Worst Player: Neraka 9 Menit Adnan Januzaj

Oleh Arie Nugroho pada 25 Jan 2016, 18:22 WIB
Diperbarui 25 Jan 2016, 18:22 WIB
Adnan Januzaj
Adnan Januzaj (belakang) tampil buruk ketika Manchester United menghadapi Southampton di Old Trafford, Sabtu (23/1/2016) malam WIB. (Reuters/Carl Recine)

Bola.com, Jakarta - Adnan Januzaj tampil sebagai pemain terburuk pilihan Bola.com pekan ini. Pemain berkebangsaan Belgia itu melakukan dua kesalahan besar saat Manchester United berhadapan melawan Southampton di Stadion Old Trafford, Sabtu (23/1/2016) malam WIB.

Adnan Januzaj masuk menggantikan Cameron Borthwick-Jackson pada menit ke-86. Baru beberapa detik bermain, dia melakukan pelanggaran terhadap Charlie Austin. Semenit berselang, Januzaj melakukan kesalahan fatal yang berujung pada terciptanya gol tunggal Soton.

Pemain asal Belgia itu lalai menjaga pergerakan Charlie Austin. Alhasil, Austin berdiri bebas di dalam kotak penalti dan dengan mudah menanduk bola ke dalam gawang setelah memanfaatkan umpan James Ward-Prowse melalui situasi bola mati.

MU pun takluk dengan skor 0-1. Kekalahan ini membuat MU berada di posisi kelima klasemen sementara Premier League musim 2015 - 2016 dengan raihan 37 poin. Sementara itu, Southampton berada di peringkat kedelapan berbekal tabungan 33 angka.

Selama bermain empat menit plus lima menit waktu tambahan, Januzaj tercatat sekali melepaskan tembakan ke arah gawang dan dua kali melakukan umpan sukses. Atas performanya itu, situs Whoscored memberinya nilai 5,9.

"Pada laga ini, saya memainkan Januzaj untuk menggantikan Brothwick-Jackson. Hal itu amat berisiko. Pertandingan monoton dan kami tidak menciptakan banyak peluang. Lawan kami juga demikian," ungkap pelatih MU, Louis Van Gaal.

Penampilan ini tentu saja mencoreng citra Januzaj. Pemain berusia 20 tahun itu baru saja kembali ke MU pada Kamis (7/1/2016) dari masa peminjaman di Borussia Dortmund.

Seharusnya, masa peminjaman Januzaj di Dortmund baru akan berakhir pada pengujung musim 2015 - 2016. Namun, pelatih Louis Van Gaal mengakhiri masa peminjaman tersebut lebih cepat karena membutuhkan jasa Januzaj.

Padahal, Januzaj sempat tampil impresif bersama MU U-21. Dia mencetak dua gol ke gawang Southampton U-21 dan membawa MU U-21 menang telak 4-0 di Leigh Sport Village, Senin (18/1/2016).

Adnan Januzaj memiliki kesempatan untuk memperbaiki performanya saat Manchester United berhadapan melawan Derby County di Ipro Stadium pada ronde keempat Piala FA, Sabtu (30/1/2016) dini hari WIB.

Sumber: ESPN, Whoscored

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Profil Bintang Luis Suarez, Penyerang Barcelona yang Sukses Berkat Cinta Pertamanya