5 Pemain Ini Punya Umpan Terbaik di Liga Inggris

Oleh Liputan6.com pada 13 Apr 2018, 19:23 WIB
Gelandang Chelsea, Eden Hazard.

Jakarta Nyawa dari permainan tim boleh dibilang bisa dilihat dari kemampuan umpan dan aliran bola dari para pemainnya. Persentase aliran bola yang lancar memiliki peluang lebih tinggi untuk mencetak gol.

Di Liga Inggris, Manchester City bisa jadi contohnya. Mereka berhasil sejauh ini melakukan total 740,1 umpan per pertandingan di Liga Inggris. Hal itu berbuah kala mereka bukan cuma memimpin klasemen, tetapi juga menjadi tim paling produktif musim ini.

The Citizens mampu mencetak 90 gol sebagai hasilnya dalam 32 pertandingan Liga Inggris. Jelas, hal itu menandakan kalau Man City punya pemain yang selalu memiliki umpan-umpan terbaik tiap laganya.

Akan tetapi, nyatanya pemain dengan umpan terbaik bukan cuma dimiliki City. Berikut lima pemain dengan umpan terbaik di Liga Inggris dikutip dari Sportskeeda:

2 of 6

5. Fernandinho (Manchester City)

Salah Sumbang Gol, Liverpool Menang Telak Atas Manchester City
Fernandinho (AFP Photo/Anthony Devlin)

Fernandinho telah menjadi faktor penting dalam keberhasilan timnya di Liga Inggris musim ini. Bermain dalam 30 pertandingan liga, pemain asal Brasil mencatatkan 90,1 persen tingkat keberhasilan umpan.

Sang gelandang dapat diandalkan untuk konsistensi di area lini tengah. Dia telah mencetak 3 gol musim ini dan memberikan 3 assist. Catatan yang menarik mengingat Fernandinho merupakan gelandang jangkar.

Namanya tak selalu dipuji musim ini. Namun, kemampuan alamiahnya tentu menjadi faktor besar dalam membuat Manchester City menjadi tim yang istimewa saat ini.

3 of 6

4. C├ęsar Azpilicueta (Chelsea)

Cesar Azpilicueta
Cesar Azpilicueta (AP Photo/Frank Augstein)

Azpilicueta membuktikan bahwa keterampilan umpan yang bagus tidak cuma bisa ditampilkan untuk pemain lini tengah saja. Dalam satu musim yang sebagian besar diisi dengan kekecewaan, kemampuan Azpilicueta terbukti cukup konsisten.

Tidak hanya mampu melakukan tekel dan intersephebat, pemain asal Spanyol ini telah menyelesaikan 87 persen operannya. Bila bek biasanya cuma melakukan umpan jauh, Azpi memilih untuk melakukan operan pendek atau memberikan assist.

Bek Spanyol itu telah memberikan enam assist untuk Chelsea di Premier League. Dia bisa memainkan peran penting dalam upaya Chelsea untuk membangun kembali skuat untuk musim depan dan sekali lagi menantang untuk salah satu posisi teratas di liga.

4 of 6

3. Eden Hazard (Chelsea)

Tottenham Hotspur Permalukan Chelsea di Stamford Bridge
Eden Hazard (AP Photo / Frank Augstein)

Sangat mudah untuk melupakan betapa bagus dan konsisten Hazard musim ini. Chelsea memang tampil buruk musim ini. Akan tetapi, Hazard tetap tampil gemilang. Pemain bernomor 10 itu telah mencetak 11 gol dan memberikan 3 assist sejauh ini.

Tingkat kesuksesan passing-nya mencapai 83 persen, dengan tanggung jawabnya termasuk mencari ruang untuk keypasses, memegang bola dan mendikte ritme serangan Chelsea.

Jelas kondisi ini harus membuat The Blues mati-matian mempertahankan bintang Belgia itu. Jika mampu mempertahankannya, Chelsea menjadi salah satu favorit untuk pertempuran Liga Inggris musim depan.

5 of 6

2. Mohamed Salah (Liverpool)

Manchester City, Liverpool
Mohamed Salah (AP Photo/Rui Vieira)

Salah tengah berada di atas angin dengan semua aksinya, termasuk membawa The Reds berhasil lolos ke semifinal Liga Champions. Sejauh ini, dia telah mencetak 29 gol di liga, dan atas aksinya, kini Liverpool berjuang untuk tempat runner-up.

Bukan cuma itu, pemain Mesir tersebut memiliki tingkat keberhasilan umpan mencapai 77 persen di Liga Inggris. Salah tidak hanya mencetak gol tetapi membantu rekan setimnya mencetak gol setelah membuat 9 assist di Liga sejauh ini.

Kini, eks Chelsea itu adalah favorit untuk memenangkan penghargaan untuk Player of the Year. Sekarang tugas Liverpool dan Jurgen Klopp untuk mempertahankannya dari kejaran Real Madrid maupun Barcelona musim panas nanti.

6 of 6

1. Kevin De Bruyne (Manchester City)

Manchester City Juara Piala Liga Inggris
Kevin De Bruyne(kiri) (AP/Frank Augstein)

De Bruyne merupakan dalang dari tim Manchester City dengan permainan indahnya di Liga Inggris. Dia telah dalam bentuk yang luar biasa, memenangkan penghargaan Man of the Match pada 8 kesempatan dalam 32 pertandingan yang dimainkannya untuk City di Liga Inggris.

Gelandang Belgia itu tak pernah lelah menyediakan kreativitas tim melalui umpan dan tembakan panjang. Dia telah mencetak 7 gol dan 15 assist yang luar biasa.

Tingkat keberhasilannya dalam hal passing juga sangat mengesanka, yakni 83,9 persen. Manchester City sedang dalam perjalanan untuk memenangkan Liga Inggris dan Kevin de Bruyne secara sempurna merangkum filosofi bermain Pep Guardiola.

Eka Setiawan

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