11 Penyerang Jempolan Incaran Raksasa Premier League

Oleh Arie Nugroho pada 19 Jan 2016, 18:33 WIB
Diperbarui 19 Jan 2016, 18:33 WIB
Premier League
11 penyerang ini masuk radar bidikan klub-klub raksasa Premier League (Daily Mail)

Bola.com, Jakarta - Klub-klub raksasa Premier League gencar berburu penyerang untuk memperkuat skuat mereka pada bursa transfer Januari ini. Berikut 11 penyerang top yang menjadi incaran mereka. Biasanya, kepindahan mereka baru terjadi di detik akhir penutupan bursa transfer.

Bursa transfer Januari umumnya tak seramai bursa transfer awal musim. Para klub raksasa Premier League biasanya memanfaatkan momen ini untuk memboyong pemain untuk menambal kelemahan mereka di paruh pertama musim.

Pada bursa transfer Januari kali ini, para pemain berposisi di lini serang menjadi target incaran Arsenal, Manchester United, Manchester City, Liverpool, Chelsea, dan Tottenham Hotspur.

Sejauh ini, Manchester City menjadi klub yang paling produktif dibandingkan lima klub lainnya. The Citizens menciptakan 43 gol dari 22 pertandingan. Namun, menurunnya kinerja Sergio Aguero membuat City ingin merekrut penyerang baru.

Sementara itu, Liverpool menjadi klub yang paling sedikit mencetak gol diantara enam klub lainnya. The Reds membukukan 25 gol dari 22 laga. Buruknya produktivitas gol Liverpool musim ini kemungkinan besar disebabkan oleh cedera panjangnya Daniel Sturridge.

1. Alexandre Pato (Corinthians)

11 penyerang ini masuk radar bidikan klub-klub raksasa Premier League (Daily Mail)

Alexandre Pato dibidik oleh tiga klub rakasasa asal Inggris, yakni Chelsea, Manchester United, dan Liverpool. Namun, pemain berusia 26 tahun itu mengungkapkan ingin bergabung dengan klub yang memiliki para pemain Brasil di dalam skuatnya. Oleh karenanya, Manchester United sudah tak lagi masuk dalam hitungan karena tak memiliki pemain asal Brasil.

Media di Inggris menyebutkan bahwa Pato lebih condong untuk bergabung bersama Chelsea, ketimbang Liverpool. Agen Pato bahkan dikabarkan sudah berada di London untuk merampungkan proses negosiasi. Bersama Chelsea, Pato nanti akan mendapatkan upah senilai 2,5 juta dollar atau sekitar Rp 34 miliar per tahun.

Alexandre Pato mengawali karier profesionalnya bersama Inernacional pada tahun 2006. The Blues kala itu amat kepincut untuk meminangnya. Namun, Pato memutuskan bergabung bersama AC Milan.

Bersama Rossoneri, Pato sukses mempersembahkan gelar Scudetto 2010-2011 dan trofi Supercoppa Italiana 2011. Pada tahun 2013, Pato memutuskan kembali ke negara asalnya dan bergabung dengan Corinthians.

2. Edinson Cavani (Paris Saint-Germain)

11 penyerang ini masuk radar bidikan klub-klub raksasa Premier League (Daily Mail)

Cavani memang telah lama menyuarakan ingin meninggalkan PSG. Alasannya, Cavani tak nyaman dengan posisi bermainnya di PSG. semenjak tiba di Paris pada musim panas 2013, ia hanya diplot sebagai penyerang sayap dan tidak bermain di posisi aslinya sebagai penyerang murni.

Selain itu, ada alasan lain yang semakin memantapkan hati Cavani untuk meninggalkan PSG, yakni teror bom Paris pada bulan November 2015 lalu. Saat teror bom itu berlangsung, Cavani tengah membela Timnas Uruguay pada laga kualifikasi Piala Dunia.

Teror bom itu membuat Cavani ketakutan setengah mati dan sempat tak ingin kembali lagi ke Paris. Dia sempat beberapa kali menyatakan di media bahwa dia ingin menjajal kerasnya kompetisi Premier League. Manchester United dan Chelsea menjadi klub yang paling berniat menggunakan jasa Cavani.

3. Baye Oumar Niasse (Lokomotiv Moscow)

11 penyerang ini masuk radar bidikan klub-klub raksasa Premier League (Daily Mail)

Niasse tampil mengesankan bersama Lokomotiv Moscow musim ini dengan menciptakan 13 gol dari 23 laga. Chelsea menjadi klub yang paling ngebet untuk mendapatkan jasanya.

Bahkan, The Blues telah mengirimkan pemandu bakatnya untuk menyaksikan laga Niasse melawan Besiktas di ajang Europa League (5/11/2015). Pertandingan kala itu berakhir imbang 1-1 dan Niasse menjadi pencetak gol tunggal Lokomotiv Moscow.

Selain Chelsea, ada beberapa klub Premier League lainnya yang juga berminat menggunakan jasa pemain berusia 25 tahun itu. Mereka adalah Tottenham Hotspur, Aston Villa, dan West Ham United.

4. Inaki Williams (Athletic Bilbao)

11 penyerang ini masuk radar bidikan klub-klub raksasa Premier League (Daily Mail)

Kecepatan dan intuisi bagus dalam mencari ruang kosong di kotak penalti lawan menjadi kekuatan utama Inaki Williams. Sejauh ini, dia menciptakan sepuluh gol dari 21 pertandingan.

Kontrak Inaki Williams bersama Bilbao akan berakhir pada 30 Juni 2017. Dua tim raksasa Premier League, Chelsea dan Liverpool telah terang-terangan menyatakan minat mereka untuk memboyong Williams.

5. Saido Berahino (West Bromwich Albion)

11 penyerang ini masuk radar bidikan klub-klub raksasa Premier League (Daily Mail)

Ada tiga klub yang menginginkan jasa Berahino. Mereka adalah Chelsea, Tottenham Hotspur, dan Manchester United. Namun, Chelsea menjadi tim yang paling optimistis mendapatkan jasanya. Pasalnya, The Blues bakal memiliki satu slot kosong di lini serang karena ingin mengembalikan Radamel Falcao ke AS Monaco.

Musim ini, Berahino memang baru menciptakan empat gol dari 16 laga. Permasalahan cedera menjadi penyebab menurunnya produktivitas gol manta pemain Northampton Town itu. Musim lalu, Berahino menciptakan 20 gol dari 45 laga.

6. Simone Zaza (Juventus)

11 penyerang ini masuk radar bidikan klub-klub raksasa Premier League (Daily Mail)

Dua klub Premier League, West Ham United dan Crystal Palace dikabarkan tertarik meminang penyerang Juventus, Simone Zaza. Namun, Juve baru akan melepas Zaza asalkan ada klub yang berani mengeluarkan dana hingga 30 juta euro

Pemain 24 tahun tersebut ditebus I Bianconeri dari Sassuolo dengan nilai transfer 18 juta euro pada 7 Juli 2015. Kehadiran Zaza diharapkan dapat menambah daya gedor skuat Putih-Hitam. Apalagi, selama dua musim berseragam Sassuolo, Zaza mencetak 21 gol dari 69 pertandingan di seluruh ajang kompetisi.

Sayang, pemain bernomor punggung tujuh itu lebih banyak duduk di bangku cadangan. Dia kalah bersaing dengan tiga penyerang Juventus lainnya, Paulo Dybala, Mario Mandzukic, dan Alvaro Morata.

Jarang tampil membuat Zaza disebut-sebut ingin angkat kaki dari Juventus Stadium. Sebab, dia berambisi memperkuat timnas Italia di ajang Piala Eropa 2016.

Kondisi tersebut membuat West Ham United dan Crystal Palace disebut-sebut siap menampung Zaza pada bursa transfer Januari 2016. Namun, The Hammers dan The Eagles tak begitu saja mudah mendapatkan pemain berkepala plontos tersebut.

Sejumlah media di Italia termasuk SportItalia mengabarkan jika Juventus baru akan menjual Zaza dengan harga 30 juta euro (Rp 450 miliar), atau minimal 25 juta euro plus bonus terkait dengan performa si pemain.

Kini, Chelsea dan Liverpool masuk dalam persaingan untuk mendapatkan jasa Zaza. Sejauh ini, Simone Zaza baru tampil dalam 10 pertandingan bersama Juventus dan mencetak lima gol.

7. Seydou Doumbia (AS Roma)

11 penyerang ini masuk radar bidikan klub-klub raksasa Premier League (Daily Mail)

Setelah menjalani musim yang kurang apik bersama AS Roma, Doumbia kembali menemukan ketajamannya saat kembali ke CSKA dengan status pinjaman. Sebelum pindah ke AS Roma, Doumbia sempat menjalani lima musim yang mengesankan bersama CSKA.

