Ini Alasan Dortmund Pulangkan Adnan Januzaj ke MU

Oleh Yosef Deny Pamungkas pada 08 Jan 2016, 02:21 WIB
Diperbarui 08 Jan 2016, 02:21 WIB
Adnan Januzaj Bangga kenakan nomor 11
Adnan Januzaj (manutd.com)

Bola.com, Manchester - Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Michael Zorc, mengungkapkan, alasan klubnya memulangkan Adnan Januzaj ke Manchester United (MU) karena berdasarkan keinginan pemain asal Belgia tersebut.

Pada Kamis (7/1/2016), MU mengumumkan, Januzaj resmi kembali ke Old Trafford. Kehadiran Januzaj pun diharapkan bisa meningkatkan performa lini tengah The Red Devils yang dalam beberapa pertandingan terakhir terus disorot lantaran dinilai belum maksimal.

"Itu adalah keinginan Adnan untuk pergi. Pinjaman ini tidak bagus bagi kedua belah pihak," kata Zorc.

Januzaj bergabung dengan MU dari Anderlecht pada 2011. Dua tahun berselang, gelandang berusia 20 tahun itu melakukan debut bersama skuat senior Setan Merah saat menghadapi Wigan Athletic pada ajang Community Shield 2013-14 di Wembley, pada 11 Agustus 2013. 

Selama dua musim berstatus sebagai tim utama, Januzaj jarang mendapatkan kesempatan bermain reguler. Menurut catatan Transfermarkt, dari total 38 laga Premier League 2014-15, Januzaj hanya tampil sebanyak 18 kali, dengan 11 di antaranya sebagai pemain pengganti. 

MU pun memutuskan meminjamkan Januzaj ke Dortmund pada musim panas 2015. Namun, nasib Januzaj bersama skuat Die Borussen tidaklah jauh berbeda karena dari total 17 laga pada paruh musim Bundesliga 2015-16, eks pemain FC Brussels itu baru tampil enam kali. 

Manajer MU, Louis van Gaal, pada November 2014, sempat menilai keputusan Janujaz hijrah ke Dortmund memang berisiko. Salah satu alasannya karena persaingan dalam skuat asuhan Thomas Tuchel tersebut sangat berat lantaran juga diisi beberapa pemain kelas dunia. 

"Saya ingin dia bermain dalam setiap laga dan karena itulah saya ingin memainkannya di Premier League. Namun, dia memilih Borussia Dortmund. Kami harus menunggu dan melihat (peluang dia kembali) karena dia saat ini justru jarang bermain. Saya yakin dia memiliki talenta," ujar Van Gaal.

Sumber: Daily Mail

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Profil Bintang Luis Suarez, Penyerang Barcelona yang Sukses Berkat Cinta Pertamanya