Sukses


Van der Sar Anggap Van Gaal Lebih Hebat ketimbang Ferguson

Bola.com, Manchester - Mantan penjaga gawang Manchester United, Edwin van der Sar, berharap Louis van Gaal tetap dipertahankan sebagai manajer The Red Devils. Menurut Van der Sar, Van Gaal merupakan pelatih terbaik yang pernah ditemuinya, bahkan melebihi Sir Alex Ferguson.

Van der Sar mengenal baik sosok Van Gaal. Pelatih asal Belanda itu yang memberikan debut profesional kepada Van der Saar saat masih di Ajax Amsterdam pada 1991.

Setelah itu, Van der Sar ditangani Van Gaal saat di tim nasional Belanda. Namun, pada level klub, Van der Sar tidak pernah lagi merasakan tangan dingin Van Gaal sebagai pelatih.

"Bagi saya, Van Gaal merupakan pelatih terbaik yang pernah saya jumpai. Caranya menangani taktik, melatih pemain muda, dan kami belajar menjadi pesepak bola. Kami selalu mendengarkan perkataannya," kata Van der Sar.

"Van Gaal memang sosok yang banyak menuntut. Namun, kami meraih sukses bersamanya. Jadi, tak masalah berapa banyak dia meminta kami untuk terus berlatih," lanjut Van der Sar.

Dalam dua musim terakhir, Van Gaal dikritik lantaran belum meraih satu gelar pun untuk Setan Merah. Pada musim ini, Manchester United terlempar dari ajang Liga Champions dan hanya tampil di Liga Europa.

Pada kompetisi Premier League, Van Gaal saat ini membawa Manchester United untuk sementara menempati urutan kelima klasemen dengan 47 poin dari 28 laga. The Red Devils hanya kalah selisih gol dari Manchester City yang baru memainkan 27 pertandingan.

"Manchester United masih jauh dari puncak klasemen. Namun, mereka memiliki kesempatan pada ajang Liga Europa dan Piala FA," ujar Van der Sar.

"Pada tahun pertamanya bersama Ajax, kami tidak bermain bagus. Namun, kami bisa menjadi juara Piala UEFA dan menyelesaikan liga di peringkat keempat," lanjut kiper asal Belanda itu.

Satu hal yang membuat Van der Sar yakin dengan kapasitas Van Gaal adalah kemampuan sang pelatih menangani para pemain muda. Pada musim ini, Van Gaal mengorbitkan beberapa pemain muda di Manchester United, seperti Marcus Rashford. Meski terkesan "terpaksa" karena krisis pemain yang melanda Manchester United, namun Van Gaal dinilai bakal memberikan jam terbang lebih bagi para pemain muda.

"Senang rasanya melihat Van Gaal memainkan para pemain muda. Itu yang seharusnya dilakukan Manchester United dan juga Ajax Amsterdam. Penting untuk mempertahankan filosofi klub tersebut," ujar Van der Sar.

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer