Sukses


Unai Emery Tetap Percaya kepada Petr Cech

Bola.com, London - Manajer Arsenal, Unai Emery, menaruh kepercayaan penuh kepada kiper Petr Cech. Emery yakin Cech bisa mengubah perannya dari kiper tradisional, menjadi sweeper goalkeeper.

Cech menghadapi tantangan baru sejak The Gunners ditangani Emery. Mantan kiper Chelsea itu dituntut untuk lebih berani memainkan umpan-umpan pendek dan terlibat membangun serangan sejak dari belakang.

Tuntutan tersebut tentu tak mudah bagi Cech, yang terbiasa memainkan bola-bola panjang sejak awal kariernya. Cech bahkan sempat dikritik di tiga laga awal Arsenal karena dianggap tak mampu mengemban tugas tersebut.

Kendati demikian, Emery terus memercayai kemampuan Cech. Meski sudah membeli Bernd Leno - kiper yang lebih jago memainkan umpan-umpan pendek - Emery terus memainkan Cech di empat laga Arsenal sejauh ini.

Emery mengaku akan terus percaya pada kemampuan Cech. Dia yakin Cech masih terus berkembang.

Menurut Emery, sepak bola memang tak bisa hanya mengandalkan bola-bola panjang. Dia percaya permainan seperti itu akan membuat timnya kehilangan momentum.

Hal inilah yang membuatnya memilih kiper yang mampu memainkan umpan-umpan pendek. Cech memang masih belajar melakukan tugas ini, tetapi Emery sudah memuji kemampuan dan kemauannya untuk terus berkembang.

"Dia (Cech) terus berkembang. Dia memiliki pengalaman, dia cerdas dan dia melakukan apa yang kami inginkan untuk meraih kemenangan dan melakukannya di lapangan," jelas Emery di laman resmi arsenal.

"Sangat penting bagi saya untuk terus melakukan ini dan berkembang. Jika anda selalu bermain dengan bola-bola panjang, anda akan kehilangan penguasaan bola dan momentum. Kami mengambil risiko di beberapa momen pertandingan."

Lebih lanjut, Emery sama sekali tak keberatan melihat kesalahan-kesalahan yang dilakukan para pemainnya di awal musim ini. Dia mengakui mengubah gaya bermain memang bukan hal mudah dan karena itu timnya harus terus melakukannya.

"Keika anda menghentikan tekanan lawan di lapangan, anda bisa menemukan ruang untuk menyerang. Oleh sebab itu sudah jelas bahwa anda mungkin bisa membuat kesalahan, namun kami harus meneruskan cara bemain ini.

"Kami harus meneruskannya, juga untuk menambah variasi, memaihkan bola panjang untuk aksi pertama, dan aksi keduanya adalah mendominasi penguasaan bola di lapangan, lalu terus maju menuju gawang lawan," pungkas Emery. (ars/dre)

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer