Sukses


Romelu Lukaku dan 4 Pemain Buangan Jose Mourinho

Bola.com, Manchester - Manchester United dikabarkan menyepakati proses transfer Romelu Lukaku dari Everton sebesar 75 juta pounds (Rp 1,27 triliun), Kamis (6/7/2017). Romelu Lukaku akan kembali bekerja sama dengan Jose Mourinho

Ketertarikan Manchester United terhadap Romelu Lukaku sudah terendus sejak musim lalu. Namun, Everton enggan melepas penyerang yang mencetak 26 gol dan tujuh assist dari 39 pertandingan di berbagai ajang pada musim lalu tersebut.

Kini, upaya Manchester United menemui titik terang setelah Everton menerima tawaran besar dari Setan Merah. Bahkan, Everton berpeluang akan mendapatkan striker pengganti karena Wayne Rooney diberitakan akan kembali bergabung ke Goodison Park dalam beberapa pekan ke depan. 

Romelu Lukaku pernah bekerja sama dengan Jose Mourinho di Chelsea pada 2013 hingga 2014. Menariknya, Jose Mourinho adalah orang yang mengizinkan penyerang asal Belgia tersebut angkat kaki dari Stamford Bridge pada 2014. Setelah hijrah, performa Romelu Lukaku meningkat pesat. 

Romelu Lukaku bukan pemain pertama yang pernah dibuang Jose Mourinho. Setidaknya ada empat pemain lainnya yang pernah mengalami nasib serupa. Siapa saja pemain-pemain tersebut? Berikut ini adalah rangkumannya:

1. Romelu Lukaku

Chelsea menjual Romelu Lukaku saat sang pemain masih berusia 21 tahun di Chelsea pada 2014. Selama di bawah asuhan Jose Mourinho, Romelu Lukaku hanya tampil dua kali bersama skuat utama The Blues.

Sebelum resmi melepas, Chelsea meminjamkan Romelu Lukaku ke West Bromwich Albion dan Everton. Bersama The Toffess, performa Romelu Lukaku meningkat pesat. Ia mencetak 15 gol pada musim 2013-2014.

Hal tersebut membuat Everton berniat mempermanenkan status Romelu Lukaku. Jose Mourinho pun sepakat melepas Romelu Lukaku saat Everton bersedia menggelontorkan dana 30 juta pounds (Rp 511 miliar).

Kini, Everton untung besar jika Romelu Lukaku resmi kembali bekerja sama dengan Jose Mourinho. Menurut media-media Inggris, Manchester United gantian membayar mahal agar mendapatkan tanda tangan pemain yang menorehkan 87 gol dan 29 assist selama berkarier dengan Everton tersebut. 

2 dari 3 halaman

Kevin de Bruyne

Kevin de Bruyne pernah memiliki "mimpi buruk" bersama Jose Mourinho di Chelsea. Pada musim 2013-2014, manajer asal Portugal tersebut pernah menyebut Kevin de Bruyne sebagai "anak muda yang menyedihkan" terkait dengan sikap sang pemain yang jarang mengikuti latihan.

Chelsea kemudian melepas Kevin de Bruyne ke Wolfsburg dengan banderol 18 juta pounds. Di Jerman, karier gelandang asal Belgia tersebut meningkat tajam sehingga membuat Manchester City kepincut.

Pada musim panas 2015, Manchester City bersedia menggelontorkan dana 54,5 juta pounds untuk pemain mendaratkan Kevin de Bruyne ke Etihad Stadium. Pada musim lalu, Kevin de Bruyne tercatat sebagai pemain yang paling mencatatkan assist sebanyak 18 kali di Premier League 

Juan Mata

Gelandang Manchester United Juan Mata (Reuters / Jason Cairnduff)

Salah satu keputusan kontroversial Jose Mourinho di Chelsea adalah melepas Juan Mata ke Manchester United. Padahal, Juan Mata pernah mendapatkan penghargaan Chelsea Player of the Year pada musim 2012-2013.

Ketika Jose Mourinho diumumkan sebagai manajer Manchester United, Juan Mata sempat diberitakan ingin hengkang. Namun, hal tersebut urung terlaksana karena Jose Mourinho tetap memakai gelandang asal Spanyol tersebut.

Pada musim lalu, Juan Mata menyumbang enam gol dan tiga assist di ajang Premier League. 

3 dari 3 halaman

David Luiz

Keputusan Jose Mourinho membuang David Luiz ke Paris Saint-Germain dengan biaya transfer 50 juta pounds juga sempat menjadi pertanyaan besar di benak suporter Chelsea. Padahal, David Luiz merupakan salah satu pilar penting di barisan pertahanan The Blues.

Menariknya, setelah Jose Mourinho hengkang dari Stamford Bridge karena dipecat manajemen The Blues, David Luiz bersedia kembali ke London. Kini, bek asal Brasil tersebut menjadi andalan manajer Antonio Conte di barisan pertahanan Chelsea. 

Mohamed Salah

Mohamed Salah adalah pemain kelahiran Basyoun, Mesir 15 Juni 1992 (25) adalah yang sedang ramai diperbincangkan, sebelum bermain untuk Liverpool, Salah pernah direkrut Chelsea musim 2014-2016. (Bola.com/LiverpoolFC)

Karier Mohamed Salah di Chelsea kurang bersinar. Ia hanya melakoni 19 pertandingan dan mencetak dua gol dan empat assist. Hal tersebut membuat Jose Mourinho melepas sang pemain ke Fiorentina dan AS Roma dengan status pemain pinjaman.

Di ajang Serie A, Mohamed Salah menunjukkan taji. Bahkan, striker asal Mesir tersebut menjadi salah satu pemain paling produktif di AS Roma dengan mencetak 34 gol dan 24 assist dari 34 pertandingan di berbagai ajang.

Penampilan tersebut kemudian membuat Liverpool tertarik mendapatkan tanda tangan sang pemain. Menurut media-media Inggris, Liverpool menggelontorkan dana 37 juta pounds pada 22 Juni lalu.

Sumber: Sky Sports, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer