Sukses


9 Rekor Arsene Wenger Bersama Arsenal

Bola.com, London - Arsene Wenger resmi mengumumkan mundur dari jabatannya sebagai manajer Arsenal pada Jumat (20/4/2018) pagi waktu setempat. Wenger akan angkat kaki dari Stadion Emirates pada akhir musim ini.

"Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati dan berdiskusi dengan klub, saya merasa ini adalah waktu yang tepat untuk mundur pada akhir musim," ujar Wenger.  

"Saya bersyukur karena memiliki hak istimewa untuk melayani klub selama bertahun-tahun yang tak terlupakan. Saya melatih klub dengan komitmen dan integritas penuh," lanjutnya.

Selama hampir 22 tahun menangani Arsenal, Wenger mampu membawa dampak positif. Manajer asal Prancis itu tercatat sukses mempersembahkan 17 trofi juara, termasuk tiga gelar Premier League.

Bukan hanya itu, dia juga berhasil mengorbitkan beberapa pemain menjadi pesepak bola top dunia, mulai dari Thierry Henry, Dennis Bergkamp, Freddie Ljungberg, Cesc Fabregas, hingga Robin van Persie.

Secara keseluruhan, Arsene Wenger telah memimpin Arsenal dalam 1.228 pertandingan. Dari jumlah tersebut, Arsenal memetik 704 kemenangan, 279 kali imbang, dan kalah dalam 245 laga.  

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada staf, para pemain, Direksi dan para suporter yang membuat klub ini begitu istimewa," papar Wenger.

"Saya mendesak fans kami untuk berdiri di belakang tim untuk menyudahi musim ini pada level tertinggi. Kepada semua pencinta Arsenal menjaga nilai-nilai klub. Cinta dan dukungan saya untuk selama-lamanya," tambah manajer 68 tahun tersebut.

Sepanjang kariernya bersama Arsenal, Arsene Wenger berhasil menorehkan sejumlah rekor. Berikut ini adalah sembilan rekor Arsene Wenger bersama skuat Meriam London.

2 dari 2 halaman

9 Rekor Arsene Wenger Bersama Arsenal

1. Selama menjabat sebagai manajer Arsenal, Arsene Wenger, telah 21 kali mengalahkan David Moyes. Itu adalah catatan kemenangan terbanyak Wenger atas manajer lainnya.

2. Arsene Wenger berhasil membawa Arsenal meraih 10 kemenangan dari 10 laga kontra Reading di semua kompetisi. Itu adalah kemenangan 100 persen Wenger atas sebuah klub sebagai manajer The Gunners.

3. Arsene Wenger telah menghadapi 124 klub berbeda sebagai manajer Arsenal. Dari 124 klub tersebut, Wenger hanya gagal meraih kemenangan melawan lima klub, yakni Fiorentina, PAOK Salonika, Paris Saint-Germain, Port Vale, dan Rotherham United.

4. Arsene Wenger telah meraih 86 kemenangan di Liga Champions bersama Arsenal (tidak termasuk fase kualifikasi). Itu adalah kemenangan terbanyak seorang pelatih di Liga Champions. Akan tetapi, Wenger belum pernah membawa The Gunners menjuarai Liga Champions.

5. Arsene Wenger menjadi manajer terbanyak yang memimpin sebuah klub di Premier League (823 laga). Sejauh ini, Wenger telah meraih 473 kemenangan, masih kalah dari Sir Alex Ferguson dengan 528 kemenangan bersama Manchester United.

6. Di bawah asuhan Arsene Wenger, Arsenal mencatatkan rekor 49 laga tak terkalahkan di Liga Inggris, dari Mei 2003 sampai Oktober 2004. Wenger memecahkan rekor Brian Clough yang membawa Nottingham Forest tidak terkalahkan dalam 42 pertandingan, dari November 1977 sampai November 1978.

7. Arsene Wenger telah tujuh kali memenangkan Piala FA. Jumlah tersebut menjadikan Wenger manajer tersukses pada ajang ini.

8. Arsene Wenger membawa Arsenal tidak terkalahkan di Premier League 2003-2004. Itu adalah catatan terbaik dan belum ada klub yang mampu memecahkannya di era Premier League.

9. Arsene Wenger menjadi manajer tersukses sepanjang sejarah Arsenal dengan meraih 10 trofi bergengsi (3 Premier League; 7 Piala FA).

Sumber: Opta

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer