Hughes: Van Gaal Bikin Blunder Cadangkan Rooney!

Oleh Yosef Deny Pamungkas pada 27 Des 2015, 19:18 WIB
Diperbarui 27 Des 2015, 19:18 WIB
Louis Van Gaal
Pelatih Manchester United, Louis Van Gaal, (Kanan) bersalaman dengan kapten Wayne Rooney sebelum laga melawan Stoke City, Sabtu (26/12/2015). (Reuters/Carl Recine)

Bola.com, Stoke on Trent - Manajer Stoke City, Mark Hughes, mengomentari keputusan manajer Manchester United, Louis van Gaal, tak menurunkan Wayne Rooney sebagai starter. Menurut dia, keputusan itu merupakan blunder besar.

MU kembali mengalami kekalahan setelah takluk 0-2 dari Stoke City pada lanjutan pekan ke-18 Premier League di Stadion Britannia, Sabtu (26/12/2015) malam WIB. Kekalahan MU dari The Potters merupakan kekalahan keempat The Red Devils secara beruntun di semua ajang.

Pada laga melawan Stoke, Van Gaal menurunkan Anthony Martial sebagai ujung tombak solo. Pemain muda asal Prancis itu mendapat sokongan dari tiga gelandang, yakni Memphis Depay, Juan Mata, dan Ander Herrera.

Namun, Depay melakukan sebuah blunder yang berakibat terciptanya gol pertama Stoke oleh Bojan Krkic pada menit ke-19. Pada babak kedua, Depay kemudian diganti Rooney. Skor saat itu menunjukkan 2-0 untuk Stoke setelah Marko Arnautovic menggandakan skor pada menit ke-26.

Masuknya Rooney diharapkan menambah daya gedor penyerangan Setan Merah. Manchester United mendapatkan satu kesempatan mencetak gol lewat sepakan Marouane Fellaini memanfaatkan umpan Rooney, tetapi masih bisa ditepis oleh Jack Butland.

Menurut Hughes, keputusan Van Gaal mencadangkan Rooney merupakan bagian dari rotasi tim. Sebab, MU harus melawan Chelsea di Stadion Old Trafford pada Selasa (29/12/2015) dini hari WIB.

"Saya yakin ada alasan mengapa Wayne tidak memulai permainan dari awal. Ada banyak pemikiran yang masuk ke dalam tim saat Anda bekerja sebagai manajer dan Anda harus memutuskan satu yang menurut Anda bisa memenangkan pertandingan," kata Hughes.

"Ini periode yang sulit selama Natal. Kami memiliki jadwal yang padat melawan Everton, sedangkan MU harus melawan Chelsea. Jadi Anda harus tetap bekerja baik dengan sumber daya yang ada. Mungkin itu alasan mengapa Rooney tidak menjadi starter. Dari sudut pandang kami, tim tanpa Rooney adalah tim yang tidak terlalu kuat," ujar Hughes.

Kekalahan ini membuat posisi Manchester United melorot ke urutan keenam klasemen sementara Premier League dengan nilai 29 hasil dari 18 pertandingan. Sementara itu, Stoke City berada di urutan delapan dengan mengoleksi 26 poin.

Sumber: Squawka

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini