VIDEO: Kisah Menarik Para Sekretaris Klub Manchester United

Oleh Okie Prabhowo pada 31 Mar 2018, 18:00 WIB
Diperbarui 31 Mar 2018, 11:51 WIB

Bola.com, Manchester - Manchester United tinggal menyisakan empat pertandingan lagi di Premier League 2017-2018. Jelang liga yang akan berakhir, rumor soal pemain incaran sudah banyak beredar. Kalau kamu sudah bosan bicara tentang pemain, bagaimana kalau kita membahas tentang sekretaris klub The Red Devils? Apalagi klub berjuluk The Red Devils tersebut baru saja mengangkat sekretaris baru.

Sekretaris klub Manchester United yang baru yaitu Rebecca Britain, seperti dilansir Manchester Evening News. Ia ditunjuk sebagai sekretaris klub setelah John Alexander pensiun pada usia 61 tahun. Alexander mundur pada September 2017. Pria kelahiran Liverpool, Inggris, itu menjadi sekretaris kelima klub saat ditunjuk pada 2010.

Bicara soal sekretaris klub Manchester United, ada beberapa kisah menarik tentang mereka. Begitu juga dengan Alexander. Ia ternyata merupakan paman dari bek muda Liverpool, Trent Alexander-Arnold. Ia juga mantan pesepak bola tetapi tidak pernah main di Liverpool. Klub-klub yang dibelanya yaitu Milwall, Reading, dan Northampton Town. Bermain pada rentang 1076-1982. Alexander pensiun sebagai pemain saat usianya baru 26 tahun.

Watford, menjadi klub pertama di mana Alexander menjadi sekretaris. Pada 2000, ia ke Tottenham Hotspur, juga sebagai sekretaris, dan bertahan hingga 10 tahun. Pada 1 Juli 2010, Alexander ke Manchester United.

Sebelum Alexander, Ken Ramsden menjadi sekretaris klub Manchester United. Selama 50 tahun Ramsden mengabdi di Man. United. Namun, langkahnya menjadi sekretaris klub tidak mudah. Ia pernah menjadi office junior, ticket office manager, programme editor, press officer, asisten sekretaris, hingga akhirnya menjadi sekretaris klub.

Perjalanan Ramsden berakhir pada 2010. Namun, mungkin suatu saat anaknya bisa meneruskan kiprah sang ayah. Anaknya, menurut Manchester Evening News, bekerja sebagai guide di museum Old Trafford. Anaknya tersebut lahir setelah Ramsden dan istrinya menyaksikan sebuah pertandingan tim reserve Manchester United pada malam hari.

Lalu, sebelum Ken Ramsden, ada nama Ken Merrett di posisi sekretaris klub. Merrett menjabat pada rentang 1988 sampai dengan 2007. Sebelum Merrett, posisi sekretaris dipegang Les Olive, yang mengabdi selama 30 tahun.

Walter Crickmer menjadi sekretaris klub Manchester United yang pertama dan menjabat pada 1926 hingga 1958. Posisinya diganti oleh Les Olive, setelah Crickmer, menjadi salah satu korban dari bencana Munchen. Pesawat maskapai British European pada 6 Februari 1958 gagal take-off di landasan bandara Munchen-Riem. Sebanyak 8 pemain Manchester United meninggal dunia karena insiden tersebut. Crickmer menjadi salah satu dari tiga staf klub yang tewas.

Jadi, bicara soal sekretaris klub Manchester United masih menarik untuk dibahas. Menarik tentunnya bila kita sudah bosan membahas terus-menerus soal pemain incaran The Red Devils.