Sukses


Bintang Muda: Cameron Borthwick-Jackson, Senjata Baru MU

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU), Louis van Gaal, menurunkan Cameron Borthwick-Jackson pada laga lanjutan Premier League melawan West Bromwich Albion (WBA), di Old Trafford, Sabtu (7/11/2015). Bek berusia 18 tahun itu sementara ini merupakan debutan terakhir yang masuk ke dalam skuat utama Setan Merah. 

Sebelum menghadapi WBA, lini belakang MU mengalami beberapa masalah. Luke Shaw, Antonio Valencia, Paddy McNair masih menjalani proses pemulihan cedera, sementara Matteo Darmian tengah menjalani hukuman akumulasi kartu. 

Saat melawan Crystal Palace, Sabtu (31/10/2015), Van Gaal sebenarnya juga memasukkan nama Axel Tuanzebe ke dalam daftar pemain. Namun, bek berusia 17 tahun itu tetap berada di bangku cadangan hingga akhir pertandingan yang berakhir 1-0 untuk kemenangan MU.

Berikut ini profil Cameron:

Nama lengkap: Cameron Borthwick-Jackson
Tempat, tanggal lahir: Manchester, 2 Februari 1997
Negara: Inggris
Posisi: Bek tengah, bek Kiri

Riwayat karier

Cameron Borthwick-Jackson memulai karier sepak bola di Anthony's Catholic College, Urmston, bersama dua pemain muda MU lainnya, Ravel Morisson dan Tyle Blackett. Sejak itu, ia dikenal sebagai salah satu pemain belakang handal yang bisa bermain di posisi bek tengah dan kiri. 

Bek Manchester United (MU), Cameron Borthwick-Jackson (kiri) saat bertanding melawan Liverpool U-21 di ajang Premier League U-21 pada 2014. (Mirror)

Pada 2013, Cameron masuk ke dalam skuat MU U-18 dan ambil bagian dalam turnamen Milk Cup di Irlandia Utara. Setahun setelahnya, Cameron sukses mencetak gol penentu kemenangan 1-0 MU atas klub asal Prancis, Vendee FC pada partai final turnamen Milk Cup 2014. 

Kesuksesan tersebut membuat Cameron berkesempatan menjalani debut di skuat U-21 dalam usia 16 tahun. Pada musim 2014-15, Cameron mencatat 31 penampilan. Pada musim berikutnya, ia pun resmi masuk anggota skuat U-21, dan turut serta membela skuat U-19 untuk UEFA Youth League di bawah arahan Nicky Butt. 

Karier internasional

Sejak usia 16 tahun, Cameron sudah ambil bagian di timnas Inggris usia muda. Berkat performa gemilangnya bersama MU, Cameron pun hanya membutuhkan satu tahun untuk promosi ke skuat U-17 Inggris dan sukses menjalani debut saat menang 4-0 atas Armenia pada Oktober 2014. 

Komentar pelatih

Paul McGuinnes (Pelatih MU U-18): Kemampuan Cameron telah meningkat dan berkembang sepanjang musim dengan baik. Dia tinggi, kuat, dan cepat saat bertanding di lapangan. 

Bek muda Manchester United, Cameron Borthwick-Jackson (tengah), seusai pertandingan melawan West Bromwich Albion di ajang Premier League, di Old Trafford, Sabtu (7/11/2015). (AFP/Andrew Yates)

Warren Joyce (Manajer MU Reserve): Cameron bermain sangat baik pada musim ini. Menurut saya, dia akan tampil semakin kuat dan hebat.

Louis van Gaal (Manajer MU): Saya memasukkan Cameron (ke dalam skuat utama MU) tanpa rasa takut sama sekali dan sekarang saya harus berkata, dia bermain sangat baik.

Sumber: Manchester United, Mirror, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer