2 Pengganti Ideal Philippe Coutinho di Liverpool

Oleh Tyo Harsono pada 06 Jan 2018, 15:10 WIB
2 Pengganti Ideal Philippe Coutinho di Liverpool

Bola.com, Liverpool - Kabar mengenai kepindahan Philippe Coutinho dari Liverpool berembus kencang sejak akhir 2017. Situasi itu membuat The Reds mulai bersiap mencari pengganti Coutinho.

Barcelona diberitakan menjadi tujuan Coutinho jika angkat kaki dari Anfield. Klub asal Catalunya itu telah mengincar jasa sang pemain sejak bursa transfer musim panas 2017.

Petinggi Blaugrana menganggap Coutinho sebagai pengganti ideal Neymar yang pindah ke Paris Saint-Germain. Eks pemain Inter Milan itu membuktikan dapat menjadi sumber kreativitas serangan Liverpool.

Sepanjang musim 2017-2018, Coutinho terlibat dalam 21 gol The Reds dari 20 penampilan di berbagai ajang. Jumlah itu terbagi menjadi 12 gol dan sembilan assist.

Berdasarkan catatan BBC, Coutinho menciptakan assist setiap 348 menit. Jumlah itu mengungguli catatan legenda Liverpool, Steven Gerrard, yang mengkreasi assist setiap 447 menit.

Hebatnya, Liverpool tidak pernah menelan kekalahan apabila pemain asal Brasil itu terlibat dalam proses terjadinya gol. Bahkan, The Reds selalu menang jika Coutinho memberikan assist di berbagai ajang.

Berdasarkan catatan tersebut, tentu Liverpool akan kesulitan jika Coutinho hengkang. Alhasil, klub peraih lima kali trofi Liga Champions itu bergerak cepat mencari pengganti Coutinho.

Sejauh ini, The Reds dikaitkan dengan nama-nama seperti Thomas Lemar, Manuel Lanzini, dan Julian Draxler. Namun, selain Lanzini tidak ada yang memiliki pengalaman bermain di Premier League dan semuanya memiliki banderol cukup mahal.

Menurut data yang dihimpun oleh BBC, terdapat dua nama yang lebih potensial untuk menggantikan peran Philippe Coutinho di Liverpool. Lantas, siapa saja kedua pemain itu?

 

2 of 3

1. Dusan Tadic

2 Pengganti Ideal Philippe Coutinho di Liverpool
Gelandang Southampton, Dusan Tadic. (AFP/Glyn Kirk)

Nama pertama adalah gelandang Southampton, Dusan Tadic. Pemain asal Serbia itu menjadi andalan di lini tengah Southampton sejak tiba pada awal musim 2014-2015.

Tadic mencatatkan 29 assist selama tiga musim membela Southampton. BBC mencatat eks pemain FC Twente itu memberikan assist setiap 322 menit.

Selain itu, Tadic memiliki banderol yang cukup murah. Menurut catatan Transfermarkt, dia berharga sekitar 13,5 juta poundsterling (Rp 246 miliar). Meski begitu, Tadic memiliki kelemahan karena usianya telah memasuki 29 tahun.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

3 of 3

2. Matt Phillips

Matt Phillips
Pemain West Bromwich Albion, Matt Phillips (kanan). (AFP/Paul Ellis)

Pilihan berikutnya adalaha gelandang kreatif West Bromwich Albion, Matt Phillips. Phillips harganya lebih murah dibandingkan dengan nama-nama lain.

Menurut catatan Transfermarkt, West Brom membanderolnya 8,1 juta poundsterling (Rp 147 miliar). Selain itu, Phillips berusia lebih muda dibandingkan Tadic, 26 tahun, dan memiliki keuntungan sebagai pemain asal Inggris hingga berpengalaman di Premier League.

Phillips juga lebih andal dalam mengkreasi peluang. Sang pemain menciptakan assist setiap 270 menit. Sepanjang musim 2017-2018, dia mencetak dua gol dan tiga assist.

Sumber: BBC

Lanjutkan Membaca ↓