Profil Mohamed Salah, Ikon Livepool Asal Mesir yang Menjadi Magnet Dunia

Oleh Septika Shidqiyyah pada 27 Des 2018, 18:00 WIB
Diperbarui 29 Des 2018, 17:17 WIB
Mohamed Salah

Jakarta - Mohamed Salah menjadi pesepak bola fenomenal sejak musim lalu. Ia menjadi satu di antara pemain yang banyak diperbincangkan. Ia tampil istimewa pada musim lalu saat berhasil mencetak 44 gol di semua ajang kompetisi. Berkat gol-golnya itu, dia didapuk sebagai pemain terbaik Premier League 2017-2018 versi PFA. 

Dalam prosesnya, ia memecahkan sejumlah rekor. Mohomed Salah bergabung dengan pemain legendaris seperti Ian Rush dan Roger Hunt. Salah berstatus pemain Liverpool yang mencetak 40 gol lebih dalam satu musim.

Mohamed Salah juga menjadi aktor penentu lolosnya timnas Mesir ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 1990 silam.Tak hanya dipuja fans Liverpool, nama Mohamed Salah juga makin dikenal di seluruh dunia.

2 of 6

Karier Sepakbola Mohamed Salah

Mohamed Salah lahir pada 15 Juni tahun 1992 di Basyoun, sebuah kota di utara Kairo, Mesir. Ia memulai kariernya di klub bernama El Mokawloon. Mohamed Salah pernah diposisikan sebagai seorang bek, sampai akhirnya berkat ketajaman permainannya, ia dipercaya menjadi pemain menyerang. Sejak itu, kariernya pun melejit.

Karier Mohamed Salah di Mesir menanjak pada Maret 2010 ketika promosi ke tim utama El Mokawloon. Selama tahun 2011-2012, ia menjadi selalu starter. Pada tahun 2012, kariernya di Eropa mulai terbuka ketika Mesir menjamu tim asal Swis, Basel FC. Kala itu, Mohamed Salah berhasil mencetak 2 gol. Melihat sepak terjangnya, sebulan kemudian Basel mengontraknya selama 4 tahun. 

Mohamed Salah lantas menjadi starter penting di kubu Basel yang pada musim 2012-2013 menjuarai liga domestik. Salah dianggap sebagai Pemain Paling Berharga di Swis Super League dan ia juga memenangkan penghargaan Swis Golden Player. Mohamed Salah juga pernah berseragam Chelsea. Namun, kariernya bersama The Blues kurang cemerlang. Ia lebih sering duduk di kursi cadangan.

Pada tahun 2015, Salah pindah ke Fiorentina dengan status pemain pinjaman. Bersama Fiorentina, Mohamed Salah mampu mencetak 9 gol dan mencatatkan 4 asist dalam 26 pertandingan. Penampilan impresifnya membuat Fiorentina, yang sebelumnya hanya meminjam Salah dari Chelsea, memutuskan untuk mempermanenkannya. Namun, Salah menolak dan dia pun hanya bertahan semusim di sana.

Klub selanjutnya yang dia bela adalah AS Roma. Mohamed Salah tampil lebih ganas bersama tim Serigala Ibu Kota tersebut. Dalam 83 penampilannya bersama Roma, Salah mampu mencetak 34 gol dan memberikan 24 asis kepada rekan-rekannya.

Menyusul performanya yang konsisten di Roma membawa mereka ke tempat kedua dan rekor poin total tahun 2017, Mohamed Salah kembali ke Premier League untuk bergabung dengan Liverpool. 

Tak hanya di skala Eropa, Salah juga unjuk gigi di skala internasional. Bersama tim nasional Mesir, Mohamed Salah menjadi pemain terpenting yang membawa negaranya menuju pentas Piala Dunia.

3 of 6

Meraih gelar pemain terbaik 2018

Bintang Liverpool, Mohamed Salah dinobatkan menjadi pemain terbaik 2018 dalam polling yang digelar federasi suporter sepak bola Inggris dan Wales FSF.

Dalam polling yang diikuti lebih dari 366 ribu suporter ini, Salah mengalahkan beberapa kandidat lain seperti Sergio Aguero, Raheem Sterling, Eden Hazard, Harry Maguire hingga Virgil van Dijk. 

Sejak perkenalan pertama penghargaan ini pada 2013 silam, Mohamed Salah menjadi pemain Liverpool ketiga yang memenanginya setelah Luis Suarez pada edisi pertama serta Philippe Coutinho pada edisi 2016 lalu. 

