Arsenal Ditahan West Brom, Wenger Dukung Penggunaan VAR

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 01 Jan 2018, 18:50 WIB
Teknologi VAR

Bola.com, West Bromwich - Manajer Arsenal, Arsene Wenger, mendukung rencana penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Menurut Wenger, sudah saatnya Premier League menggunakan teknologi tersebut untuk terus menjadi liga terbaik di dunia. 

Pernyataan tersebut diungkapkan Wenger setelah Arsenal ditahan 1-1 West Bromwich Albion pada pertandingan pekan ke-21 Premier League 2017-2018, Minggu (31/12/2017) atau Senin (1/1/2018). Wenger tak terima dengan hasil tersebut karena menuding timnya tak layak menerima hukuman tendangan penalti.

"Saya rasa itu (penggunaan teknologi VAR) akan membuat sebuah perbedaan. Kami ingin menjadi liga terbaik di dunia jadi saatnya untuk menggunaan itu. Sebab, liga lainnya juga melakukan itu," kata Wenger seperti dikutip Soccerway, Senin (1/1/2018).

Teknologi VAR rencananya memang akan digunakan pertama kali pada pertandingan resmi di Inggris tahun ini. Pertandingan pertama yang akan menggunakan teknologi VAR adalah Crystal Palace melawan Brighton and Hove Albion dalam laga Piala FA pada Selasa (9/1/2018).

Meski begitu, belum diketahui secara pasti kapan Premier League bakal menggunakan teknologi VAR. Padahal, Premier League saat ini menjadi satu-satunya kompetisi elit Eropa yang belum menggunakan teknologi yang bakal membantu kinerja wasit tersebut.

Sementara itu, VAR bakal resmi digunakan di kompetisi La Liga (Spanyol) dan Ligue 1 (Prancis) mulai musim 2018-2019. Kedua liga elit Eropa itu bakal mengikuti jejak Bundesliga dan Serie A yang sudah menggunakan VAR mulai musim ini.

Sumber: Soccerways

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini