Adnan Januzaj Gabung Sunderland

Oleh Aditya Wicaksono pada 12 Agu 2016, 20:05 WIB
Diperbarui 12 Agu 2016, 20:05 WIB
Adnan Januzaj
Sunderland merekrut Adnan Januzaj dengan status pinjaman dari Manchester United. (AFP)

Bola.com, Sunderland - Bintang muda Belgia, Adnan Januzaj, dipastikan akan membela Sunderland pada Premier League 2016-17 setelah resmi direkrut dengan status pinjaman selama semusim penuh dari Manchester United. The Black Cats merampungkan proses transfer ini pada Jumat (12/8/2016). Januzaj memilih hengkang dari United setelah tidak masuk dalam rencana skuat utama pilihan Jose Mourinho.

Januzaj termasuk ke dalam sembilan pemain yang dipersilakan untuk mencari klub baru oleh manajer anyar klub tersebut. Bersama Bastian Schweinsteiger, Januzaj diminta untuk memindahkan barang-barangnya dari loker skuat utama ke skuat cadangan dan tidak diperbolehkan untuk latihan bersama skuat utama.

Tak terima oleh perlakuan Mourinho, Januzaj meminta klub untuk menjualnya secara permanen ke klub lain. Namun, manajemen hanya memperbolehkan sang pemain untuk pindah dengan status pinjaman.

Pemain berusia 21 tahun tersebut memilih untuk bergabung dengan Sunderland yang saat ini ditangani oleh mantan manajer United, David Moyes. Pada tahun 2013, Moyes lah yang memberi kesempatan kepada Januzaj untuk tampil bersama tim utama.

Sepeninggal Moyes, performa Januzaj menurun di bawah arahan Louis van Gaal. Manajer asal Belanda tersebut mengirim sang pemain ke Borussia Dortmund pada tahun 2015 agar mendapat kesempatan bermain lebih banyak, namun peminjaman ini tidak berjalan dengan baik setelah Januzaj gagal beradaptasi dengan baik di Jerman.

Moyes menyatakan bahwa ia berkomitmen untuk mengembalikan performa terbaik Januzaj yang pernah ditunjukkan oleh sang pemain dua tahun silam.

"Adnan akan memberikan banyak variasi kepada Sunderland. Saya akan mengembalikan penampilan terbaiknya, seperti yang ia tunjukkan dua tahun lalu. Dia akan mendapatkan kesempatan yang tidak pernah ia dapatkan di klub sebelumnya. Saya harap suporter Sunderland bisa melihat kemampuan Januzaj yang sebenarnya," ungkap Moyes.

Adnan Januzaj adalah pemain United ketiga yang direkrut oleh Moyes pada bursa transfer kali ini. Sehari sebelumnya, The Black Cats memboyong dua pemain muda United, yaitu Paddy McNair dan Donald Love dengan banderol total 5,5 juta poundsterling (Rp 93,48 miliar). Ketiga pemain tersebut akan disertakan dalam skuat Sunderland saat menghadapi Manchester City pada pertandingan pekan pertama Premier League 2016-17 yang berlangsung hari Sabtu (13/8/2016).

Sumber: Sunderland

Profil Bintang Luis Suarez, Penyerang Barcelona yang Sukses Berkat Cinta Pertamanya