Sukses


Jarang Clean Sheet, Klopp Berniat Ubah Komposisi Lini Belakang

Bola.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp berniat melakukan perombakan di sektor pertahanan. Menurut sang arsitek tim, penampilan lini belakang The Reds masih belum memuaskan.

Kondisi teraktual terlihat ketika Liverpool kebobolan dua gol kala bersua Crystal Palace. Meski menang dengan skor 4-2, kegagalan meraih clean sheet membuat Klopp memberi atensi tersendiri.

Pada 10 laga musim ini, Liverpool hanya sekali mencatat clean sheet. Hal itu terjadi ketika mereka bersua Manchester United, yang berakhir imbang tanpa gol.

Total, gawang Liverpool sudah kebobolan 13 gol. Kondisi tersebut membuat Liverpool sebagai satu di antara tim di posisi 10 besar klasemen sementara, yang harus menerima jumlah kebobolan cukup tinggi.

Catatan statistik dari situs resmi Premier League mengungkapkan, lini pertahanan Liverpool tercatat sebagai satu di antara yang tak konsisten. Mereka rata-rata kebobolan 1,3 gol per pertandingan.

Beberapa indikator lain menunjukkan kurang solidnya lini pertahanan Liverpool. Sistem pertahanan Liverpool sudah melakukan 195 tekel, namun sukses 71 persen. Pola formasi area belakang ala Jurgen Klopp juga tak terlalu baik dibanding tim papan atas yang lain.

Dejan Lovren dkk melakukan adangan tembakan sebanyak 62 kali, plus 99 intersep. Angka itu terbilang lebih sedikit dibanding Manchester City dan Arsenal.

"Kami akan memilah para pemain di sektor pertahanan. Setidaknya, saya ingin apa yang terjadi ke depan sudah dipersiapkan matang. Saya mengerti, setelah pertandingan, banyak orang mendiskusikan bagaimana peran lini pertahanan Liverpool," jelas Klopp.

Ia mengaku sudah melakukan beberapa langkah untuk berkomunikasi dengan para pemain terkait rencana tersebut. Klopp mengaku tak ingin membuat resah para penggawanya, jika terlalu banyak berbicara di luar.

"Anda tak mungkin menyebut seseorang bermain buruk ketika berada di ruang ganti. Jadi, saya memilih untuk melakukan langkah lain," sebut Klopp.

Bek kanan Liverpool, Nathaniel Clyne mengaku adanya kelemahan pada sistem pertahanan. Namun, ia percaya Klopp akan memberikan sesuatu yang berbeda, sehingga bisa membuat The Reds bersaing di papan atas.

Performa Liverpool musim ini tergolong lebih bagus dibanding musim lalu. Saat ini, Liverpool sudah mengoleksi 24 gol dari 182 tembakan percobaan. Sayang, akurasi tembakan tak cukup bagus, yakni ada di angka 38 persen.

Jurgen Klopp mengembangkan permainan kolektif. Hal ini terbukti dengan catatan 6.037 umpan yang sudah dilakukan para penggawa Liverpool. Level akurasi umpan tergolong tinggi, yakni 83 persen. Total umpan silang 178 kali, dengan akurasi 19 persen.

Saat ini, Liverpool bersaing ketat dengan Manchester City dan Arsenal di klasemen sementara Premier League. Tiga tim teratas tersebut sama-sama mengoleksi 23 angka. Liverpool menempati peringkat ketiga karena kalah selisih gol.

Sumber: Premier League

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Jurgen Klopp

Video Populer

Foto Populer