5 Fakta Mesin Gol Manchester United, Romelu Lukaku

Oleh Rizki Hidayat pada 03 Okt 2017, 17:20 WIB
Diperbarui 03 Okt 2017, 17:20 WIB
Romelu Lukaku
Romelu Lukaku tampil apik dan mampu menjadi mesin gol Manchester United pada musim ini. (AP/Martin Rickett)

Bola.com, Manchester - Romelu Lukaku mampu tampil impresif bersama Manchester United pada awal musim ini. Sebutan mesin gol The Red Devils kini melekat kepada penggawa timnas Belgia tersebut.

Manajemen MU harus mengeluarkan dana hingga 75,23 juta poundsterling (Rp 1,35 triliun), untuk menggaet Romelu Lukaku dari Everton pada 10 Juli 2017. Bersama Manchester United, Lukaku sepakat menandatangani kontrak hingga 30 Juni 2022.

Dibeli dengan harga yang tak murah, pemain bernama lengkap Romelu Menama Lukaku Bolingoli itu sukses menebusnya dengan penampilan apik di lapangan. Dari 10 pertandingan yang sudah dijalani pada musim ini, Lukaku berhasil mencetak 11 gol plus satu assist.

Dengan jumlah tersebut, Romelu Lukaku kini menyandang status sebagai pencetak gol terbanyak di Manchester United. Dia unggul enam gol atas Anthony Martial dan Marcus Rashford yang berada di tempat kedua.

Bukan hanya bersama Manchester United, Lukaku juga tampil gemilang ketika memperkuat timnas Belgia. Dari 60 pertandingan yang sudah dijalani, dia berhasil mengoleksi 24 gol.

Dengan usia yang baru menginjak 24 tahun, karier Romelu Lukaku diyakini masih akan terus bersinar. Apalagi, dia saat ini memperkuat Manchester United dan berada di bawah asuhan Jose Mourinho.

Berikut ini adalah lima fakta mengenai Romelu Lukaku:

2 dari 6 halaman

1. Sosok Polyglot

Manchester United, Premier League, Southampton, Romelu Lukaku
Striker Manchester United, Romelu Lukaku, memberikan aplaus kepada suporter usai laga melawan Southampton pada laga Premier League di Stadion St Mary's, Sabtu (23/9/2017). Manchester United menang 1-0 atas Southampton. (AFP/Glyn Kirk)

Polyglot merupakan istilah untuk seseorang yang mampu menguasai banyak bahasa. Kemampuan tersebut juga dimiliki oleh Romelu Lukaku. Pemain dengan tinggi badan 190 cm ini tercatat menguasai tujuh bahasa, yakni Prancis, Belanda, Spanyol, Portugal, Inggris, Swahili Kongo, dan juga Jerman.

Bahasa Prancis, Belanda, Jerman, dan Swahili Kongo dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, bahasa resmi Belgia adalah Prancis, Belanda, dan Jerman, sedangkan bahasa Swahili Kongo berasal dari kedua orang tuanya.

Sementara itu, bahasa Spanyol dan Inggris dipelajari saat masih di sekolah, dan bahasa Portugal didapat dari pemain asal Brasil ketika masih berseragam Anderlecht.

3 dari 6 halaman

2. Keluarga Pesepak Bola

Romelu dan Jordan Lukaku
Romelu dan Jordan Lukaku / UEFA

Darah pemain sepak bola mengalir deras dalam diri Lukaku. Sang ayah, Roger Lukaku, adalah pesepak bola profesional yang pernah memperkuat klub-klub Belgia, seperti Germinal Ekeren, KV Mechelen, dan KV Mechelen.

Selain itu, sang adik, Jordan Lukaku, yang berposisi sebagai bek kiri, tengah menjalani karier bersama Lazio. Lukaku juga memiliki sepupu yang saat ini memperkuat Rapid Vienna, Boli Bolingoli-Mbombo.

4 dari 6 halaman

3. Penggemar Berat Didier Drogba

Didier Drogba dan Romelu Lukaku
Didier Drogba dan Romelu Lukaku

Romelu Lukaku diketahui mengagumi sosok Didier Drogba. Baginya, Drogba adalah panutan di dunia sepak bola.

Tak heran jika penampilan Lukaku di lapangan kerap dianggap memiliki kemiripan dengan Drogba. Dia pun disebut sebagai penerus mantan penyerang timnas Pantai Gading itu saat pertama kali bergabung ke Chelsea pada Agustus 2011.

Sayang, karier Romelu Lukaku bersama Chelsea tak berjalan mulus. Dia tak pernah mencetak gol dari 15 laga yang dijalani bersama The Blues.

Kini, performa Romelu Lukaku semakin meningkat bersama Manchester United. Meski mengagumi Didier Drogba, Lukaku tak ingin disamakan dengan sang idola. Dia hanya ingin mengukir prestasinya sendiri.

"Saya tipe pemain yang berbeda. Drogba adalah seorang target man, sedangkan saya adalah pemain yang sering mempertahankan bola, yang selalu menggiring bola," ujar Lukaku.

"Kami memiliki kemiripan dalam hal fisik, namun saya dan Drogba benar-benar berbeda. Saya Romelu Lukaku dan saya ingin membuat sejarah saya sendiri. Drogba juga di Chelsea, dan saya di Manchester United. Itulah perbedaannya," lanjutnya.

5 dari 6 halaman

4. Bersahabat dengan Paul Pogba

FOTO: Romelu Lukaku, Mesin Gol Baru Manchester United
Pemain Manchester United, Paul Pogba, merayakan gol yang dicetak Romelu Lukaku gawang West Ham pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Minggu (13/8/2017). MU menang 4-0 atas West Ham. (AFP/Oli Scarff)

Romelu Lukaku pertama kali bertukar jersey dengan Paul Pogba adalah saat Chelsea bersua Juventus pada laga lanjutan Grup E Liga Champions 2012-2013. Sejak saat itu, keduanya semakin akrab.

Bahkan, Lukaku dan Pogba selalu berlibur bersama di Amerika Serikat dalam dua tahun terakhir. Keduanya pun semakin akrab karena memiliki agen yang sama, yakni Mino Raiola.

Saat pertama kali bergabung ke Manchester United, Romelu Lukaku langsung berlatih bersama Pogba. Saat itu, keduanya tengah sana-sama berlibur di Amerika Serikat.

6 dari 6 halaman

5. Lebih Hebat dari Cristiano Ronaldo

Manchester United, Romelu Lukaku, Pencetak Gol Kemenangan
Penyerang Setan Merah, Romelu Lukaku menyumbangkan satu gol saat melawan Everton pada lanjutan Premier League di Old Trafford, Manchester (17/9/2017). Manchester United menang 4-0. (AFP/Oli Scarff)

Romelu Lukaku merupakan salah satu penyerang muda berbakat di Eropa. Saat masih berusia 23 tahun, dia telah mengoleksi 125 gol di seluruh ajang kompetisi. Jumlah tersebut lebih baik dibandingkan Cristiano Ronaldo.

CR7 ketika masih berusia 23 tahun baru mendulang 110 gol, sedangkan Luis Suarez dengan 107 gol, Wayne Rooney dengan 100 gol, dan Zlatan Ibrahimovic yang mencetak 65 gol.

Selain itu, pada Maret 2017, Lukaku menjadi pemain keempat yang mencetak lebih dari 80 gol di Premier League sebelum berusia 24 tahun. Ketiga pemain lainnya adalah Michael Owen, Wayne Rooney, dan Robbie Fowler.

Sumber: Berbagai sumber

Lanjutkan Membaca ↓
5 Stadion Terbesar Liga Inggris, Old Trafford Nomor Satu