Sukses


Hector Bellerin, Bek Arsenal yang Peduli Lautan

Bola.com, London - Bek Arsenal, Hector Bellerin, memiliki kepedulian tinggi terhadap kondisi lautan saat ini. Kepedulian Bellerin membuatnya membentuk operasi penyelamatan lautan.

Menurut laporan National Geographic pada 2017, terdapat lebih dari 2,6 juta kilometer persegi zona pencemaran plastik di lautan. Jumlah itu lebih besar dari luas Indonesia.

Plastik memang menjadi ancaman terbesar untuk ekosistem di lautan. Menurut Kepala Angkatan Laut PBB, Lisa Emelia Svensson, pencemaran oleh plastik membuat krisis planet.

"Ini adalah krisis planet, setelah beberapa tahun manusia menggunakan plastik. Saat ini, kita justru merusak ekosistem kelautan," ujar Lisa kepada BBC News pada 2017.

Masalah plastik yang menimpa lautan mendapat perhatian khusus dari Bellerin. Bek asal Spanyol itu mengaku meminimalisir penggunaan plastik dan berharap pesepak bola lain mengikuti jejaknya.

"Saya adalah orang yang besar di sekitar pantai, di Barcelona. Rumah saya berada di kota pemancingan di pinggir Barcelona. Saat masih kecil, saya sering bermain bola di pantai dan berenang," kata Bellerin kepada Sky Sports.

"Sejujurnya, saya tidak mengetahui masalah apa pun ketika masih kecil. Namun, akhir-akhir ini masalah pencemaran laut oleh plastik semakin terdengar dan membuat saya sedih," lanjutnya.

Hector Bellerin merupakan duta penyelamatan lautan Premier League. Selain Bellerin, rival Arsenal, Tottenham Hotspur, menunjukkan kepedulian terhadap laut dengan mengurangi penggunaan plastik dalam pembangunan stadion baru mereka.

 

2 dari 2 halaman

Mengajak Pesepak Bola Lain

Tidak berhenti sampai di sana, Bellerin juga mengajak pesepak bola lain lebih memperhatikan lautan. Lulusan akademi sepak bola Barcelona itu mengimbau rekan-rekan satu timnya mengurangi penggunaan plastik.

"Saya memiliki beberapa ide, melakukan hal kecil di klub sebesar Arsenal memengaruhi banyak orang. Itu bisa menjadi langkah besar. Saya sudah memulai hal tersebut mulai dari mengkonsumsi minuman kaleng dibandingkan botol plastik," tutur Bellerin.

"Seperti Anda ketahui, kaleng lebih mudah didaur ulang dibandingkan plastik. Di rumah, saya menggunakan sedotan kerta alih-alih plastik. Saya mencoba mengurangi plastik sebisa mungkin," imbuhnya.

Rasa cinta Bellerin terhadap lautan dipengaruhi kecintaannya kepada hewan-hewan laut. Penggawa timnas Spanyol itu mengaku sedih ketika membaca berita tentang hewan yang menderita karena pencemaran laut.

Hal itu juga yang membuat Bellerin senang dengan kampanye peduli lautan Premier League. Bellerin merasa bangga bermain di kompetisi yang peduli dengan lingkungan.

"Ketika berbelanja, saya berharap Anda menggunakan kantong kertas atau membawa tas sendiri. Banyak hal yang bisa Anda bantu dengan hal tersebut. Rasa malas membuat orang-orang tidak memikirkan hal itu," ujar Bellerin.

"Apabila semua orang bekerja sama membuat perbedaan untuk lingkungan, pergerakan besar akan terjadi. Menurut saya, lingkungan membutuhkan kepedulian dari semua orang," lanjutnya.

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Hector Bellerin adalah pemain sepak bola Profesional asal Spanyol yang sekarang membela Arsenal
    Hector Bellerin adalah pemain sepak bola Profesional asal Spanyol yang sekarang membela Arsenal
    Hector Bellerin adalah pemain sepak bola Profesional asal Spanyol yang sekarang membela Arsenal

    Hector Bellerin

Video Populer

Foto Populer