5 Mantan Bintang Liga Inggris yang Kini Pengangguran

Oleh Liputan6.com pada 22 Feb 2018, 11:04 WIB
Diperbarui 24 Feb 2018, 10:15 WIB
img_song-120812.jpg

London - Beberapa mantan pemain Liga Inggris harus melalui kehidupan yang naik turun. Sempat populer di eranya, kini pemain-pemain itu malah tak punya klub.

Mereka sebenarnya punya pengalaman yang segudang baik di Liga Inggris atau liga-liga lainnya. Bahkan dianggap sebagai pemain yang bisa mengubah wajah tim yang pernah dibelanya.

Alex Song contohnya. Pemain asal Kamerun itu menjalani masa-masa indah di Arsenal. Dia dijuluki sebagai The Next Patrick Vieira, tapi nasib buruk menimpanya dan kini tak memiliki klub.

Dimulai dari Song, berikut 5 mantan bintang Liga Inggris yang kini menganggur dikutip Sportskeeda:

2 of 6

5. Alex Song

Alex Song (AFP PHOTO/IAIN BUIST)

Mantan gelandang Arsenal dan Barcelona ini tengah menganggur usai cabut dari Rubin Kazan pada hari terakhir bursa transfer Januari. Gelandang Kamerun tersebut saat ini masih berusaha cari klub anyar.

Gelandang bertahan berusia 30 tahun itu adalah pembaca permainan yang hebat dan memiliki jangkauan umpan bagus. Dengan ketenangan dan kemampuan untuk memecah permainan serta menciptakan serangan, Song sebenarnya dalam radar banyak klub. Akan tetapi, dengan tutupnya bursa Januari lalu, Song praktis harus menunggu nasibnya.

Song memulai kariernya bersama FC Bastia di Prancis sebelum pindah ke Inggris dan bermain untuk Arsenal serta West Ham. Dia saat ini dilaporkan berlatih dengan The Gunners dalam upaya mempertahankan fisiknya.

3 of 6

4. Jan Kirchhoff

Jan Kirchhoff (AFP/Michal Cizek)

Mantan pemain Bayern Munchen dan Sunderland itu tanpa klub sejak Juli 2017, usai meninggalkan The Black Cats. Pemain asal Jerman itu tidak memiliki musim yang mengesankan di Sunderland, karena klub tersebut degradasi.

Kirchhoff memulai karier profesionalnya dengan Mainz sebelum hijrah ke Munchen. Bersama raksasa Jerman itu ia cuma menghasilkan 12 penampilan dari 2 musim.

Kirchhoff tampil mengesankan saat berada di Munchen, namun gagal memperkuat tempatnya di tim bertabur bintang. Gelandang berusia 27 tahun itu adalah pemain bola yang kuat dengan kemampuan kreatif di ruang sempit.

Meskipun tak ada klub yang mau meminangnya, Kirchhoff sebenarnya bisa menjadi pilihan bagus di lini tengah untuk beberapa tim Liga Inggris yang sedang berjuang. Dia akan memberikan stabilitas dan keseimbangan dalam perannya dan bisa memiliki banyak peminat jika membuktikan kebugaran serta kekuatannya telah kembali.

4 of 6

3. Marouane Chamakh

Gelandang Arsenal Samir Nasri (kanan) disambut Marouane Chamakh seusai mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur di babak ketiga Carling Cup di White Hart Lane, 21 September 2010. AFP PHOTO / IAN KINGTON

Mantan pemain Arsenal dan Crystal Palace ini tanpa klub sejak Desember 2016, saat dilepas oleh Cardiff City. Cardiff sendiri mendatangkan striker Maroko itu dengan status bebas transfer setelah meninggalkan Palace pada 2016.

Saat ini Chamakh belum menemukan pekerjaan di tempat lain. Dia memulai kariernya dengan Bordeaux dan kemudian bergabung bersama Arsenal.

Chamakh sebenarnya merupakan seorang striker cerdas dengan kemampuan udara yang bagus dan sempat mencuri perhatian di Palace. Namun penampilannya memudar dan dia tidak pernah mendapatkan tempat di tim.

5 of 6

2. Anderson

Anderson AFP PHOTO/OLIVER LANG

Mantan gelandang Manchester United, Anderson meninggalkan Internacional di bursa transfer Januari dan juga sedang mencari tim baru. Mantan juara Liga Inggris dan Liga Champions itu merupakan pemain berpengalaman di lini tengah dengan kemampuan mengendalikan permainan yang fantastis.

Anderson menghabiskan tujuh musim bersama United di bawah Sir Alex Ferguson. Setelah berlatih bersama Fiorentina, Internacional dan Coritiba, pemain tersebut berjuang untuk menemukan kembali permainan terbaiknya.

6 of 6

1. Samir Nasri

Samir Nasri AFP PHOTO/PAUL ELLIS

Mantan playmaker Arsenal dan Manchester City tersebut saat ini tidak memiliki klub setelah mengakhiri masa tinggalnya bersama klub Turki, Antalyaspor menjelang akhir Januari. Kabar ini jelas mengejutkan mengingat dia pernah jadi sosok penting di Arsenal dan Timnas Prancis.

Mantan juara Liga Inggris tersebut meninggalkan City pada awal musim dan pindah ke Turki, setelah menghabiskan sebagian besar musim lalu untuk dipinjamkan ke Sevilla. Berjuang untuk menemukan kembali performanya, playmaker tersebut masih mentok.

Gelandang berusia 30 tahun itu memulai kariernya di Marseille sebelum pindah ke Inggris dan menandatangani kontrak dengan Arsenal. Nasri memiliki keterampilan dan visi yang sebenarnya cemerlang. Dia harus mencari klub lain yang benar-benar memberinya kesempatan untuk bangkit.

Lanjutkan Membaca ↓