balutan skema 4-1-4-1. Sementara, Arsenal menurunkan duet Olivier Giroud dan Alexis Sanchez di lini depan.

Pertandingan berjalan lambat di awal laga. Kedua tim tampak bermain terlalu berhati-hati. Dalam interval 15 menit awal, Manchester United tampil dominan dengan statistik penguasaan bola mencapai 60 persen.

Laga baru memanas selepas menit ke-18. Manchester United terus mengurung pertahanan Meriam London berbekal permainan umpan pendek cepat. Sayang, buruknya performa Radamel Falcao menjadi penghalang MU mencetak angka. Pemain asal Kolombia itu beberapa kali terpeleset di kotak penalti Arsenal.

MU memecah kebuntuan di menit ke-30. Berawal dari serangan balik cepat, Ashley Young mengirimkan umpan silang dari sisi kanan pertahanan Arsenal. Bola disambut tembakan first time kaki kanan Ander Herrera ke pojok kiri gawang. 1-0 MU memimpin.

Lima menit berselang, Herrera kembali mendapatkan peluang. Tembakan kaki kanan pemain berdarah Spanyol itu dari luar kotak penalti masih sedikit tinggi di atas mistar gawang.

MU memiliki kesempatan emas menambah keunggulan pada menit ke-39. Tandukan Radamel Falcao dari jarak dekat masih terlalu lemah, sehingga bola dengan mudah dipeluk kiper David Ospina. Keunggulan 1-0 MU bertahan hingga babak pertama usai.

 

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

ak seperti di babak pertama, tempo permainan lebih cepat di awal babak kedua. manchester United tetap tampil dominan. Sementara, Arsenal beberapa kali mengancam melalui serangan balik.

Arsenal hampir saja menyamakan kedudukan pada menit ke-63. Dalam situasi satu melawan satu, tembakan Olivier Giroud masih mampu ditahan dengan menggunakan kaki kiri oleh David De Gea.

MU harus kehilangan De Gea pada menit ke-74. Penjaga gawang berkebangsaan Spanyol itu mengalami masalah di pahanya dan terlihat berjalan pincang ke pinggir lapangan. Dia kemudian digantikan oleh Victor Valdes. Ini menandai debut Valdes di Liga Premier Inggris.

Arsenal menyamakan kedudukan pada menit ke-82. Ramsey mengirimkan umpan lambung kepada Theo Walcott yang berdiri di sisi kiri pertahanan MU. Tembakan Walcott mengenai kaki Tyler Blackett dan berubah arah. Valdes sudah terlanjur bergerak ke arah yang salah. Skor sama kuat 1-1.

Robin van Persie memiliki peluang bersih mencetak angka di menit ke-87. Menerima umpan tandukang Fellaini, tembakan keras kaki kanan RvP masih sedikit tinggi di atas mistar gawang. Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan usai.


Susunan Pemain:

Manchester United (4-1-4-1): De Gea (Valdes 74'); Valencia, Smalling, Jones, Rojo (Blackett 73'); Blind; Mata, Herrera, Fellaini, Young; Falcao (Robin van Persie 61').

Arsenal  (4-4-2): Ospina; Bellerin (Bellerin 73'), Mertesacker, Koscielny, Monreal; Coquelin, Cazorla (Wilshere 73'); Ramsey, Ozil; Sanchez, Giroud.

Lanjutkan Membaca ↓