Sukses


5 Pemain Mahal Manchester United yang Minim Kontribusi

Bola.com, Manchester - Harga mahal pesepak bola yang menjulang tinggi tidak selalu menggambarkan kualitas dan loyalitas yang dimiliki pesepak bola tersebut. Banyak pemain yang bisa mewujudkan ekspektasi yang dibebankan. Manchester United menjadi satu di antara klub yang pernah melakukan kesalahan memilih pemain.

Sebagai klub raksasa Premier League, Manchester United  mempunyai kekuatan finansial yang kuat dan mampu bersaing untuk memperebutkan pemain bintang di bursa transfer. Banyak pemain-pemain ternama mereka rekrut dengan harga yang fantastis. Namun harga tersebut tidak menjamin kontribusi yang akan mereka berikan kepada klub.

Sejak era Sir Alex Ferguson hingga Louis van Gaal, United mempunyai beberapa pemain yang dibeli dengan harga tinggi. Namun, mereka gagal memberikan sumbangsih maksimal sehingga Setan Merah memutuskan untuk menjual atau tidak memperpanjang kontrak para pemain tersebut.

Berikut 5 pemain Man. United berharga tinggi dengan minim kontribusi:

2 dari 6 halaman

1

Angel Di Maria
Angel Di Maria saat ini tercatat sebagai pemain termahal yang pernah dibeli oleh Manchester United. Pemain Argentina ini didatangkan dari Real Madrid dengan harga 59,7 juta poundsterling (Rp 1,04 triliun) pada tahun 2014. Di Maria datang pada era manajer Louis van Gaal dan diharapkan dapat meneruskan legenda nomor 7 di klub tersebut.

Pada kenyataannya, Di Maria hanya bertahan selama satu musim di United. Mantan pemain Benfica tersebut menyebut bawha ia tidak cocok dengan gaya melatih Van Gaal. Setelah tampil sebanyak 32 penampilan dan mencetak 4 gol, Di Maria hengkang ke Paris Saint-Germain. Klub yang begitu ngotot mendatangkannya sebelum ia dipinang United.

3 dari 6 halaman

2

Juan Sebastian Veron
Kualitas Juan Sebastian Veron sebagai satu di antara gelandang tengah terbaik di Liga Italia Serie A tidak perlu diragukan. Kiprahnya bersama Sampdoria, Parma dan Lazio menjadi bukti kegemilangannya. Hal inilah yang membuat Sir Alex Ferguson rela mengeluarkan dana sebesar 28,1 juta poundsterling untuk memboyongnya ke Inggris pada tahun 2001.

Ekspektasi Sir Alex ternyata terlalu tinggi ketika Veron kesulitan untuk beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Pemain asal Argentina tersebut sering terlihat kehilangan tempo dan tidak bisa mengikuti kecepatan permainan di Inggris. Veron gagal mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan hanya bertahan dua musim di Old Trafford sebelum akhirnya dilepas ke Chelsea.

4 dari 6 halaman

3

Anderson Oliveira
Anderson Oliveira diboyong Manchester United dari FC Porto ketika masih berusia 19 tahun pada Mei 2007. Saat itu, ia dibeli dengan harga 20 juta poundterling (Rp 350,4 miliar). Sempat mengalami kendala izin kerja, Anderson baru menjalani debutnya pada September 2007 dalam laga menghadapi Sunderland.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini menunjukkan talenta luar biasa pada awal kariernya bersama United. Namun Anderson tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan seiring musim berjalan. Hal tersebut diperparah dengan cedera kambuhan yang dialami olehnya. Pada Januari 2015, klub melepas Anderson ke Internacional dengan status bebas transfer. Tujuh setengah musim di Old Trafford, Anderson mencatatkan 181 penampilan dan mencetak 9 gol.

5 dari 6 halaman

4

Owen Hargreaves
Owen Hargreaves merupakan pemain Inggris yang lahir di Kanada dan besar di Jerman. Ia menimba karier sepak bolanya dari akademi Bayern Munchen pada tahun 1997. Hargreaves menembus skuat senior pada tahun 2000 dan bertahan selama tujuh musim di klub tersebut sebelum dibeli Manchester United pada tahun 2007. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini dibeli dengan harga 17 juta poundsterling (Rp 297,84 miliar).

Pada musim perdananya, Hargreaves tampil reguler di tim utama dan ikut mempersembahkan trofi Liga Champions dan gelar Premier League. Namun ketika ia memasuki musim keduanya, Hargreaves mulai diganggu cedera lutut dan hamstring. Cedera ini terus muncul sehingga penampilannya bersama United menjadi sangat terbatas. Pada tahun 2011, United dan Hargreaves berpisah setelah kontrak sang pemain habis. Selama empat musim berkostum United, Hargreaves hanya mencatatkan 39 penampilan dan menyumbang 2 gol.

6 dari 6 halaman

5

Shinji Kagawa
Shinji Kagawa menjadi pemain Jepang pertama yang berkostum Manchester United ketika dibeli dari Borussia Dortmund pada tahun 2012 dengan harga 12 juta poundsterling (Rp 210,02 miliar). Kagawa menjanjikan penampilan yang bagus di bawah kendali Sir Alex Ferguson. Pada musim perdananya, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini mencatat 26 penampilan dan menyumbang 6 gol serta turut membawa United menjadi juara Premier League.

Pada musim berikutnya, Manchester United mengalami pergantian manajer dari Sir Alex ke David Moyes. Kesempatan Kagawa untuk tampil di tim utama menjadi terbatas di bawah kendali Moyes dan hanya menjadi pemain pelapis tim utama. Kagawa memutuskan untuk kembali ke Dortmund pada Agustus 2014. Dua musim bermain untuk The Red Devils, pemain asal Jepang ini mencatatkan 57 penampilan dan menyumbang 6 gol. Banyak yang mengira kalau perekrutan Kagawa hanya sebagai strategi marketing untuk meningkatkan citra United di negara Jepang.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer