Sukses


Koeman: Taktik Pep Guardiola Lampaui Johan Cruyff

Bola.com, Amsterdam - Pep Guardiola merupakan satu di antara pelatih terbaik di dunia saat ini. Manajer Manchester City itu pun menyerap banyak ilmu taktik sepak bola dari sang mentor, Johan Cruyff.

Berbicara soal Cruyff, hal pertama yang mencuat di kepala adalah Total Football, yakni gaya bermain yang melibatkan tim secara keseluruhan baik saat menyerang maupun bertahan.

Kendati banyak belajar dari Cruyff, Guardiola justru mengembangkan taktiknya sendiri didasarkan pada pondasi gaya Total Football. Hal ini ditegaskan langsung oleh Ronald Koeman, yang juga belajar bersama Guardiola ketika masih berseragam Barcelona.

"Ide-ide dia (Guardiola - Red) jelas datang dari filosofi Cruyff di Barcelona. Kami berdua bermain di bawah bimbingan Cruyff dan kami memahami betapa menakjubkannya itu," jelas Koeman dikutip dari tribalfootball.

"Guardiola telah menyerap ide Cruyff dan mengembangkannya lebih ekstrem. Taktik dia dimulai dari penjaga gawang yang membangun serangan dan bek kiri-kanan menjadi penyerang di sisi sayap," lanjutnya.

Ronaldo Koeman bahkan tak segan menyebut jika taktik Guardiola adalah yang paling sulit dari berbagai jenis strategi sepak bola.

"Dia selalu memiliki pemain di sisi dalam dan luar, dan di seluruh lapangan dia akan membuat situasi pemain untuk berkombinasi," papar Koeman.

"Sepak bola yang diinginkan Pep Guardiola untuk timnya adalah yang paling sulit di level tertinggi. Itu fantastis untuk ditonton dan saya tidak bisa cukup menggambarkan bahwa kita semua harusnya menikmati itu," paparnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer