4 Capaian Fantastis Mohamed Salah di Liverpool

Oleh Liputan6.com pada 30 Apr 2018, 21:57 WIB
Cetak 2 Gol ke Gawang AS Roma, Mohamed Salah Tak Selebrasi

Jakarta - Winger Liverpool, Mohamed Salah, mengejutkan dunia dengan kiprahnya di Liga Inggris musim ini. Dia seakan tidak bisa berhenti menciptakan gol.

Berbagai rekor sukses dipecahkannya. Seperti menjadi pencetak gol terbanyak dari Mesir di Liga Inggris dengan 31 gol. Catatan itu sukses mengungguli dari rekan senegaranya Mido, yang mengemas 22 gol.

Kini, Salah cuma berselisih satu gol saja untuk menjadi pencetak gol terbanyak Liverpool selama semusim. Saat ini rekor tersebut dipegang Ian Rush, yang mencetak 32 gol musim 1983/84.

Itu hanya beberapa contoh. Masih ada empat hal luar biasa lainnya yang dilakukan Mohamed Salah bersama Liverpool. Apa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

2 of 5

4. Mencetak 31 Gol di Liga Inggris

Cetak 2 Gol ke Gawang AS Roma, Mohamed Salah Tak Selebrasi
Pemain Liverpool, Mohamed Salah usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada leg pertama semifinal Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (24/4). Salah tak melakukan selebrasi usai membobol gawang mantan klubnya. (AP Photo/Rui Vieira)

Liga Inggris dianggap sebagai kompetisi terberat di dunia, tetapi Mohamed Salah membuatnya terlihat sangat mudah dengan eksploitasi mencetak gol yang luar biasa. Dia sudah mendominasi sejak awal musim.

Pemain asal Mesir itu sangat brilian, mencetak 31 gol pada musim pertamanya di Anfield. Dia saat ini memimpin perlombaan untuk jadi top skorer di Liga Inggris dan Liga Champions.

Rasio golnya saat ini mencapai 0,9 gol per pertandingan. Dia adalah salah satu penyerang paling mematikan di dalam kotak penalti dengan 90 persen dari golnya datang dari posisi itu.

Tingkat konversinya juga besar, ia telah mencetak 22,3 persen dari total 139 tembakannya.

3 of 5

3. Memecahkan Rekor Liga Inggris yang Menakjubkan

Mohamed Salah, Liga Champions, Liverpool
Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak oleh Mohamed Salah ke gawang AS Roma pada leg pertama semifinal Liga Champions di Stadion Anfield, Selasa (24/4/2018). Liverpool menang 5-2 atas AS Roma. (AP/Dave Thompson)

Ada begitu banyak keputusan yang mungkin diambil Mohamed Salah dalam hidupnya, tapi cabut dari Roma untuk Liverpool adalah salah satu yang terbaik. Pemain berusia 25 tahun itu sukses memecahkan rekor demi rekor sejak pindah ke Anfield di musim panas.

Berikut adalah beberapa rekor Liga Inggris yang sukses dipecahkannya:

* Salah adalah pesepak bola Afrika pertama yang mencetak 31 gol Liga dalam satu musim.

* Dia juga memiliki gol paling banyak dengan kaki kiri di Liga Inggris (24).

* Menjadi pemain dengan penghargaan Pemain Terbaik Liga bulanan terbanyak dalam satu musim (3).

* Dia juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam 23 pertandingan Liga Inggris secara terpisah.

4 of 5

2. Memimpin Liverpool ke Semifinal Liga Champions

Mohamed Salah
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, mengaku masih berhubungan baik dengan seluruh pemain dan suporter AS Roma. (AFP/Anthony Devlin)

Setelah beberapa tahun gagal di turnamen Eropa, Mohamed Salah membantu The Reds melejit di Liga Champions. Dia telah membuat penggemar Anfield bermimpi lagi dengan banyak pertunjukan spektakuler di musim ini.

Dia memimpin klub ke semifinal kompetisi untuk pertama kalinya dalam 11 tahun, mengantongi 10 gol dan 4 assist yang mengesankan. Terakhir kali Liverpool mencapai semi-final kompetisi itu pada 2008, di bawah manajer Rafa Benitez.

Salah adalah salah satu pemain paling mengesankan di turnamen musim ini. Dia telah membuktikan nilainya secara fantastis dan saat ini berada di posisi kedua di daftar pencetak gol terbanyak.

Tak hanya itu, Salah juga memecahkan rekor Samuel Eto untuk gol terbanyak dalam satu musim dari pemain Afrika (8). Tambahan, dia menjadi orang Afrika pertama yang mencetak 10 gol dalam satu musim Liga Champions.

5 of 5

1. Memenangkan Penghargaan PFA Player Of The Year

PFA, Mohamed Salah, Premier League
1. Mohamed Salah (Liverpool) - Penyerang sayap kanan. (AFP/Lindsey Parnaby)

Mohamed Salah telah mendapatkan banyak perhatian dengan penampilannya yang mengesankan di Liga Inggris musim ini. Dia baru-baru ini dinobatkan sebagai PFA Player Of The Year, sebuah penghargaan yang disajikan kepada pemain terbaik di papan atas Inggris setiap musim.

Superstar Liverpool tersebut mengklaim penghargaan, berkat usahanya yang luar biasa. Dia mengantongi 31 gol dan 9 assist dalam kompetisi tahun ini. Dia juga menampilkan beberapa aklsi luar biasa, terutama dalam pertandingan besar, mencetak gol melawan tim-tim seperti Manchester City, Chelsea, Arsenal dan Tottenham Hotspur. (Eka Setiawan)

 

Sumber: Liputan6.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