Sukses


Jurgen Klopp: Formasi Bermain Liverpool Fleksibel

Jakarta - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, menegaskan timnya selalu bersikap fleksibel soal formasi mereka di lapangan. Yang paling penting, kata Klopp, Sadio Mane dan kawan-kawan mengeluarkan kemampuan terbaik.

Liverpool memulai musim ini dengan formasi 4-3-3. Trio lini depan ditempati Mohamed Salah, Sadio Mane and Roberto Firmino.

Namun, The Reds belakangan menggunakan 4-2-3-1 menyusul performa gemilang dari Xherdan Shaqiri. Nama terakhir sudah menyumbangkan dua gol dan tiga assist dalam enam laga terakhirnya.

Dalam formasi 4-2-3-1, Shaqiri menempati posisi playmaker. Meski demikian, menurut Klopp, ia takkan selalu menggunakan 4-2-3-1 sampai akhir musim.

(AFP/Pedja Milosavljevic)

"Sistem kami, ketika kami bermain dengan tiga pemain di depan, adalah sesuatu seperti berlian; itu bisa 4-5-1, itu bisa 4-3-3. Tentu saja, 4-2-3-1 dan 4-4-1-1, saya lebih suka dalam kebanyakan situasi, karena itu adalah sistem yang baik," kata Klopp diĀ Soccerway.

"Tapi ini bukan tentang sistem, ini semua tentang pemain. Tugas saya adalah membawa pemain ke posisi terbaik di mana mereka dapat membantu tim dengan hal-hal yang dapat mereka lakukan. Tetapi ini bukan berarti kami melewati pekan ini dan menjadi sangat kreatif dengan hal-hal seperti itu. Karena, pada akhirnya, para pemain harus bermain dengan insting."

Liverpool kini berada di peringkat dua klasemen Liga Inggris. The Reds masih tertinggal dua poin dari Manchester City di singgasana.

Video Populer

Foto Populer