Sukses


Jika David de Gea Pergi dari Manchester United, 3 Kiper Ini Bisa Jadi Pengganti

Jakarta - Kiper Manchester United, David de Gea, baru-baru ini digosipkan masuk dalam daftar buruan Paris Saint Germain (PSG). Raksasa Liga Prancis itu kabarnya sudah menyiapkan dana untuk memboyong De Gea di akhir musim ini.

Seperti dilansir Daily Mail, Le Parisien paling tidak sudah menyiapkan gaji 300 ribu pound sterling atau Rp 5,5 miliar per pekan bagi De Gea. Jumlah gaji itu bakal membuat De Gea menjadi kiper dengan gaji tertinggi di dunia.

Tawaran menggiurkan tersebut bisa saja mengubah pendirian De Gea untuk bertahan di Manchester United. Apalagi, capaian Setan Merah -julukan MU- dalam beberapa musim terakhir kurang menggembirakan.

Di saat yang sama, bergabung ke PSG bisa jadi tiket De Gea untuk memenangkan Liga Champions. De Gea juga akan bermain bersama pemain seperti Neymar, Kylian Mbappe, dan Edinson Cavani.

Di sisi Manchester United, langkah antisipasi agaknya perlu dilakukan. Selain memagari De Gea dengan kontrak baru, MU juga butuh menyiapkan calon pengganti De Gea.

Seperti dilansir Sportskeeda, berikut tiga kiper yang bisa menggantikan David de Gea.

 

2 dari 4 halaman

1. Gianluigi Donnarumma

Nama pertama yang mungkin harus dipertimbangkan Manchester United adalah Gianluigi Donnarumma. Sejak masuk ke tim inti AC Milan, kiper berusia 19 tahun ini selalu mencuri perhatian klub-klub besar Eropa lainnya.

Juventus sempat disebut sebagai klub yang meminati jasa Donnarumma. Namun Donnarumma lebih memilih bertahan di AC Milan.

Dibanding AC Milan, Setan Merah saat ini punya faktor yang lebih bisa menggoda Donnarumma. Selain nama besar, United juga punya kans untuk tampil di kompetisi Eropa musim depan.

Hal lain yang juga bisa mempermudah jalan MU menggaet Donnarumma adalah faktor Mino Raiola. Ya, selain agen Donnarumma, Raiola diketahui juga merupakan agen dari Paul Pogba.

3 dari 4 halaman

2. Jan Oblak

Jan Oblak barangkali tidak terlalu sering diperbincangkan ketimbang Donnarumma atau De Gea. Namun itu bukan berarti kiper Atletico Madrid ini adalah kiper sembarangan.

Salah satu buktinya sudah terlihat saat Atletico Madrid memboyong Oblak dari Benfica. Pada musim 2014/15, Atletico memboyong Oblak seharga 16 juta pound sterling.

Sejak saat itu, Oblak mampu menjadi pilihan pelatih Diego Simeone untuk mengawal gawang Atletico. Kiper asal Slovenia ini menjadi salah satu figur penting dalam keberhasilan Atletico meraih trofi Liga Europa musim lalu.

Rumornya, Oblak saat ini sedang gusar di Atletico. Pasalnya, ia belum menerima perpanjangan kontrak dari Atletico Madrid, meski kontraknya akan habis pada 2021.

Situasi ini bisa dimanfaatkan Manchester United untuk menggoda Oblak hengkang dari Wanda Metropolitano.

4 dari 4 halaman

3. Jordan Pickford

Kiper Everton, Jordan Pickford juga patut dipertimbangkan manajemen Manchester United sebagai pengganti De Gea. Pickford mulai mencuri perhatian setelah tampil bersama timnas Inggris di Piala Dunia 2018.

Kontribusinya membuat tim Tiga Singa -julukan timnas Inggris- melangkah hingga semifinal. Sayang, timnas Inggris harus takluk dari Kroasia, yang akhirnya menjadi runner up.

Dibanding Donnarumma dan Oblak, Pickford punya sisi unggulan. Ya, harga transfer Pickford diprediksi tidak akan semahal dua kiper sebelumnya.

Pickford sendiri pindah ke Everton pada 2017 dengan harga 30 juta pound sterling. Kiper berusia 24 tahun ini hengkang setelah Sunderland terdegradasi ke Divisi Championship.

Video Populer

Foto Populer