Liverpool Bisa Bantu Chelsea Lolos ke Liga Champions

Oleh Harley.Ikhsan pada 12 Mei 2018, 08:43 WIB
Diperbarui 12 Mei 2018, 08:43 WIB
Gol Giroud Menangkan Chelsea Atas Liverpool
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah berebut bola udara dengan pemain Chelsea Antonio Ruediger selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge di London (6/5). Chelsea menang tipis atas Liverpool 1-0. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Jakarta Liverpool bisa membantu Chelsea lolos Liga Champions musim depan. Namun, The Reds mengambil risiko besar jika melakukannya.

Pasukan Jurgen Klopp tengah bersaing memperebutkan posisi empat besar Liga Inggris melawan Chelsea.

Liverpool saat ini menempati urutan empat dengan mengantongi 72 angka. Sementara Chelsea satu tingkat lebih buruk lewat perolehan 70 poin.

The Reds cukup bermain imbang melawan Brighton & Hove Albion di Anfield, Minggu (13/5/2018), untuk mempertahankan peringkat. Pasalnya, mereka unggul produktivitas gol jauh lebih baik ketimbang Chelsea.

"Kami ingin memenangi pertandingan tersebut," ungkap kapten Liverpool Jordan Henderson, dikutip situs resmi klub.

2 dari 3 halaman

Skenario Lain

Euforia Suporter Liverpool di Stadion Olimpico
Para pemain Liverpool bertepuk tangan saat menyapa fans usai pertandingan semifinal Liga Champions Stadion Olimpiade di Roma (2/5). Liverpool takluk 4-2 atas Roma di leg kedua dan melaju ke final usai menang agregat 7-6. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Liverpool akan keluar dari empat besar jika kalah dari Brighton, dengan Chelsea menumbangkan Newcastle United di St James' Park. Meski begitu, mereka masih berkesempatan tampil di Liga Champions musim depan.

Syaratnya, Mohamed Salah dan kawan-kawan membungkam Real Madrid pada final di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, 26 Mei mendatang.

3 dari 3 halaman

Peraturan UEFA

Peraturan UEFA menyatakan setiap negara bisa mengirim lima wakil di Liga Champions. Sebanyak empat di antaranya datang dari penghuni posisi terbaik di Liga Inggris.

Sementara satu tim lain adalah juara bertahan Liga Champions atau Liga Europa. Chelsea tidak bakal berpartisipasi jika Liverpool masuk empat besar Liga Inggris dan mengalahkan Real Madrid.

Lanjutkan Membaca ↓
30 Tahun Perjalanan Liverpool di Premier League