Doumbia musim ini sudah menyumbang lima gol dari sembilan pertandingan di kompetisi lokal bersama CSKA. Sementara itu, sebanyak tiga gol sudah ia sumbangkan saat berkompetisi di Liga Champions,

Torehan positif ini lantas membuat nama pemain 27 tahun tersebut ramai dibicarakan di bursa transfer. Setidaknya saat ini ada dua klub Premier League yang disebut telah memantau pemain asal Pantai Gading tersebut.

Dua klub yang menaruh minat pada Doumbia yakni Watford dan West Ham United. Kemungkinan besar, Doumbia akan memperkuat salah satu di antara kedua klub tersebut cukup terbuka. Syaratnya, baik Watford maupun West Ham harus mampu meyakinkan Roma untuk bersedia meminjamkan Doumbia. Manchester City kini juga masuk dalam persaingan untuk mendapatkan Doumbia.

8. Islam Slimani (Sporting Lisbon)

11 penyerang ini masuk radar bidikan klub-klub raksasa Premier League (Daily Mail)

Manchester United disebut sedang berusaha untuk mendatangkan bomber Sporting Lisbon, Islam Slimani. Jika tidak ada aral melintang, Slimani akan bergabung dengan MU pada bulan ini.

Hal tersebut dilakukan manajemen MU untuk mengatasi masalah di lini serang mereka. Dilansir dari Standard, nilai transfer pemain internasional Aljazair ini mencapai angka 12 juta pounds. Harga tersebut kabarnya siap dibayar oleh pihak Setan Merah.

Slimani sebelumnya santer dikabarkan menjadi incaran klub Premier League lain, Crystal Palace. Hanya saja, ketertarikan dari MU disebut telah membuat Slimani berubah pikiran dan siap menerima ajakan bergabung dari MU.

Pemain 27 tahun musim ini tampil cukup apik bersama Sporting Lisbon di Liga Portugal. Sudah 13 gol dia cetak dari 16 pertandingan yang dimainkan.

9. Sebastien Haller (FC Utrecht)

11 penyerang ini masuk radar bidikan klub-klub raksasa Premier League (Daily Mail)

Sebastien Haller tampil mengesankan bersama FC Utrecht semenjak kembali dari masa peminjaman di Auxerre pada musim 2014 - 2015. Pemain berusia 21 tahun itu mencetak 25 gol dari 33 pertandingan.

Ada tiga klub Premier League yang saat ini menginginkan jasa Haller. Mereka adalah Norwich City, West Ham United, dan Liverpool. Namun, media di Inggris menyebut Liverpool menjadi klub yang terdepan untuk mendapatkan jasanya.

10. Emmanuel Adebayor (tanpa klub)

11 penyerang ini masuk radar bidikan klub-klub raksasa Premier League (Daily Mail)

Crystal Palace dikabarkan selangkah lagi bakal segera menuntaskan proses transfer Emmanuel Adebayor. Klub Premier League tersebut mendapatkan sang penyerang dengan status free transfer alias tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Adebayor diputus kontraknya oleh Tottenham Hotspur pada September 2015.

Palace memang telah dihubungkan dengan bomber asal Togo tersebut sejak beberapa pekan terakhir. Meski demikian, manajer Alan Pardew lebih memilih stay cool dalam menanggapi kabar transfer ini.

Namun kini, seperti dilaporkan The Mirror, Sabtu (16/1/2016), Palace akhirnya sukses mendapatkan tanda tangan Adebayor, mengalahkan Chelsea yang dikabarkan juga berminat pada bomber jangkung tersebut.

11. Peter Crouch (Stoke City)

11 penyerang ini masuk radar bidikan klub-klub raksasa Premier League (Daily Mail)

Penyerang jangkung Peter Crouch membuka kemungkinan untuk hengkang dari Stoke City setelah jarang dimainkan manajer Mark Hughes.

Masa depan Crouch kerap dispekulasikan mengingat ia baru bermain selama 44 menit di Liga Primer Inggris musim ini, selagi kontrak pria 34 tahun itu akan berakhir pada Juni 2017.

Sejauh ini, Manchester United dan Manchester City menjadi klub yang berminat menampungnya.

Sumber: Daily Mail

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Rahasia Gigi Putih Jurgen Klopp, Roberto Firmino, dan Para Bintang Liverpool