Sejak digaet dari AS Roma pada musim panas tahun lalu, Mohamed Salah langsung menjelma menjadi mesin gol papan atas dunia. Ketajaman Salah terbilang luar biasa mengingat ia berposisi alami sebagai pemain sayap.

Musim lalu Salah tampil fenomenal dengan mencetak 44 gol dan mengantar The Reds melaju hingga partai final Liga Champions. Hingga kini Mohamed Salah sudah mencetak total 53 gol dalam 72 kali penampilan bersama Liverpool di semua ajang. 

Penampilan impresif Mohamed Salah diganjar beberapa penghargaan bergengsi, mulai dari PFA Player of the Year, Football Writers’ Footballer of the Year hingga pemain terbaik Afrika. 

Mohamed Salah juga menjadi pemain Liga Primer pertama yang memenangi penghargaan Pemain Terbaik Bulanan tiga kali dalam satu musim. Salah meraih penghargaan Player of the Month itu pada November 2017 serta  Februari dan Maret 2018. 

Mohamed Salah pun menjadi pemain Liga Primer pertama sejak Ronaldo yang mencetak 40 gol lebih dalam semusim. Cristiano Ronaldo pada 2007-2008 mencetak 42 gol. Sementara Mohamed Salah pada Rabu 25 April 2018 telah mengalahkan Ronaldo dengan mencetak 43 gol.

4 of 6

Masuk daftar tokoh muslim berpengaruh di dunia

Mohamed Salah menjadi salah satu tokoh muslim 2019 paling berpengaruh versi The Muslim 500. Mohamed Salah bahkan masuk dalam 50 besar tokoh muslim di dunia dengan menempati posisi ke-46. Pemain Liverpool itu masuk sebagai daftar baru. 

Performanya yang luar biasa bersama Liverpool menjadikan pesepak bola berusia 26 tahun itu menjadi idola. Mohamed Salah tampil memukau pada musim lalu dengan mencetak 44 gol di semua kompetisi bersama Liverpool, 32 di antaranya di Premier League.

5 of 6

Menjadi inspirasi

Mohamed Salah meraih sukses besar setelah melanglang buana di Swiss, Italia dan Inggris. Bahkan kesuksesan Mohamed Salah telah membuatnya menjadi inspirasi bagi banyak anak-anak di Mesir untuk bekerja keras dan mengikuti jejaknya. 

Mohamed Salah kini sudah mencetak 14 gol di semua kompetisi, 11 di antaranya di Liga Inggris. Dengan 11 gol, dia menjadi top skorer Liverpool di liga Inggris. 

Mohamed Salah telah mengibarkan bendera Mesir di Inggris karena torehan golnya melewati catatan seniornya, Ahmed Hossam Mido, yang pernah menorehkan 22 gol di Liga Inggris.

Ia juga menjadi pemain Mesir pertama yang mampu mencetak tiga sampai empat gol dalam satu pertandingan Liga Inggris.

6 of 6

Dikenal sebagai sosok yang dermawan

Di balik prestasi yang ditorehkannya, Mohamed Salah ternyata memiliki perilaku yang mengagumkan. Sunsport melaporkan, pemain asal Mesir itu mendonasikan sebagian pendapatannya guna membangun kota Nagrig, tempatnya dilahirkan. 

Mohamed Salah membangun sebuah sekolah untuk membantu warga kota belajar. Dia juga menyisihkan uang agar bisa membuat sebuah rumah sakit di kampung halamannya.

Tak hanya itu, dilansir dari Egypt Independent, Mohamed Salah menyumbangkan tanahnya dan membangun pabrik pengolahan limbah untuk memasok air minum bersih ke penduduk desanya.

Saat menikah dengan Magi pada tahun 2013 lalu pun, Mohamed Salah mengundang seluruh orang di kampung halamannya untuk datang ke pernikahannya itu. Ribuan orang datang ke pesta pernikahannya. 

Terbaru, ia bersama Andy Robertson dan Xherdan Shaqiri pun memberikan kejutan Natal khusus untuk anak sekolah. Ketiga pemain The Reds ini mengunjungi sekolah dasar terdekat di kota Merseyside baru-baru ini untuk bertemu dengan anak-anak yang merupakan fans Liverpool.

Lanjutkan Membaca ↓