Sukses


Virgil van Dijk, Tembok Kukuh Liverpool dan Timnas Belanda

Bola.com, Jakarta - Liverpool mengeluarkan dana tak sedikit untuk mendapatkan tanda tangan Virgil van Dijk. Meski begitu, bek timnas Belanda itu mampu menadi tembok kukuh di lini belakang skuat Si Merah.

Manajemen The Reds harus mengucurkan dana 75 juta poundsterling (Rp 1,4 triliun), demi menggaet Van Dijk dari Southampton pada 1 Januari 2018. Pemain berusia 27 tahun itu kini menyandang status sebagai bek dengan nilai transfer termahal di dunia.

Gelontoran uang yang dikucurkan Liverpool dibayar tuntas Virgil van Dijk dengan performa apik di lapangan. Memiliki postur 193 cm dan berat 92 kilogram membuat Van Dijk menjadi sosok tangguh di lini belakang Liverpool.

Pada musim lalu, dia turut berkontribusi membawa Si Merah finis di peringkat keempat klasemen akhir Premier League dan juga lolos ke final Liga Champions. Akan tetapi, Liverpool gagal keluar sebagai juara karena kalah 1-3 dari Real Madrid.

Memasuki musim ini, penampilan Virgil van Dijk semakin meningkat. Berkat perannya di sektor pertahanan, Liverpool baru kebobolan lima gol dari 12 laga di Premier League.

Dengan torehan tersebut, Liverpool menjadi klub yang paling sedikit kebobolan di Premier League 2018-2019. Selain The Reds, tim lain yang baru kemasukan lima di liga Inggris pada musim ini adalah Manchester City.

Liverpool juga mampu mencatatkan tujuh clean sheet di Premier League musim ini. Selain penampilan apik Alisson di bawah mistar gawang, kepiawaian Van Dijk dalam mematahkan serangan lawan juga menjadi satu di antara beberapa faktor.

Sebelum kedatangan Virgil van Dijk pada pertengahan musim 2017-2018, Liverpool kebobolan 28 gol dari 24 pertandingan atau rata-rata 1,17 gol per laga. Namun, sejak kehadiran Van Dijk, The Reds hanya kemasukan 15 gol dari 26 pertandingan di Premier League, atau rata-rata 0,58 gol per laga.

Berkat catatan tersebut, Liverpool kini bercokol di peringkat kedua klasemen sementara Premier League dengan nilai 30 dan runner-up Grup C Liga Champions dengan enam poin.

 

2 dari 2 halaman

Pilar Penting Timnas Belanda di Jantung Pertahanan

Performa impresif pemain kelahiran 8 Juli 1991 itu tak hanya terjadi di level klub, namun juga ketika membela timnas Belanda. Mulai ditunjuk sebagai kapten Belanda pada 22 Maret 2018, Van Dijk mampu memimpin rekan setimnya dengan sangat baik.

Dari sembilan pertandingan terakhir, Van Dijk sukses membawa tim Oranje meraih empat kemenangan, dua hasil imbang, dan menelan dua kekalahan. Dari empat kemenangan tersebut, dua di antaranya diraih pada pertandingan Liga A Grup 1 UEFA Nation League.

Berkat hasil itu, timnas Belanda lolos ke fase final UEFA Nations League 2019. The Flying Dutchmen rencananya akan menghadapi Swiss, Portugal, ataupun Inggris yang juga lolos ke final UEFA Nations League.

Sejauh ini, Virgil van Dijk telah mencatatkan 24 caps bersama timnas Belanda dan mampu mencetak tiga gol. Ketiga golnya tersebut bersarang ke gawang Portugal (26/3/2018) dan Jerman (13/10/2018 dan 19/11/2018).

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer