3 Tim yang Berpotensi Memberi Kekalahan Perdana untuk Liverpool

Oleh Bogi Triyadi pada 26 Des 2018, 20:15 WIB
Liverpool vs Manchester United

Jakarta - Liverpool tampil impresif dan konsisten sepanjang Premier League 2018-2019. Satu di antara bukti adalah status belum terkalahkan. Walhasil, posisi pemuncak klasemen sementara layak berada di kaki Mohamed Salah dkk.

Pada 18 pertandingan yang sudah beralu, skuar racikan Jurgen Klopp ini mencatat 15 kemenangan dan tiga imbang. Saat ini, Liverpool berada di posisi teratas dengan 48 poin, unggul 4 angka dari sang juara bertahan Manchester City.

Liverpool akan menambah catatan kemenangan jika berhasil menekuk Newcastle United, pada Boxing Day, di Stadion Anfield, Rabu (26/12/2018) malam WIB. Apalagi, Liverpool musim ini memiliki pertahanan yang kokoh, baru kebobolan tujuh gol di Premiership.

Para fans yakin jika Liverpool bisa memenangkan gelar Liga Inggris musim ini tanpa terkalahkan. Tapi, tidak ada yang tak mungkin dalam sepak bola. Jalan kompetisi yang masih panjang, semua kemungkinan bisa saja terjadi, termasuk kekalahan Liverpool.

Berikut 3 tim yang berpotensi mengakhiri rekor tidak terkalahkan Liverpool di panggung Premier League, seperti dikutip dari Sportskeeda:

2 of 4

Arsenal

Aubameyang Tampil Gemilang, Arsenal Rajai Derbi London Utara
Selebrasi pemain Arsenal usai Lacazette mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-14 yang berlangsung di stadion Emirates, London, Minggu (2/12). Arsenal menang atas Tottenham Hotspur 2–1. (AFP/Ian Kington)

Arsenal akan menjadi ujian nyata untuk Liverpool setelah laga melawan Newcastle United di Anfield, Rabu (26/12/2018) malam. Kedua tim akan bentrok di Anfield, 30 Desember 2019.

Meski terakhir kali menang di Anfield pada 2012 lalu, Arsenal kini memiliki manajer baru. Di bawah sentuhan Unai Emery, The Gunners tidak terkalahkan dalam 22 pertandingan di semua kompetisi.

Arsenal baru kembali menelan kekalahan saat bersua Southampton di pekan ke-17 Liga Inggris. Arsenal menyerah dengan skor 2-3.

Arsenal juga memiliki striker yang tengah dalam performa bagus. Pierre-Emerick Aubameyang untuk sementara memimpin daftar pencetak gol terbanyak dengan 12 gol, untuk satu gol dari bintang Liverpool Mohamed Salah.

Bermain di kandang, Liverpool difavoritkan untuk memenangkan pertandingan ini. Tetapi, tidak ada yang tak mungkin di sepak bola. Crystal Palace sudah membuktikan usai mempermalukan tuan rumah Manchester City 3-2 pada akhir pekan lalu.

3 of 4

Manchester City

Manchester City Tekuk Everton, Gabriel Jesus Sumbang 2 Gol
Pemain Manchester City, Gabriel Jesus (ketiga kanan) merayakan gol bersama timnya saat melawan Everton dalam Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Sabtu (15/12). Manchester City menang 3-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Manchester City nyaris memberikan Liverpool kekalahan pertama di Liga Inggris musim 2018/19. Bermain di markas Liverpool, Anfield, 7 Oktober lalu, kesempatan City untuk menang terbuka lebar setelah mendapat penalti di menit ke-86.

Hadiah penalti diberikan setelah Virgil van Dijk menjatuhkan Leroy Sane di kotak terlarang. Sayang, Riyad Mahrez yang tampil sebagai algojo penalti gagal menjalankan tugasnya. Tendangan melambung di atas gawang Liverpool.

4 Januari 2019, Manchester City dan Liverpool akan kembali bentrok. Kali ini laga akan digelar di markas City, Etihad Stadium. Tidak diragukan lagi laga tersebut akan menjadi pertandingan Liverpool yang paling sulit musim ini.

Jika menang, maka jalan Liverpool untuk memenangkan gelar juara Liga Inggris di musim ini semakin mulus. Jika kalah, maka jalan mereka semakin terjal.

City jarang mengalami kekalahan, apalagi di kandang. Apalagi, skuat racikan Pep Guardiola akan kembali diperkuat David Silva dan Fernandinho di laga tersebut.

4 of 4

Manchester United

Manchester United
Manchester United berhasil meraih kemenangan atas Cardiff City pada pekan ke-18 Premier League, di Cardiff City Stadium, Sabtu (22/12/2018) malam waktu setempat. (AP Photo/ Jon Super)

Jika menang atas Arsenal dan Manchester City, maka Liverpool akan tampil penuh percaya diri saat menghadapi Manchester United. The Reds boleh optimistis bisa meraih poin sempurna dalam laga yang akan berlangsung di Old Trafford, 24 Februari 2019.

Namun pada kenyataannya, Liverpool belum pernah menang di Old Trafford sejak era David Moyes. Dalam 10 tahun terakhir, The Reds hanya menang dua kali di Theatre of Dreams. Dengan dua kemenangan itu, Liverpool finis di peringkat kedua Liga Inggris.

Sementara itu, MU berupaya bangkit di bawah caretaker manajer Ole Gunnar Solskjaer. Di laga debutnya, pria Norwegia itu membawa Setan Merah menang 5-1 di kandang Cardiff City pada akhir pekan lalu.

Hasil itu menumbuhkan kepercayaan diri para pemain MU. Apalagi, MU akan memiliki dukungan di Old Trafford saat menjamu Liverpool.

Lanjutkan Membaca ↓