Deretan Bek Lokal Paling Tangguh di Premier League

Oleh Liputan6.com pada 10 Mei 2018, 12:07 WIB
Diperbarui 10 Mei 2018, 12:07 WIB
John Terry Resmi Pensiun dari Chelsea
Eks kapten Chelsea, John Terry menjadi salah satu bek terbaik di Premier League. (AP Photo/ Frank Augstein)

London - Premier League menjadi sasaran pemain dunia untuk melanjutkan karier. Namun untuk posisi bek, pemain lokal tetap menjadi andalan.

Dari masa ke masa, bek asli Britania Raya dikenal memiliki postur yang kekar dan cepat. Selain itu, pemain bertahan lokal juga dianggap punya jiwa kepemimpinan serta visi bagus untuk ikut terlibat dalam permainan, tak sekadar mengadang bola.

Mulai dari Tony Adams, Sol Campbel, Rio Ferdinand, hingga John Terry merupakan beberapa contoh bek tangguh asli Negeri Ratu Elizabeth itu. Garry Cahill belakangan dianggap jadi pemegang tongkat selanjutnya untuk menerusi tradisi itu.

Lantas, siapa saja bek lokal yang paling tangguh sepanjang masa di Premier League? Berikut penjabarannya dikutip dari Sokkaa:

2 dari 6 halaman

5. Jamie Carragher

Liverpool
Jamie Carragher, pesepak bola asli kelahiran Merseyside kandang Liverpool. Sepanjang kariernya bek sayap ini hanya pernah berkostum The Reds. (AFP Photo/Paul Ellis)

Carragher dianggap sebagai salah satu bek terbaik dalam sejarah Liverpool. Tidak ada keraguan tentang itu sama sekali. Baik Inggris dan The Reds tentu beruntung memiliki Carragher di tim.

Dia membela The Reds selama 17 tahun meraup 737 penampilan untuk klub. Prian yang kini beralih profesi sebagai komentator itu memegang rekor untuk penampilan Eropa tertinggi dalam sejarah klub setelah bermain 150 pertandingan.

Disiplin, dedikasi, dan pertahanan yang tenang adalah ciri khasnya. Pemain muda harus banyak belajar dari sang legenda.

3 dari 6 halaman

4. Sol Campbell

Sol Campbell
Sol Campbell saat masih berkostum Arsenal (IAN KINGTON / AFP)

Campbell merupakan legenda dari dua tim yang merupakan rival besar, yakni Arsenal dan Tottenham Hotspurs. Dia membuat 315 penampilan untuk Spurs dan 195 untuk The Gunners.

Sepanjang kariernya, Campbell sukses memenangkan Piala Liga (Spurs), Piala FA (2) dan Liga Inggris (2) untuk Arsenal. Dia juga memenangkan Piala FA bersama Portsmouth setelah berpisah dengan Arsene Wenger.

Dia mewakili Inggris 73 kali dalam karier yang mencakup lebih dari 10 tahun. Campbell berada di tim yang kalah 1-2 dari Barcelona di final Liga Champions 2006.

4 dari 6 halaman

3. Tony Adams

Tony Adams
Tony Adams (LIputan6.com/Arsenal.com)

Dia tentu saja bek terbaik dalam sejarah Arsenal. Adams dianggap sangat setia bersama The Gunners setelah menghabiskan 22 tahun.

Itu jelas sudah menjadi alasan yang kuat mengapa klub mendirikan patungnya di Stadion Emirates. Bersama Arsenal, Adams memenangkan 4 gelar liga, 3 Piala FA, 2 Piala Liga, 1 Piala Winners UEFA, dan 3 Piala Community Shield.

Adams dianggap tidak hanya sebagai legenda Liga Inggris tetapi juga salah satu yang terbaik dalam sejarah. Arsenal sampai saat ini masih sulit menggantikan sosoknya di lini belakang.

5 dari 6 halaman

2. Rio Ferdinand

Skandal Seks
Mantan bek Manchester United (MU) Rio Ferdinand. (AFP/Andrew Yates)

Rio Ferdinand jelas merupakan salah satu bek paling kuat pada eranya. Kerja samanya dengan Nemanja Vidic dianggap sebagai yang terbaik dalam sejarah Liga Inggris.

Mantan kapten Red Devils itu memenangkan 6 medali Liga Inggrus, 1 Liga Champions, 1 Piala Dunia Klub, 3 Piala Liga, dan 6 Community Shields FA. Dia hanya belum pernah raih Piala FA tetapi itu tidak dapat dibandingkan dengan medali Liga Champions atau 6 gelar liga.

Rio Ferdinand juga bermain untuk West Ham, Leeds United dan Queens Park Rangers sebelum mengakhiri kariernya pada 2015. Tingginya yang menjulang membuatnya menjadi salah satu bek yang paling ditakuti di Eropa selama hampir satu dekade.

6 dari 6 halaman

1. John Terry

Kasus 10 Pesepakbola yang Terciduk Berselingkuh
Mantan bek Chelsea John Terry. (AFP/Ben Stansall)

Legenda Chelsea John Terry adalah tanpa keraguan merupakan bek Inggris sarat prestasi dan kontribusinya dalam sepak bola. Dia telah memenangkan semua yang tersedia di klub bersama the Blues.

Terry merupakan salah satu bek paling subur dengan 67 gol dalam 717 pertandingan. Kepemimpinannya di dalam dan di luar lapangan adalah contoh untuk klub dan negaranya.

Namun, karier Terry dirusak oleh kontroversi. Perkelahian dengan rekan setim dan tuduhan rasisme merusak nama baiknya. Tidak ada keraguan bahwa ia dianggap sebagai salah satu pemain bertahan terbaik sepanjang masa.

(Eka Setiawan)

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓
Pemain Nomor 10 Paling Berharga di Liga Inggris, Harry Kane Teratas