Sukses


Gol Penalti Menit Akhir Bantu Arsenal Tekuk Burnley

Jakarta Arsenal meraih kemenangan dramatis saat melawat ke markas Burnley pada pekan ke-13 Liga Inggris 2017/2018 di Turf Moor, Minggu (26/11/2017). Gol penalti di masa injury time membawa Arsenal menang 1-0.

Arsenal nyaris gagal meraup poin penuh pada laga tersebut. Itu karena Burnley mampu memberikan perlawanan alot. Namun, keberuntungan sedang menaungi mereka hingga tercipta gol penalti Alexis Sanchez di menit ke-90+2.

Wenger sendiri menyadari tren positif yang sedang diperlihatkan Burnley. Itulah mengapa ia tetap menurunkan kekuatan penuh di laga ini. Alex Iwobi, Alexis Sanchez, dan Alexandre Lacazette menjadi andalan di lini depan.

Dengan bantuan Hector Bellerin dan Sead Kolanisac di sisi sayap, tim tamu pun lebih mendominasi permainan. Di babak pertama, Arsenal mampu unggul 55 persen penguasaan bola dan melepaskan delapan tendangan percobaan.

Anehnya, tak ada satu pun yang bisa dikonversi menjadi gol. Bahkan, tak ada satu pun yang mengarah ke gawang Nick Pope. Salah satunya adalah percobaan yang dilakukan Sanchez di menit kedelapan. Tembakan kaki kanannya dari luar kotak penalti masih meleset di sisi kiri.

Anehnya, justru Burnley yang nyaris mencetak gol di menit ke-15. Percobaan yang dilakukan Johann Berg Gudmundsson dari sisi kanan usai menerima umpan Jeff Hendric membentur tiang gawang Petr Cech.

Di menit ke-19, giliran Ramsey yang mencoba untuk menjebol gawang Burnley. Sialnya, upaya Burnley pun masih tak menemui sasaran. Situasi itu terus bertahan hingga babak pertama ditutup dengan skor kacamata.

 

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Wenger masih mempertahankan komposisi pemainnya seperti di babak pertama. Empat menit setelah babak kedua berjalan, Arsenal langsung membuat percobaan dengan tendangan Kolasinac yang masih bisa diblok.

Di menit ke-51, giliran Lacazette yang melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti. Tapi, upayanya masih bisa diselamatkan kiper Burnley. Begitu juga dengan percobaan Burnley lewat Gudmundsson yang diamankan Cech.

Kondisi tak kunjung berubah, Wenger pun melakukan perubahan dengan menarik Iwobi dan memainkan Jack Wilshere di menit ke-67. Dua belas kemudian, ia juga memasukkan Danny Welbeck untuk menggantikan Lacazette.

Saat laga dikira akan berakhir dengan skor kacamata, drama pun terjadi. Wasit Lee Mason menunjuk titik putih di menit ke-90+1 usai Ramsey dilanggar James Tarkowski lewat sebuah dorongan. Kesempatan itu pun dimanfaatkan Sanchez untuk mencetak gol.

Dengan gol Sanchez, Arsenal pun mengangkangi Liverpool dan Tottenham Hotspur untuk menempati urutan keempat klasemen. Kini Arsenal unggul satu poin atas Tottenham dan dua poin atas Liverpool.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Burnley: Pope; Ward, Lowton, Mee, Tarkowski, Defour (Wood 78), Cork, Gudmundsson, Brady, Hendrick, Barnes

Cadangan: Vokes, Wood, Westwood, Lindegaard, Bardsley, Long, Arfield

Pelatih: Sean Dyche

Arsenal: Cech; Monreal, Koscielny, Mustafi, Kolanisac, Bellerin, Ramsey, Xhaka, Iwobi (Wilshere 67), Sanchez, Lacazette (Welbeck 79)

Cadangan: Mertesacker, Wilshere, Giroud, Ospina, Welbeck, Maitland-Niles, Coquelin

Pelatih: Arsene Wenger

Video Populer

Foto Populer