Sukses


5 Transfer Termahal Milik Agen Paul Pogba

Bola.com, Jakarta Sosok Mino Raiola menjadi perhatian publik pecinta sepak bola pada sepekan terakhir. Ia menjadi individu krusial dalam proses negosiasi antara Manchester United dan Juventus, dalam transaksi yang melibatkan Paul Pogba.

Beberapa kalangan menyebut proses pembicaraan transfer Pogba dari Juventus ke Manchester United, berada di tangan Mino Raiola. Sang agen menjadi pihak penentu, termasuk besaran fee untuk dirinya, yang berada pada kisaran 20 persen dari total nilai transfer.

Tak hanya kali ini saja Mino Raiola terlibat dalam urusan transfer dengan nilai tinggi. Saat ini, ia menaungi setidaknya lima nama tenar di lapangan hijau, yakni Paul Pogba, Zlatan Ibrahimovic, Henrikh Mkhitaryan, Romelu Lukaku dan Mario Balotelli.

Nama Raiola mulai mencuat saat berhasil membawa Dennis Bergkamp ke Inter Milan pada 1993. Padahal, saat itu pihak Ajax Amsterdam tak ingin melepas sang striker. Setelah itu, ia menjelma menjadi satu di antara agen pemain terbaik di muka bumi.

Tak heran, ia mendapat julukan 'Mr 300 Juta'. Angka itu merujuk pada harga minimal, dalam juta pounds, pemain di bawah manajemennya. Berikut 5 transaksi transfer tertinggi yang melibatkan Raiola.

1. Zlatan Ibrahimovic
Transfer: Inter Milan ke Barcelona (2009)
Harga: Rp 600 miliar

Zlatan Ibrahimovic mengakhiri Serie A 2008-2009 dengan status top skorer, berkat koleksi 25 gol. Ia berhasil membawa Inter Milan menuai scudetto, sekaligus mendapat predikat 'Pemain Terbaik 2008-2009', serta Pemain Asing Terbaik 2008-2009'. Gol Ibra ke gawang Bologna mendapat sematan 'Gol Terbaik 2008-2009'.

Rangkaian prestasi tersebut membuat Barcelona kepincut. Presiden El Barca, Joan Laporta merayu Inter Milan. Ibra datang, pihak Blaugrana menyerahkan Samuel Eto'o. Formula tersebut mujarab, dan Ibra meninggalkan pramusim Inter Milan di Amerika Serikat.

Los Azulgrana mengumumkan kehadiran Ibra pada 26 Juli 2009 dengan banderol Rp 600 miliar. Ia diperkenalkan manajemen di depan 60 ribu Barcelonistas yang memenuhi Estadio Camp Nou. Pada fase akhir, Barcelona menambahkan Alexander Hleb dengan status pinjaman.

2 dari 5 halaman

2

2. Pavel Nedved
Transfer: Lazio ke Juventus (2001)
Harga: Rp 525 miliar

Mino Raiola bekerja keras untuk merayu manajemen Lazio untuk melepas Pavel Nedved. Maklum, saat itu sang gelandang baru saja menandatangani kontra anyar berdurasi 4 tahun. Hasrat tinggi Juventus, yang menjanjikan harga tinggi, membuat sang agen melakukan beberapa manuver.

Mino Raiola memanfaatkan momen perselisihan antara Nedved dengan presiden klub, Sergio Cragnotti. Kala itu, Nedved dan Juan Sebastian Veron menjadi pemain yang tak setuju dengan beberapa keputusan strategis Cragnotti.

Juventus butuh Nedved untuk menggantikan peran Zinedine Zidane, yang pergi ke Real Madrid. Akhirnya Mino Raiola sukses membawa Si Rambut Kuda ke Turin dengan biaya lebih dari setengah triliun rupiah.

3 dari 5 halaman

3

3. Henrikh Mkhitaryan
Transfer: Borussia Dortmund ke Manchester United (2016)
Harga: Rp 390 miliar

Mino Raiola melakukan beberapa negosiasi dengan Manchester United dan Borussia Dortmund. Ia menjadi pelobi ulung yang membuat CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, tak kuasa menahan Mkhitaryan.

Sedangkan Raiola juga pandai bermanuver agar jajaran direksi Manchester United bersedia menggelontorkan dana Rp 390 miliar untuk mendatangkan sang gelandang serang. Hasilnya, Mkhitaryan menandatangani kontrak berdurasi 4 tahun.

4 dari 5 halaman

4

4. Mario Balotelli
Transfer: Inter Milan ke Manchester City (2010)
Harga: Rp 360 miliar

Awalnya, proses tranksasi ini mendapat prediksi minor dari beberapa kalangan. Maklum, level permainan dan emosi Mario Balotelli dianggap tak sesuai dengan Manchester City. Namun 'kecanggihan' Mino Raiola membuat transfer sebesar Rp 360 miliar menjadi kenyataan.

Saat tiba, Balotelli sudah membuat masalah. Ia memaksa untuk mengenakan kostum bernomor punggung 45, yang kala itu dipakai Greg Cunningham. Pada 19 Agustus 2010, Super Mario mencetak gol pada laga debut kontra Pilitehnica Timisoara pada laga away Liga Europa.

5 dari 5 halaman

5

5. Zlatan Ibrahimovic
Transfer: Juventus ke Inter Milan (2006)
Harga: Rp 315 miliar

Mino Raiola mendatangkan Zlatan Ibrahimovic ke tim baru dengan harga selangit. Padahal sang penyerang berstatus pemain Juventus, yang harus turun ke Serie B akibat skandal suap alias calciopoli.

Manajemen Juventus sudah berusaha menahan, namun Mino Raiola berhasil meyakinkan Ibra agar mau pindah. Akhirnya, Inter Milan menjadi pihak yang mau menampung bomber timnas Swedia tersebut dengan besaran transfer Rp 315 miliar, plus kontra selama 4 tahun.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer