Kritikan Manajer Liverpool Terhadap Performa Virgil Van Dijk

Oleh Nurfahmi Budi pada 06 Jan 2018, 13:01 WIB
Liverpool-Virgil Van Dijk

Bola.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp melontarkan kritikan terhadap Virgil van Dijk meski sang bek tengah tampil menawan saat bersua Everton, pada Putaran III Piala FA 2017-2018, di Stadion Anfield, Jumat (5/1/2018) atau Sabtu (6/1/2018) dini hari WIB. Klopp menganggap Virgil van Dijk masih gugup.

Pada pertandingan tersebut, Virgil van Dijk mencetak gol kemenangan Liverpool pada menit ke-84. Sebelumnya, kedua tim berbagi skor setelah James Milner memberi keunggulan bagi Liverpool pada menit ke-35, yang dibalas Gylfi Sigurdsson (67'). Kemenangan dengan skor 2-1 membuat Liverpool melaju ke Putaran IV Piala FA musim ini.

Virgil van Dijk tampil sejak menit pertama berduet dengan Joel Matip. Ia bisa langsung nyetel dengan rekan-rekannya, terutama dua full-back, Andrew Robertson dan Joe Gomez. Virgil van Dijk juga bisa berkoordinasi dengan pemain yang baru masuk pada babak kedua, Trent Alexander-Arnold.

Situasi tersebut membuat Jurgen Klopp semringah. Setidaknya, masa latihan sejak datang kali pertama di Melwood, memberi secercah harapan positif. Sayang, Klopp masih menyoroti tingkah Virgil van Dijk yang terlihat belum cepat melenyapkan sikap gugup.

"Dia benar-benar gugup, dan itu tak bagus. Hebatnya, dia bisa menutupi kegugupannya itu sehingga Anda tak bisa lihat, dan itu sangat bagus ketika lini pertahanan mendapat tekanan," kata Klopp, di Liverpool Echo.

Secara keseluruhan, Klopp menilai penampilan Virgil van Dijk layak mendapat pujian setelah melalui momen sulit, yakni debut dengan hanya 'menikmati' latihan dalam waktu terbatas. "Dia lebih baik dari apa yang kupikirkan. Pada awalnya, saya hanya ingin hal sederhana dari dia, tapi ternyata van Dijk memberikan banyak hal di tengah tekanan terhadapnya," sebut Klopp.

Menurut Virgil van Dijk, performa debut saat bersua Everton tak lepas dari apa yang dialaminya selama masa adaptasi di Melwood. Ia bangga bisa menjadi bagian dari catatan 17 laga Liverpool yang tak terkalahkan.

Ia mengakui, masa transisi berjalan mulus karena para penggawa Liverpool memberikan banyak ruang komunikasi yang membuatnya nyaman. "Saya baru 4 atau lima haru bersama mereka, tapi klub ini memang luar biasa, terutama para pemainnya yang memberikan banyak hal sehingga membuatku cepat beradaptasi," ungkap Virgil van Dijk.

Pada sisi performa, Virgil van Dijk mengaku belum maksimal. Ia berharap Liverpool mampu memberikan banyak kesempatan bermain sehingga ruang improvisasi bisa terbuka lebar.

Sumber: LiverpooFC, Liverpool Echo

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini