Sukses


Ingat Tragedi Bom, Nemanja Matic Tolak Gunakan Poppy

Bola.com, Manchester - Gelandang Manchester United, Nemanja Matic, memiliki alasan tidak menggunakan simbol Poppy pada seragamnya. Matic ternyata menganggap simbol tersebut bisa mengingatnya kepada kenangan masa kecil.

Sebagai informasi, simbol Poppy merupakan sebuah tradisi untuk memperingati para tentara yang meninggal pada perang dunia lalu. Poppy merupakan bunga berwarna merah yang tumbuh di medan perang setelah Perang Dunia Pertama berakhir.

Penggunaan Poppy ini sendiri tidak hanya terbatas pada Inggris saja. Beberapa negara juga menggunakan simbol tersebut untuk memperingati para veteran perang yang tumbang di medan perang, seperti Kanada, Australia, hingga Republik Irlandia.

Pada hari Minggu (4/11), hampir seluruh pemain di Premier League menggunakan simbol itu di seragam mereka. Namun, pandangan mengarah ke Matic yang memutuskan untuk tidak lagi menggunakannya pada musim-musim sebelumnya.

Melalui media sosial Instagram, ia mencoba menjelaskan alasan dibalik keputusannya tersebut. Ia tidak menggunakan simbol Poppy untuk mengenang serangan NATO yang mengarah ke negaranya pada tahun 1999.

"Meskipun saya melakukanya sebelumnya, sekarang saya merasa tidak tepat untuk mengenakan poppy di seragam saya. Saya paham betul mengapa orang mengenakan poppy, saya sangat menghormati hak setiap orang yang melakukannya. Dan saya punya rasa simpati untuk semuanya yang kehilangan orang tercinta karena konflik," tulis Matic di Instagram, dikutip dari CNN.

"Namun, bagi saya, itu adalah pengingat serangan yang saya rasakan sebagai anak muda berumur 12 tahun yang hidup di Vrelo dengan ketakutan karena negara saya dihancurkan oleh pengeboman di Serbia tahun 1999," lanjutnya.

Matic pun menjelaskan bahwa dirinya tidak ingin menyinggung siapapun dengan tidak menggunakan simbol itu di seragamnya. Oleh karena itu, ia berharap publik bisa menerima alasan di balik keputusannya.

"Saya tidak ingin merusak poppy sebagai simbol kebanggaan di Inggris atau menyinggung siapapun. Namun, kami semua adalah produk dari didikan sendiri dan ini adalah pilihan personal untuk alasan yang telah dijelaskan," tambahnya.

"Saya berharap semuanya paham dengan alasan yang telah saya jelaskan sekarang, dan saya bisa berkonsentrasi dalam membantu tim untuk laga yang akan datang," tandasnya.

Matic bukanlah satu-satunya yang menolak untuk mengenakan Poppy di seragamnya. Gelandang Stoke City, James McClean, juga selalu menolak menggunakannya untuk mengenang insiden Bloody Sunday di negaranya, Irlandia Utara, tahun 1972 lalu.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer