Sukses


Sebelum Alexis, Ini 3 Pemain Sukses dengan Nomor Keramat di MU

Jakarta Manchester United (MU) akhirnya resmi mendapatkan transfer Alexis Sanchez. Klub berjuluk Setan Merah itu dikabarkan harus membayar 35 juta pound kepada Arsenal untuk mendapatkan tanda tangan pemain asal Cile tersebut.

Di MU, Sanchez akan mengenakan nomor punggung 7. Nomor tersebut bukan sekadar angka. Nomor 7 hanya bisa dipakai oleh pemain-pemain yang memiliki kualitas.

Nomor 7 pernah dikenakan Bryan Robson, Eric Cantona, David Beckham, Cristiano Ronaldo, Michael Owen, Antonio Valencia, Angel di Maria, hingga Memphis Depay.

Tetapi, tidak semua pemain tersebut sukses mengenakan kostum keramat tersebut. Beberapa di antaranya malah performanya merosot sejak mengenakan nomor 7, Memphis Depan misalnya.

Berikut tiga pemain yang bersinar dengan nomor keramat di MU:

 

2 dari 4 halaman

1. Eric Cantona

Eric Cantona. (AFP/Gerry Penny)

MU merekrut Eric Cantona dari Leeds United pada 1992. Keputusan Manajer Sir Alex Ferguson membawa pemain asal Prancis ini ke Old Trafford terbukti tepat.

Cantona menjadi Raja di MU dengan julukan King Cantona. Selama lima musim membela Setan Merah, dia memberikan empat trofi Liga Inggris.

Selain itu, Cantona juga cukup produktif dalam urusan mencetak gol. Dia mengoleksi 77 gol dari 170 penampilannya bersama MU.

3 dari 4 halaman

2. David Beckham

David Beckham. (AFP Photo/Paul Barker)

Saat era Eric Cantona, David Beckham mengenakan nomor punggung 10 di MU. Namun, setelah Cantona pensiun pada 1997, nomor keramat itu menjadi milik Beckham.

Tapi sebelum diberikan kepada Beckham, sempat terjadi perdebatan siapa yang mengenakan nomor tersebut setelah Cantona. Sir Alex Ferguson, manajer MU ketika itu, tidak ingin Beckham mengenakan nomor 7. Dia ingin Roy Keane, sang kapten yang memakainya.

Akan tetapi, Keane menolaknya. Ia justru menyarankan kepada Ferguson agar memberikan nomor 7 kepada Beckham. Dengan nomor itu, penampilan Beckham tetap gemilang.

Selama memperkuat MU, ia mengemas 85 gol dan 36 assist dari 382 penampilan. Dia juga memenangkan enam trofi Liga Inggris, dua Piala FA, dan masing-masing satu gelar Piala Interkontinental, serta Liga Champions.

Bisa dibilang, Beckham merupakan pemegang nomor 7 tersukses yang pernah membela MU, jika ukurannya jumlah trofi.

4 dari 4 halaman

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo. (AFP Photo/Yuri Kadobnov)

Sejak tiba di Old Trafford dari Sporting Lisbon pada musim panas 2003, Cristiano Ronaldo langsung diberi kepercayaan oleh Manajer Sir Alex Ferguson mengenakan nomor punggung 7. Padahal, saat itu Ronaldo baru berusia 18 tahun.

Nomor keramat itu ternyata memberi dampak positif terhadap performa Ronaldo. Ia terus menunjukkan performa menanjak.

Dalam enam musim memperkuat MU, ia mengoleksi 118 gol dari 291 penampilan. Sejumlah trofi dimenangkan Ronaldo, antar lain tiga gelar Liga Inggris, dua Piala Liga Inggris dan masing-masing satu trofi Piala FA, Liga Champions serta Piala Dunia Antarklub.

Video Populer

Foto Populer