3 Top Skorer Premier League yang Berusia Maksimal 20 Tahun

Oleh Nurfahmi Budi pada 16 Okt 2017, 10:44 WIB
Diperbarui 16 Okt 2017, 10:44 WIB
FOTO: Top Scorer Premier League Pekan ke-8, Romelu Lukaku Teratas
3. Gabriel Jesus (Manchester City) - 6 Gol. (AFP/Oli Scarff)

Bola.com, Jakarta - Para pemain muda, terutama di sektor depan, di pentas Premier League 2017-2018 memberi warna tersendiri. Mereka mampu bersanding sekaligus membuktikan kualitas di tengah persaingan ketat bersama para pemain senior.

Lihat saja nama-nama yang bertengger di jajaran pencetak gol terbanyak sampai pekan ke-8 Premier League. Deretan bomber muda menguasai, seperti Romelu Lukaku (24), Alvaro Morata (24), Harry Kane (24) sampai Raheem Sterling (22).

Satu yang menonjol adalah kemunculan beberapa pemain yang berusia maksimal 20 tahun, namun sudah merangsek persaingan dengan para bomber senior. Berikut ini tiga nama tukang gedor dengan usia tersebut, yang mampu mencetak minimal tiga gol di panggung Premier League 2017-2018:

2 dari 4 halaman

Gabriel Jesus

Manchester City, Premier League, Stoke City
Pemain Manchester City, Gabriel Jesus merayakan golnya ke gawang Stoke City pada lanjutan Premier League di Etihad Stadium, Manchester, (14/10/2017). City menang 7-2. (Mike Egerton/PA via AP)

Banyak pihak sudah memprediksi nama Gabriel Jesus bakal masuk daftar bomber berbahaya dan memiliki catatan gemilang. Namun, tak ada yang menyangka permainan serta peran Jesus bisa secepat musim ini bersama Manchester United.

Terlepas dari keberuntungan, karena menjadi pilihan utama andai Sergio Aguero cedera, kemampuan Jesus tergolong lengkap. Tak punya postur badan tinggi-tegap, Jesus mengakalinya dengan pergerakan lincah serta sepakan berpresisi tinggi.

Tak heran jika pemain berusia 20 tahun tersebut bisa sejajar dengan Sergio Aguero, Harry Kane, Raheem Sterling dan Alvaro Morata, pada daftar top skorer sementara Premier League musim ini.

Saat ini Jesus mengoleksi 6 gol. Raihan tersebut didapat dari merobek jala Bournemouth (26/8/2017), Liverpool (9/9/2017), Watford (16/9/2017) dan dua gol ke gawang Stoke City, akhir pekan kemarin.

Statistik musim ini mengungkapkan, Jesus melakukan 1 assist, terlibat dalam 167 umpan dengan rekan-rekan setimnya, plus produktif dalam menembak lawan. Sampai pekan ke-8, Jesus sudah mengoleksi 19 tembakan, dengan 10 di antaranya tepat sasaran.

Sumber gol Jesus tergolong lengkap, yakni satu gol dari sundulan, 3 gol dari aksi kaki kanan dan 2 gol dari sepakan kaki kiri.

3 dari 4 halaman

Tammy Abraham

Tammy Abraham Swansea City
Tammy Abraham (YouTube)

Niatan Manajer Chelsea, Antonio Conte untuk menyekolahkan Tammy Abraham menuai hasil positif. Sang striker berusia 20 tahun tersebut mampu menjawab tantangan Conte kala berstatus pinjaman di Swansea City.

Pemilik nama panjang Kevin Oghenetega Tamaraebi Bakumo-Abraham tersebut mampu menjelma menjadi kekuatan lini depan The Swans. Tak hanya itu, Abraham sudah mulai mendapat perhitungan dari lawan, termasuk perhatian dari jajaran timnas senior Inggris.

Saat ini Abraham sudah mengoleksi 4 gol, yang semuanya datang dari sepakan terukur kaki kanan. Ia menjebol jala Crystal Palace (26/8/2017), Watford (23/9/2017) dan dua gol ke dalam jala Huddersfield Town, akhir pekan lalu.

Aksi Abraham membuat publik Swansea City semakin yakin mereka bakal banyak berbicara pada musim ini. Manajer Swansea City, Paul Clement mengakui kualitas Abraham tak boleh disia-siakan.

Satu catatan dari Paul Clement adalah terkait konsistensi sang pemain. Ia berharap Abraham tak jemawa dan lupa diri. "Dia masih muda dan punya prospek cerah asalkan bisa mengikuti ritme yang ada. Buatku, dia harus berkemang di ranah alaminya," sebut sang nakhoda.

4 dari 4 halaman

Richarlison

Premier League, Selebrasi Terbaik, Liga Inggris
Gelandang Watford, Richarlison, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Swansea City pada laga Premier League, di Stadion Liberty, Sabtu (23/9/2017). Watford menang 2-1 atas Swansea City. (AP/David Davies)

Awalnya banyak pihak menilai kedatangan Richarlison ke pentas Premier League karena faktor nepotisme bahasa. Manajer Watford, Marco Silva berasal dari Portugal, yang notabene menggunakan bahasa Latin, yang juga dipakai Richarlison.

Namun, pemain yang digaet dari Fluminense tersebut membuktikan kapasitasnya sebagai kreator sekaligus tukang gedor andal. Berposisi sebagai penyerang sayap, pemilik nama panjang Richarlison de Andrade tersebut mengoleksi tiga gol.

Tiga gawang yang sudah menjadi korbannya adalah milik Bournemouth (19/8/2017), Swansea City (23/9/2017) dan West Bromwich Albion (30/9/2017). Sumber golnya juga merata, yakni masing-masing satu dari kepala, kaki kanan dan kaki kiri.

Sumber: Premier League

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓
Pemain Nomor 10 Paling Berharga di Liga Inggris, Harry Kane Teratas