Sukses


Fans Stories: Pesona Kompleks Stadion Old Trafford

Laporan langsung kontributor Bola.com, Joko Setyo Pramuji, dari kota Manchester.

Bola.com, Manchester - Manchester United tidak dimungkiri merupakan satu di antara klub yang memiliki reputasi global. Reputasi tersebut membuat The Red Devils memiliki pendukung dari seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Saya pun menjadi satu di antara jutaan pendukung Manchester United yang ada di Tanah Air.

Sebagai seorang 'die hard fans', mengunjungi markas dari klub idola adalah seperti sebuah keharusan. Hal tersebut lah yang terus saya upayakan, yaitu megunjungi kota Manchester untuk menyambangi 'The Theatre of Dreams', Old Trafford Stadium.

Kesempatan tersebut datang pada April 2017 setelah tiket menuju Manchester sudah berada dalam genggaman. Pesawat Emirates dengan nomor penerbangan EK357 terlebih dahulu membawa saya Dubai, sebelum bertolak ke Manchester dengan pesawat EK021. Inilah pengalaman yang sudah saya nantikan sepanjang menjadi suporter Manchester United.

Joko Setyo Pramuji, kontributor Bola.com saat berangkat menuju kota Manchester, Rabu (12/04/2017). (Bola.com/Joko Setyo Pramuji)

Butuh waktu sekitar delapan jam untuk sampai ke Dubai International Airport dari Cengkareng. Waktu perjalanan yang sama juga dibutuhkan untuk mencapai Manchester Airport dari Dubai. Jadi, butuh waktu sekitar 16 jam untuk menghubungkan antara Jakarta dan Manchester.

Kesan pertama setelah tiba di airport yang memiliki predikat sebagai airport tersibuk ketiga di dunia adalah luar biasa. Begitu banyak penumpang yang memadati airport yang dibuka pada 25 Juni 1938 ini.

Pada tahun 2016, Manchester Airport mencatatkan total 25,6 juta penumpang. Bayangkan bagaimana padatnya tempat ini ketika sedang berada dalam musim liburan. Kabarnya, airport ini akan mengalami perombakan di masa mendatang dengan total biaya renovasi mencapai 800 juta poundsterling (Rp 13,29 triliun).

Beralih dari bandara, acara Manchester Stadium Tour yang sudah ditunggu, terealisasi pada Kamis, 13 April 2017. Seperti anak kecil yang menemukan lapangan bermain, antusiasme pun memuncak untuk mengamati tiap sudut kompleks Old Trafford.

Old Trafford merupakan stadion dengan kapasitas terbesar kedua di tanah Inggris setelah Stadion Wembley. Stadion ini mampu menampung 75.643 penonton dan telah menjadi saksi kejayaan klub dari tahun ke tahun.

Bagian utara stadion menjadi daya tarik utama karena menjadi bagian yang paling banyak menampung penonton dengan kapasitas mencapai 26.000 penonton. Selain itu, perubahan nama menjadi Sir Alex Ferguson Stand pada November 2011 semakin menambah sisi historis dari bagian ini.

Patung Sir Alex yang diresmikan pada 23 November 2012, juga menjadi penanda kalau Manchester United teramat meng-sakralkan elemen-elemen penting yang melekat dengan klub. Sir Alex merupakan manajer yang menangani Manchester United selama lebih dari 26 tahun dan personanya sudah sangat melekat dengan klub berjuluk The Red Devils tersebut.

Joko Setyo Pramuji, kontributor Bola.com saat berada di stadion Old Trafford, menyempatkan diri berfoto di depan patung Sir Alex Ferguson, Kamis (13/04/2017). (Bola.com/Joko Setyo Pramuji)

Patung Sir Alex bukannya satu-satunya patung yang berada di kompleks Old Trafford. Selain patung tersebut, ada patung dari Sir Matt Busby dan The Holy Trinity (George Best, Dennis Law dan Bobby Charlton). Melihat bagian luar kompleks Old Trafford sempat membuat lupa kalau suhu di kota ini sangat dingin untuk ukuran masyarakat Indonesia. Saat ini, suhu di Inggris berkisar 8-9 derajat celcius.

Setelah takjub dengan area luar Old Trafford, tiba giliran untuk menikmati tur di bagian dalam Old Trafford. Di area ini, cerita lengkap mengenai sejarah dan prestasi yang telah diraih klub terpampang gagah, semakin membuat para penggemarnya kagum serta merasa tidak salah telah memilih klub favorit.

Ruangan khusus tempat salah satu trofi Manchester United dipamerkan, Kamis (13/04/2017). (Bola.com/Joko Setyo Pramuji)

Sebagai penggemar, museum klub bisa membawa kita turut merasakan ketika klub meraih kesuksesan berkat susunan foto dan diorama yang dramatis. Selain itu, kehadiran replika trofi-trofi yang pernah diraih juga semakin melengkapi euforia para penggemar.

Tidak bisa terbayang ketika nanti menyaksikan pertandingan Manchester United melawan Chelsea di Old Trafford yang akan berlangsung pada Minggu, 16 April 2017. Pastinya perasaan yang lebih hebat dari berkunjung ke museum klub akan dirasa.

Nantikan laporan langsung pertandingan antara Manchester United dan Chelsea yang akan berlangsung di Old Trafford, Minggu (16/4/2017).

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer