Sukses


Gundogan Tak Lupakan Jasa Manajer Liverpool

Jakarta Duel Liverpool vs Manchester City di Anfiled Stadium, Rabu (4/4/2018) atau Kamis dini hari WIB pada leg pertama babak perempat final Liga Champions mengingatkan Ilkay Gundogan kepada jasa Jurgen Klopp. Maklum, Gundogan pernah dilatih manajer Liverpool itu saat masih di Borussia Dortmund.

Bintang Manchester City ini seperti mempunyai utang kepada manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Pemain asal Jerman itu punya kenangan indah bersama Klopp.

"Saya menjalani empat tahun yang fantastis bersama Jürgen. Kami menjuarai banyak gelar bersama, kami menjalani banyak pengalaman bersama, kami juga merasakan momen buruk," ujar Gundogan, dikutip dari situs Manchester City.

Dia masih ingat betul kesulitan yang ditemuinya saat pertama kali gabung Borussia Dortmund. Tanpa teman, Klopp memberikan banyak masukan untuk Gundogan.

"Saya datang ke Dortmund dari klub kecil (Nuremburg) dan kesulitan selama enam bulan pertama untuk menemukan tempat saya di tim. Saya sedikit malu dan sejujurnya, saya tidak cukup berani untuk melakukan hal-hal tertentu."

"Tetapi berkat bantuan rekan setim, dan dengan bantuan Jürgen dan staffnya, saya berhasil memperbaiki hal tersebut. Saya akhirnya mampu menemukan tempat saya. Itu sangat sulit, tetapi saya belajar banyak dan mencoba mencerna segalanya di tahap itu," ucap pemain Manchester City berusia 27 tahun tersebut.

2 dari 3 halaman

Peran Penting Klopp

Lebih lanjut, Gundogan mengatakan, Klopp punya pengaruh besar dalam kariernya sebagai pemain bola. Menurutnya, Klopp punya banyak ilmu sepak bola sebagai pelatih.

"Klopp memainkan peran penting dalam tahap itu dan saya sangat bersyukur bermain di dalam tim dengan level tinggi selama bertahun-tahun. Saya banyak belajar dan memperbaiki permainan saya dengan signifikan."

"Hari-hari itu menandai karir saya. Itu merupakan langkah awal saya di sepakbola Eropa, karena kesempatan tersebut tidak saya miliki sebelumnya. Jadi saya harus berterima kasih kepada dia (Klopp)," kata Gundogan menegaskan.

3 dari 3 halaman

Ingin Balas Dendam

Gundogan ingin meraih kemenangan atas Liverpool. Dia ingin balas dendam karena The Reds menjadi tim pertama yang mengalahkan Manchester City musim ini.

"Liverpool adalah satu-satunya tim yang mampu mengalahkan kami di Premier League. Tetapi kami paham kenapa hal ini terjadi, meski kami tampil bagus di hari itu," ucapnya.

"Pastinya, kembali ke Anfield untuk leg pertama menjadi motivasi bagi kami. Kami akan mencoba bermain bagus dan memetik hasil bagus untuk menatap leg kedua. Saya pikir kami paham dengan kekuatan kami dan tahu apa yang bisa kami capai. Kami ingin membuktikannya di kedua laga."

Video Populer

Foto Populer