Sukses


Arsenal Menantang Tradisi Buruk Juara Community Shield

Bola.com, London - Arsenal mengangkat trofi juara Community Shield 2017 setelah menaklukkan Chelsea. Euforia para pendukung Arsenal bakal tak berlangsung lama, karena tim kesayangan mereka berhadapan dengan tradisi buruk setiap The Gunners juara di Wembley.

Arsenal menaklukkan Chelsea melalui adu penalti dengan skor 4-1. Kedua tim bermain imbang 1-1 dalam 90 menit. Pada adu penalti, dua penendang Chelsea gagal melakukan tugas, yakni kiper Thibaut Courtois dan striker Alvaro Morata. Sementara empat algojo Arsenal sukses menunaikan kewajiban.

Pada sisi performa, gelar tersebut bakal menjadi dorongan motivasi yang luar biasa bagi Arsenal sepanjang Premier League 2017-2018. Sayang, mereka harus berhadapan dengan fakta buruk.

Sepanjang sejarah Premier League, Arsenal tak pernah merengkuh gelar juara setelah menjadi jawara di event Community Shield. Arsenal sudah enam kali berstatus jawara di gelaran pemanasan Premiership tersebut, dan semuanya berakhir buruk saat akhir musim Liga Inggris.

Setelah era baru Liga Inggris, yakni munculnya Premier League, Arsenal menjadi jawara pada 1998, 1999, 2002, 2004, 2014 dan 2015. Semua kemenangan tersebut hanya berstatus euforia awal musim, dan berakhir duka pada akhir periode kompetisi.

Pada 1998 misalnya, Arsenal menggulung Manchester United dengan skor 3-0. Namun, hasil berbeda 180 derajad harus mereka rasakan. Kala itu, Marc Overmars dkk mengakhiri Premier League 1998-199 di posisi runner-up, di bawah Manchester United.

Hal serupa terjadi setahun berikutnya. Lagi-lagi, Arsenal menang atas Manchester United dengan skor 2-1. Pada akhirnya, The Gunners harus gigit jadi karena Setan Merah menjadi jawara dan Arsenal ada di peringkat kedua klasemen akhir Premier League 1999-2000.

Arsenal menuai gelar pada Community Shield 2002 usai menaklukkan Liverpool dengan skor 1-0. Pada edisi 2004 menundukkan Manchester United (3-1), mengalahkan Manchester City (3-0) pada 2014 dan menundukkan Chelsea pada 2015 (1-0). Sayang, semua kesempatan tersebut tak bertuah di pentas Premier League.

Kini, tantangan Arsenal bakal semakin berat. Arsenal membuka laga pemanasan resmi dengan status jawara di Wembley. Namun, deretan adangan besar menganga di depan mereka, yakni Chelsea, geliat Manchester United, semangat Manchester City, Liverpool sampai tim yang dianggap bisa mengejutkan, Newcastle United.

Sumber: The Guardian

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer