Sukses


Prediksi Arsenal Vs Manchester City: Ngeri Emery

 

ARSENAL melakoni laga perdana di pentas Premier League 2018-2019, Minggu (12/8/2018) malam WIB. Arsenalbakal menjamu sang juara bertahan, Manchester City, di Emirates Stadium, dengan kekuatan maksimal.

Setidaknya, janji itu sudah keluar dari komentar sang manajer, Unai Emery. "Banyak yang meragukan kekuatan kami, tapi di lapangan semuanya akan berbeda. Arsenal akan membuka perjalanan dengan sempurna," tegasnya, seperti dirilis Football365, Sabtu (11/8/2018).

Janji tersebut selaras dengan harapan para penggemar Arsenal. Namun, secara realitas, tak akan mudah bagi Unai Emery menerapkan itu di lapangan. Status juara bertahan, plus kematangan Pep Guardiola, bakal menjadi batu sandungan tersendiri bagi mantan arsitek Paris Saint-Germain tersebut.

Secara teknis, beberapa hasil uji coba pramusim mengindikasikan kekuatan Arsenal yang belum maksimal. "Manchester City adalah tim yang kuat, namun kami ingin memulai musim ini dengan hasil memuaskan, dan itu berarti hanya kemenangan," tegas Unai Emery.

Pemilik nama lengkap Unai Emery Etxegoien tersebut sadar, armadanya butuh lebih dari sekadar sokongan para pendukung di Emirates Stadium guna menekuk tim tamu. Statistik memberi sinyal 'kengerian' yang bisa melanda Unai Emery.

Sang lawan, Manchester City, tak terkalahkan dalam sembilan laga pembuka musim baru. Catatannya, menang dalam tujuh laga terakhir, dan The Citizens hanya sekali kalah dalam 20 laga away.

Tak hanya itu, Arsenal hanya sanggup mengoleksi dua kemenangandari 12 perjumpaan terakhir versus Manchester City. Catatan minor itu terlihat dari hasi lima seri dan lima kekalahan.

2 dari 3 halaman

Faktor Pep Guardiola

Faktor Pep Guardiola juga bakal menjadi satu di antara penentu. Sang entrenador tak pernah kalah pada 10 pertemuan terakhir kontra Unai Emery, dengan hasil enam kemenangan dan 4 seri.

Alhasil, fakta tersebut membuat Emery akan bersua kekuatan 'mengerikan'. Butuh kerja keras, terutama komposisi pemain yang tepat, agar bisa menumbangkan sang juara bertahan pada laga perdana musim ini.

"Arsenal akan memertontonkan kualitas kami sebagai tim, terutama hasil kerja keras latihan teknis dalam sebulan terakhir. Para pemain tak sabar ingin bersama fans, dan memulai sebuah perjalanan serta proses baru," ungkap Emery.

Curahan hati Emery di atas menjadi penanda Manchester City tak akan berleha-leha. Permainan ofensif bakal terlihat, terutama jika berani menurunkan komposisi atraktif. Senjata itu bisa terlihat pada kombinasi Aaron Ramsey, Lacazette, Mesut Ozil, Mkhitaryan dan Aubameyang.

Ambisi Arsenal bakal beradu dengan hasrat tinggi Manchester City agar tak tercoreng pada pertandingan awal. Pada laga ini, Manchester City ingin mencatat kemenangan beruntun untuk kali pertama sejak 1936.

Apalagi, Manchester City punya catatan negatif ketika bersua Arsenal di pentas pembuka. Pada 1994, kedua tim bertemu di pekan pertama, dan hasilnya Arsenal unggul 3-0 atas Manchester Biru.

Pada sisi lain, Manchester City memiliki vitamin kala tak pernah kalah pada lima pertemuan terakhir versus Arsenal. Secara keseluruhan, pasukan Pep Guardiola hanya dua kali kalah pada 12 perjumpaan terakhir kontra The Gunners.

 

3 dari 3 halaman

Tradisi Manchester City

Tradisi menunjuk benefit ke arah Manchester City. Catatan tersebut berupa Arsenal hanya sekali menang pada enam laga terakhir di Premier League kontra Manchcester City, yakni pada Desember 2015.

Kekuatan Manchester City terletak pada konsistensi Pep Guardiola menerapkan taktik fleksibel. Apalagi pada musim ini, mereka kedatangan Riyad Mahrez, lalu Benjamin Mendy yang sudah bugar 100 persen.

Selain itu, masih ada hasrat tinggi para pemain lama seperti Vincent Kompany dan Sergio Aguero. Variasi lain, Manchester City masih memiliki kekuatan pada beberapa pemain muda, seperti Bernardo Silva dan pemain berusia 18 tahun, Phil Foden.

Tak ingin jemawa alias waspada, Manajer Manchester City, Pep Guardiola memuji Unai Emery dan Arsenal. Ia menganggap, Arsenal punya warna berbeda sejak kedatangan sang kompatriot asal Spanyol tersebut.

"Emery adalah sosok pelatih yang sempurna. Apa yang diraihnya sudah memberikan gambaran betapa sempurnya Emery. Dia pelatih yang brilian, dan tentu saja bagus bagi Premier League secara umum," jelas Pep Guardiola.

Secara khusus, Pep Guardiola berharap anak asuhnya bisa tampil konsisten sejak awal musim. Sebuah keinginan yang bisa saja terjadi melihat komposisi pemain 'Sang Tetangga Berisik'.

Mereka memiliki daftar pemain yang berimbang dari setiap sisi. Artinya, Pep Guardiola bisa melakukan apapun ketika bersua Arsenal. Namun, beberapa media di Inggris mengungkapkan, format terbaik Manchester City berisi Sergio Aguero, Riyad Mahrez, Leroy Sane, Kevin De Bruyne, David Silva dan Fernandinho sebagai penyeimbang.

Prakiraan pemain

Arsenal: Leno; Maitland-Niles, Sokratis, Mustafi, Bellerín; Torreira, Ramsey, Lacazette, Özil, Mkhitaryan; Aubameyang

Manchester City: Ederson; Mendy, Laporte, Stones, Walker; Silva, Fernandinho, Bruyne; Sané, Mahrez, Agüero

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer